1

Lima Aplikasi yang Dibanned dari Apple Application Store pada Tahun 2011

15 Dec 2011 13:00 2417 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa pekan yang lalu Apple memutuskan untuk mem-*banned* aplikasi Driver License dari Apple Application Store karena beberapa orang menganggap bahwa aplikasi ini memiliki modus pendurian identitas. Driver License merupakan salah satu dari daftar aplikasi yang dirasa oleh Apple hanya sebagai aplikasi lelucon yang tidak menawarkan fungsionalitas dan dianggap berbahaya.

Beberapa pekan yang lalu Apple memutuskan untuk mem-banned aplikasi Driver License dari Apple Application Store karena beberapa orang menganggap bahwa aplikasi ini memiliki modus pendurian identitas. Driver License merupakan salah satu dari daftar aplikasi yang dirasa oleh Apple hanya sebagai aplikasi lelucon yang tidak menawarkan fungsionalitas dan dianggap berbahaya.

Berikut ini adalah lima aplikasi yang di-banned dari Apple Application Store selama tahun 2011:

Driver's Licenses

Hari Senin yang lalu, Apple menghapus aplikasi yang telah dua tahun bersemayam di Apple Application Store. Aplikasi Driver's License ini memungkinkan penggunanya untuk membuat SIM palsu di mana SIM tersebut juga bisa menggunakan foto pemiliknya, selain itu juga tersedia fitur untk menambahkan informasi biografis dan negara di mana Anda tinggal.

Aplikasi Fake Driver's License ditarik dari pasar setelah Koalisi dari Secure Driver's License disadap oleh Senator Bob Casey Pennsylvania sebagai barang bukti untuk mengirimkan surat ke Apple yang meminta bahwa aplikasi gratis ini harus dikeluarkan dari Apple Application Store. Bob khawatir tentang kemampuan aplikasi ini yang bisa mengirim lisensi palsu hanya dari sebuah account email yang kemudian bisa dicetak dan dilaminasi.

DUI Checkpoints

Selain aplikasi Driver's License yang dikeluarkan, Senator juga melangkah lebih jauh untuk mengeluarkan aplikasi DUI ChekPoints di mana aplikasi ini memungkinkan Anda mengetahui informasi mengenai lokasi pos pemeriksaan DUI terdekat. Alasannya masuk akal karena aplikasi ini dianggap akan membantu para pengemudi yang mabuk untuk menghindari penegakan hukum.

Phone Story

Secara logika wajar jika seorang developer yang menciptakan permainan dengan modus eksplisit untuk mengkritik Apple memungkinkan aplikasinya dilkeluarkan dari Apple Application Store. Dan salah satu aplikasi tersebut adalah Phone Story, aplikasi ini dirancang sebagai permainan yang memungkinkan pemainnya untuk memaksa penambang Afrika agar mengekstrak mineral yang digunakan dalam pembuatan iPhone dengan todongan senjata dan beberapa hal lainnya. Aplikasi ini hanya berlangsung beberapa jam singgah di Apple Application Store sebelum dilenyapkan oleh Apple.

iTether

Sama seperti pada Android dan PDAnet, aplikasi iTether ini memungkinkan pengguna iOS untuk mengubah iPhone menjadi sebuah modem portabel dan menambatkan koneksi 3G mereka ke laptop atau perangkat lain agar bisa online ketika tidak ada jaringan WiFi di sekitar Anda.

Jelas saja, aplikasi ini menjadi satu-satunya aplikasi yang akan menekan biaya data secara signifikan sehingga menjadi lebih terjangkau daripada biaya nirkabel bulanan. Penarikan aplikasi ini juga beralasan karena telah melanggar syarat penggunaan operator.

Tawkon

Bagi Anda yang khawatir tentang radiasi ponsel, Tawkon merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk menentukan berapa banyak radiasi yang tertanan di tubuh Anda setelah Anda selesai menggunakan ponsel.

Aplikasi ini juga memberikan tips kepada Anda mengenai seperti apa posisi ponsel yang baik yang setidaknya dapat membantu menurunkan dosis radiasi ponsel dari tubuh Anda. Menurut Tawkon, Apple menolak aplikasi eksekutif ini dan mengharuskannya naik banding langsung ke hadapan Steve Jobs ketika Steve belum tiada. Steve memberikan pendapat singkat atas jawaban mengenai mengapa aplikasi Tawkon ini harus dikeluarkan, "Tidak menarik!" kata Steve dengan tegas kepada Tawkon. [MG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel