1

Persaingan Pasar Ponsel BlackBerry vs iPhone

24 Nov 2011 11:00 3156 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perang ponsel telah berlangsung untuk beberapa waktu lamanya. Tapi sejak iPhone Apple diperkenalkan, ini telah menjadi jauh lebih buruk. Iphone telah menyambar sebagian atau mungkin setiap kategori tunggal dalam pasar ponsel.

Perang ponsel telah berlangsung untuk beberapa waktu lamanya. Tapi sejak iPhone Apple diperkenalkan, ini telah menjadi jauh lebih buruk. Iphone telah menyambar sebagian atau mungkin setiap kategori tunggal dalam pasar ponsel. Tetapi BlackBerry pun kini menjadi ponsel sejuta umat dengan kemudahan komunikasi email yang menjadi unggulan perangkat ini.

Pada pasar ponsel, BlackBerry diperkenalkan pada tahun 1999 bukan sebagai telepon tapi sebagai pager dua arah. Format ponsel pintar atau smartphone yang lebih populer dirilis kemudian pada tahun 2002 dan telah mendapatkan popularitas instan di pasar ponsel diantara pengusaha karena berkonsentrasi pada layanan email. Pada waktu itu, hanya BlackBerry yang telah mendorong kemampuan email, mengirim dan menerima email seolah-olah mereka adalah pesan teks.

iPhone dirilis sekitar lima tahun kemudian dari BlackBerry dan diperkenalkan sebagai telepon selular dengan kemampuan ganda di pasar ponsel. Ada begitu banyak antusiasme sekitar perilisan iphone karena fitur-fiturnya yang inovatif dan desain yang sangat menarik dimana ia telah mendefinisi ulang tampilan sebuah smartphone sejak saat itu. Dan hingga kini iPhone masih merupakan ikon gaya yang sangat menonjol.

Sangat sulit untuk membandingkan dua perangkat smartphone ini karena mereka dimaksudkan untuk berbagai segmen pasar. iPhone dapat melakukan apa yang tidak dapat BlackBerry lakukan tetapi begitu juga sebaliknya.

Fokusnya email di BlackBerry berarti bahwa hardware keyboard QWERTY selalu hadir pada perangkat ini. Didukung server RIM, pembuat BlackBerry memiliki nilai plus sehingga mendominasi di antara para pengusaha yang membutuhkan email mereka secara cepat.

Mengetik dengan layar keyboard iPhone tentunya tidak secepat menggunakan hardware keyboard, walaupun iPhone tidak akan seperti itu adalah jika Anda memiliki hardware keyboard terpisah. Kurangnya fungsi push email juga berarti bahwa Anda harus terus-menerus memeriksa apakah mail baru telah tiba.

Diluar itu, segalanya sudah jauh lebih unggul dalam iphone. Selain itu sepertinya BlackBerry mulai kehilangan pangsa pasar dalam hardware, hal ini dikarenakan pembuat mobile lainnya juga turut mendapatkan izin untuk menggunakan software mereka seperti Nokia, Motorola, dan HTC. [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel