1

Ini Dia Penemuan-Penemuan Aneh di Dunia Komputer

7 Mar 2013 11:00 4767 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dibalik teknologi-teknologi yang sukses, terdapat pula banyak teknologi yang mengalami kegagalan. Pada kesempatan kali ini Paseban akan mengulas penemuan-penemuan aneh di dunia komputer yang mengalami kegagalan walaupun konsep dari penemuan tersebut sangatlah bagus. Berikut ulasannya.

Perkembangan yang terjadi di dunia komputer sangatlah pesat, sehingga kemunculan berbagai macam penemuan baru pun sangat cepat terjadi. Dari berbagai penemuan tersebut ada yang berhasil dan ada juga yang gagal total. iPod, Twitter, dan Facebook merupakan sedikit contoh dari penemuan di dunia komputer yang sukses di pasaran. Kesuksesan tersebut tentunya didukung oleh manfaat serta promosi dari barang tersebut. bahkan saat ini banyak barang yang sukses karena promosinya bagus walaupun barangnya itu sendiri tidak terlalu bermanfaat. Coba lihat, berapa banyak barang di kamar Anda yang dibeli untuk kebutuhan gaya hidup dan bukan untuk manfaatnya?

Dibalik teknologi-teknologi yang sukses tersebut, terdapat pula banyak teknologi yang mengalami kegagalan. Kegagalan tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti konsep teknologinya yang kurang bagus, ataupun waktu pembuatannya yang kurang tepat. Ya, waktu pembuatan juga sangat berpengaruh besar terhadap kesuksesan suatu penemuan teknologi. Ada teknologi yang gagal karena terlalu canggih untuk masa pembuatannya, dan ada juga yang justru terlalu kuno.

Pada kesempatan kali ini Paseban akan mengulas penemuan-penemuan aneh di dunia komputer yang mengalami kegagalan walaupun konsep dari penemuan tersebut sangatlah bagus. Berikut ulasannya.

Microsoft Bob (1995)

Penemuan-penemuan aneh pertama dimulai dari Microsoft Bob. Masih ingatkan Anda dengan Clippy di Microsoft Office? Ya, Clippy merupakan asisten yang akan membimbing Anda dalam melakukan berbagai macam hal di Microsoft Office. Namun alih-alih membantu, aplikasi ini justru malah mengganggu para penggunanya karena ia terus menerus hadir ketika Anda membuka Office tersebut. Nah, ternyata pada tahun 1995 Microsoft pernah membuat sesuatu yang lebih gila dari itu, yaitu asisten untuk berbagai macam aplikasi di Windows yang bernama Microsoft Bob.

Microsoft Bob ini akan memvisualisasikan komputer Anda layaknya sebuah ruangan. Contohnya ketika Anda mengklik jam diding maka akan muncul aplikasi alarm, atau ketika Anda mengklik pulpen dan buku maka akan muncul sebuah word prosesor. Konsep dari Microsoft Bob ini sebenarnya cukup bagus karena ditujukan untuk membantu para pengguna baru dalam memahami Windows. Sayangnya aplikasi ini tampak seperti game anak-anak padahal aplikasi ini ditujukan untuk orang dewasa. Karena banyaknya kritik yang datang, pengembangan aplikasi ini akhirnya dihentikan hanya beberapa bulan setelah peluncurannya.

DigitalConvergence CueCat (1999)

CueCat merupakan sebuah barcode scanner yang memiliki bentuk seperti kucing dan dihubungkan dengan komputer. Dengan perangkat ini Anda dapat melakukan scanning barcode yang ada di majalah dengan mudah. Selain itu Anda juga dapat melakukan scanning link yang berbentuk barcode sehingga Anda tidak perlu menuliskannya lagi di komputer. Konsep tersebut memang sangatlah bagus, namun tampaknya perangkat ini sangatlah lemah dalam hal promosi sehingga gagal di pasaran.

Selain itu, perangkat yang tampak seperti nenek moyang dari QR Code scanner yang ada saat ini juga memiliki masalah dalam hal privasi dan keamanan. Pasalnya, perangkat ini akan mengumpulkan data-data dari para penggunanya ke dalam sebuah database. Walaupun banyak hacker yang telah berhasil mencegah pencurian data tersebut, tetap saja perangkat ini gagal total di pasaran. Jika dikalkulasikan, maka sang investor dari perangkat ini mengalami kerugian hingga $100 juta.

Saat ini perangkat CueCat ini masih ada di pasaran, termasuk di toko online Amazon. Namun rasanya saat ini lebih banyak yang memilih scanner QR Code ketimbang Barcode karena dianggap lebih aman dan praktis.

Wink Glasses (2009)

Apakah Anda seorang gamer kelas berat sehingga Anda sampai lupa mengedipkan mata ketika sedang bermain game? Jika benar, maka perangkat bernama Wink Glasses ini sangatlah cocok untuk Anda. Perangat yang dihubungkan ke komputer melalui port USB ini akan mengingatkan Anda jika Anda lupa untuk berkedip selama lebih dari 5 detik. Sangat simpel dan bermanfaat bukan? Sayangnya hanya sedikit orang yang tertarik akan perangkat ini karena harganya yang sangat mahal yaitu sekitar 4 juta rupiah. Harga tersebut tentu cukup untuk membeli perangkat komputer yang baru.

Penemuan-penemuan aneh dari teknologi ini belum bisa dianggap gagal karena baru diluncurkan tahun 2009. Namun rasanya perangkat ini akan jauh dari kesuksesan karena hingga sekarang kita belum pernah melihat secara langsung orang yang memakai perangkat ini. Benar kan? [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel