1

Processor Intel Terbaru Berkemampuan 50-cores

24 Nov 2011 09:00 3526 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Rasanya seperti baru kemarin *quad-core processor* lahir. Dan tak lama kemudian disusul i3, i5, dan terakhir i7 sebagai processor tercepat yang tersedia untuk dijual secara masal. Namun baru-baru ini, 15 november 2011, Processor Intel terbaru 1 teraflop *chip* 50-cores dipamerkan pada SC11 (Supercomputing Conference) di Seattle.

Rasanya seperti baru kemarin quad-core processor lahir. Dan tak lama kemudian disusul i3, i5, dan terakhir i7 sebagai processor tercepat yang tersedia untuk dijual secara masal. Namun baru-baru ini, 15 november 2011, Processor Intel terbaru 1 teraflop chip 50-cores dipamerkan pada SC11 (Supercomputing Conference) di Seattle. Sebagai perbandingan, processor tercepat saat ini, i7, memiliki kecepatan 960 gigaflops (Flops adalah kependekan dari floating-point operations per second, tes standar untuk mengukur kecepatan komputer dengan berapa perhitungan matematika yang berhasil komputer lakukan per detik).

Ini bukan pertama kalinya Intel mengeluarkan komputer berkecepatan 1 teraflop, perusahaan ini pernah melakukannya pada 1997. Namun perbedaan yang signifikan adalah pada tahun 1997 komputer berkecepatan 1 teraflop dibangun pada sistem dengan 9.298 buah Pentium II chips, dan kini pada processor Intel terbaru hanya dengan satu chips.

Meskipun hal ini berarti Intel mampu memproduksi 1 teraflop chips processor untuk Personal Computer (PC), masih dibutuhkan beberapa waktu kedepan. Karena meskipun hardware processor intel terbaru telah siap, masih banyak hal yang harus dikerjakan untuk persiapan dari sisi software.

Processor 4-cores Intel diberi label quad-core, sementara pada produk terbarunya yang bernama "Knight Corner" Intel kesusahan memberi "label" pada processor 50-cores terbarunya ini. Pada saat menjelaskan tentang processor intel terbaru ini, perusahaan tersebut menggunakan istilah "many cores."

Bayangkan, dengan processor berkemampuan quad-core atau i7 960 gigaflops Anda bisa menjalankan game berdesain fantastis, rendering video berkualitas tinggi bisa dilakukan dalam waktu cepat, UI (User-Interface) OS makin indah dan full animasi. Perkembangan software apalagi yang akan muncul nantinya dengan dukungan processor intel terbaru 1 teraflops 50-cores? Must be awesome! [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel