HTC Windows Phone 8S - Smartphone Istimewa Untuk Anda Yang Berjiwa Muda

4 Oct 2012 09:00 3193 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Hasil dari kolaborasi antara CEO HTC Peter Chou dan CEO Microsoft Steve Ballmer di panggung internasional beberapa waktu lalu menghasilkan Windows Phone 8 yang akan memperpanjang pangsa pasar Windows Phone 8 secara global.

Hasil dari kolaborasi antara CEO HTC Peter Chou dan CEO Microsoft Steve Ballmer di panggung internasional beberapa waktu lalu menghasilkan HTC Windows Phone 8 yang akan memperpanjang pangsa pasar Windows Phone 8 secara global. Kolaborasi dua perusahaan raksasa ini menghasilkan dua buah WP 8 sekaligus yakni HTC 8X dan 8S. Dan pada ulasan kali ini, Paseban akan khusus mengulas HTC Windows Phone 8S yang mana 8S ini oleh HTC dikonsentrasikan untuk kalangan anak muda dibandingkan dengan 8X yang ditujukan untuk para professional. Memiliki bentuk yang sama persis dengan saudaranya, bagaimanakah performa dan fitur yang disuguhkan oleh ponsel ini? Berikut ulasannya.

Desain dan Dimensi

Jika ditilik dari segi desainnya, ponsel ini terlihat sangat mirip dengan saudaranya 8X. Yang membedakan adalah corak warna yang diusungnya. Jika 8X mengusung warna yang seragam diseluruh bodinya, namun tidak untuk 8S. HTC Windows Phone 8S menambahkan warna tambahan pada bidang kendali sentuhnya yang tepat berada di bagian bawah layar. Tombol kendali sentuhnya pun masih sama dengan saudaranya yakni akan membawa Anda ke Back, Menu dan Search.

Sementara itu tombol kendali volume dan shutter kamera masih berada pada posisi yang sama dengan 8X yakni di sisi sebelah kanan ponsel. Selain komposisi warna yang membuatnya berbeda dengan saudaranya adalah dimensi yang diusung oleh 8S. 8S sendiri mengusung dimensi sebesar 120.5 x 63 x 10.3 mm dan memiliki berat sebesar 113 gram. Dimensi yang dibawanya ini menunjukkan bahwa 8S memiliki ukuran bodi yang lebih kecil dibandingkan dengan 8X. Bodi dari 8S ini dibungkus dengan bahan material sejenis matte plastic, kecuali bagian bawah yang terbuat dari bahan material yang berbeda yang membuatanya sangat nyaman ketika berada di dalam genggaman. Jejak sidik jari Anda pun mampu dihalau oleh bahan dari matte plastic dan sidik jari Anda hanya tertinggal pada layar ponsel ini. Maka tak ayal bahwa ponsel ini benar-benar ditujukan untuk kalangan anak muda.

Layar

Memiliki rentang bodi yang kecil dibandingkan dengan saudaranya, berakibat layar yang diusungnya juga harus dilangkas. HTC WP 8 datang dengan layar berukuran medium sebesar 4 inci namun juga datang dengan resolusi yang rendah pula yakni sebesar 800 x 480 piksel. Meskipun datang dengan resolusi yang rendah, namun tampilan layar yang ditampilkan benar-benar masih menujukkan kualitas yang tinggi karena HTC 8S mempercayakan tampilan layarnya kepada Super LCD2. Tidak hanya berhenti di situ saja, unutk melindungi kaca sentuh Anda, HTC 8S juga dibekali dengan material anti gores Corning Gorilla Glass 2 yang dapat melindungi layar Anda dengan maksimal tanpa harus takut akan goresan yang tidak diinginkan yang dapat merusak penampilan ponsel Anda.

Fitur dan Performa

Sama seperti saudaranya, HTC 8S ini membawa sistem operasi Microsoft Windows Phone 8. Namun untuk dapur pacu, HTC 8S memiliki perbedaan dengan saudaranya. Meskipun sama-sama membawa prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Dual-core, namun kecepatan yang diusung oleh 8S ini hanya sebesar 1GHz dan hanya disokong oleh RAM sebesar 512MB. Untuk urusan grafis, HTC 8S mengandalkan prosesor grafis Adreno 225.

Untuk semakin menarik perhatian para calon pembelinya, HTC 8S membawa beberapa fitur di antaranya MicroSIM dan SNS Intergration. Bagi Anda yang memanfaatkan ponsel untuk mengakses data penting yang tersimpan di cloud storage, maka Anda bisa menggunakan salah satu fitur SkyDrive yang tersedia sebesar 7GB penyimpanan gratis. Untuk media hiburan, HTC 8S bisa diajak kompromi untuk memainkan lagu dengan jenis file MP3/WAV/WMA/eAAC+ dan juga video yang mumpuni untuk memainkan file berjenis MP4/WMV/H.264/H.263.

Anda juga bisa memanfaatkan media Bluetooth v2.1 with A2DP, EDR dan microUSB v2.0 untuk sarana berkirim file. Sementara untuk berselancar pada dunia maya, HTC 8S menyediakan koneksi HSDPA, HSUPA dan juga kanal Wi-Fi 802.11 b/g/n yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kamera

Pada bagian belakang ponsel ini, Anda akan bisa menemukan kamera sebesar 5MP yang sangat mumpuni untuk menangkap gambar dengan resolusi 2592 Ñ… 1944 piksel yang juga dilengkapi dengan autofocus dan LED flash. Beberapa fitur pun disematkan pada kamera HTC 8S ini, di antaranya Geo-tagging, touch focus, dan face detection. Untuk daya rekam videonya, 8S mampu merekam video dengan kualitas 720p pada kecepatan 30 frame per second. Tak lupa 8S juga menyematkan kamera sekunder untuk jembatan Anda dalam melakukan video call.

Kesimpulan

Dengan hadirnya 8S di pasaran bersmaan dengan saudaranya 8X menjadikan pasar ponsel pintar kian ramai disusupi ponsel-ponsel dengan kekuatan yang mumpuni. 8S sendiri keluar mewakili 8X di kelas yang lebih ringan dengan harga yang pas untuk para kantong anak muda. Namun sayang, pihak HTC masih belum membocorkan berapa harga yang akan dibanderol oleh 8S ini. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel