1

OS Android Memimpin Pasar Selama Musim Liburan

17 Jan 2012 10:00 2253 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Android melesat melampaui IOS Apple di pangsa pasar bulan lalu, ini setidaknya menurut jumlah tayangan iklan yang dilihat oleh jaringan iklan Chitika. Menurut Chitika, IOS memimpin pada bulan November dengan 51,7 persen dari traffic yang terlihat pada jaringan iklan, diikuti oleh Google dengan 46,1 persen. Namun terjadi pergeseran pada musim liburan di bulan Desember lalu dimana Android mengambil kepemimpinan dengan angka 51,6 persen, meninggalkan IOS di tempat kedua dengan 46,5 persen.

Android melesat melampaui iOS Apple di pangsa pasar bulan lalu, ini setidaknya menurut jumlah tayangan iklan yang dilihat oleh jaringan iklan Chitika. Menurut Chitika, IOS memimpin pada bulan November dengan 51,7 persen dari traffic yang terlihat pada jaringan iklan, diikuti oleh Google dengan 46,1 persen. Namun terjadi pergeseran pada musim liburan di bulan Desember lalu dimana Android mengambil kepemimpinan dengan angka 51,6 persen, meninggalkan IOS di tempat kedua dengan 46,5 persen.

Chitika mencatat bahwa OS Android melanda musim liburan lalu dengan berbagai perangkat mobile. Kepala Google Android, Andy Rubin menyebutkan bahwa 3,7 juta perangkat Android telah diaktifkan akhir pekan Malam Natal dan Hari Natal. Rubin juga mengungkapkan bahwa 700.000 perangkat Android diaktifkan setiap harinya.

Gabungan sejumlah besar perangkat termasuk HTC, Motorola, dan terutama Samsung ditambah dengan lonjakan permintaan konsumen, membuat Android terus meraup pangsa pasar. Selain itu, sifat terbuka dari OS Android juga mendorong pertumbuhannya secara pesat.

"Sifat yang sangat fleksibel dari Android baik dalam hal hardware dan software menciptakan kondisi yang diperlukan untuk mengatasi apa yang paling ditakuti para pemimpin pasar di semua industri: perubahan," kata Chitika.

Tentu saja, sifat terbuka OS Android juga membuat sebuah kerawanan, dimana ia menjadi target favorit bagi malware. Tetapi keterbukaan ini juga seperti kunci untuk menarik pengembang dan konsumen.

Namun, secara keseluruhan Apple masih tetap menjadi kekuatan dominan di arena smartphone dan masih memimpin dalam jumlah perangkat iOS aktif dengan 250 juta (termasuk iPhone, iPad, dan iPod Touch), dibandingkan dengan Android yang 230 juta.

Apple juga lebih unggul dengan telah memiliki lebih dari 500.000 aplikasi, dibanding Android Market yang memiliki sekitar 400.000 aplikasi. Tetapi Google akhir-akhir ini telah mampu meningkatkan kecepatan akan ketersediaan aplikasi barunya dan terus membuat Android Market semakin berkembang. [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel