1

Beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai Microsoft Xbox SmartGlass

19 Mar 2013 12:30 2146 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Microsoft Corporation telah menjanjikan sebuah cara baru untuk berinteraksi dengan Xbox 360 melalui Microsoft Xbox SmartGlass. Teknologi terbaru ini memungkinkan perangkat mobile Anda dipergunakan sebagai kontroler.

Microsoft Corporation telah menjanjikan sebuah cara baru untuk berinteraksi dengan Xbox 360 melalui Microsoft Xbox SmartGlass. Teknologi terbaru ini memungkinkan perangkat mobile Anda dipergunakan sebagai kontroler. Selain didesain khusus untuk sistem operasi Windows 8 dan Windows Phone 8, pihak SmartGlass pun telah tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS. Mungkin Anda akan bertanya-tanya, apa itu Microsoft Xbox SmartGlass dan bagaimana teknologi ini bekerja? SmartGlass merupakan sebuah aplikasi yang tersedia untuk perangkat mobile. Teknologi ini mampu mendukung pengontrolan Xbox melalui perangkat mobile. Caranya cukup mudah, Anda hanya diperintahkan untuk masuk ke dalam akun Microsoft atau Xbox Live dan menggunakan SmartGlass sebagai joypad. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan untuk berinteraksi dengan beragam aplikasi, game, musik, dan video lainnya.

Setiap aplikasi Microsoft Xbox SmartGlass memiliki lima opsi menu utama yang sangat familiar. Anda akan menemukan fitur Bing sebagai kotak pencarian. Sementara di dalam fitur Home, penggunanya dapat memilih beberapa opsi seperti Xbox Music, Xbox Video, dan tentunya memainkan beragam game favorit Anda. Selain itu, terdapat pula opsi Remote yang mampu mengubah perangkat mobile Anda menjadi sebuah kontroler touchscreen. Kinerjanya cukup responsif dan sangat bekerja sangat baik melalu smartphone dibandingkan perangkat tablet. Jika Anda tidak memiliki sebuah kontroler nirkabel, tentunya aplikasi ini akan sangat berguna untuk Anda manfaatkan. Opsi selanjutnya adalah Social yang menampilkan daftar kawan-kawan Anda dan menunjukkan informasi mengenai siapa saja dari mereka yang tengah online, apa yang sedang mereka lakukan, mainkan, berapa nilai permainan mereka.

Pada dasarnya, SmartGlass menawarkan sebuah cara baru udan mudah untuk melakukan browsing ke dalam berbagai konten yang terdapat di dalam Xbox Live, termasuk mengirimkan pesan. Pihak Microsoft bahkan memungkinkan SmartGlass bekerja dengan sejumlah aplikasi Xbox lainnya. Sayangnya fitur tersebut hanya terbatas untuk wilayah di Inggris Raya saja. Namun, Anda dapat menggunakan aplikasi ini bersamaan Internet Explorer. Oleh sebab itu Anda dapat masuk ke dalam halaman-halaman web langsung melalui aplikasi.

Seperti halnya apa yang ditawarkan Wii U sebagai opsi layar kedua game, SmartGlass pun memiliki potensi serupa untuk Xbox. Coba gunakan aplikasi ini untuk memainkan game Halo. Anda dapat terus mengamati statistik permainan melalui Halo Waypoint dan meluncurkan Forza Horizon secara bersamaan. Solusi tambahan tersebutlah yang Microsoft tawarkan agar setiap penggunanya dapat memanfaatkan dan menggunakan sebauh perangkat yang telah Anda miliki. Tetapi, ketika Wii U memiliki layar tambahan sebagai kontroler, Anda perlu menemukan cara untuk menyeimbangkan perangkat SmartGlass Anda sesuai dengan cara Anda bermain menggunakan perangkat sebelumnya.

Saat ini, Xbox SmartGlass memang masih memiliki cukup banyak kekurangan yang harus diperbaiki. Tetapi ini baru generasi pertama dari teknologi terbaru dari Microsoft. Bahkan Sony telah mengkonfirmasi bahwa produk PS4 dan PlayStation Vita milik mereka kelak akan menggunakan teknologi ini melalui aplikasi PlayStation yang mampu menyediakan kemampuan yang sama seperti SmartGlass. Tertarik menggunakannya? Para pengguna Android dapat mengunduh Xbox SmartGlass secara gratis di sini. Semantara para pengguna perangkat iOS dapat mengundunya di sini.[MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel