1

Sejarah Axis Telekom Indonesia, Operator dengan Pertumbuhan Tercepat

23 Nov 2011 08:00 12688 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dalam catatan sejarah Axis, sebelumnya perusahaan operator yang satu ini bukan bernama Axis, melainkan PT. Natrindo Telepon Seluler. Produk GSM yang dibuatnya pun sama dengan nama perusahaannya sekarang yaitu Axis. Lalu bagaimana sejarah Axis selanjutnya? Simak artikel ini.

Salah satu operator Indonesia yang saat ini dikenal dengan promo tarif murah internetnya adalah Axis. Ya, salah satu perusahaan operator Indonesia yang kita kenal sebagai Axis ini memiliki nama lengkap PT. AXIS Telekom Indonesia. Dalam catatan sejarah Axis, sebelumnya perusahaan operator yang satu ini bukan bernama Axis, melainkan PT. Natrindo Telepon Seluler. Produk GSM yang dibuatnya pun sama dengan nama perusahaannya sekarang yaitu Axis. Lalu bagaimana sejarah Axis selanjutnya? Simak artikel ini.

Sejarah Axis dimulai ketika Axis masih bernama PT. Natrindo Telepon Seluler, perusahaan ini merupakan bagian dari grup Lippo, Natrindo sendiri adalah perusahaan operator telekomunikasi seluler GSM 1.800 MHz pertama di Indonesia yang awalnya berfokus pada wilayah Jawa Timur yaitu sekitar bulan Mei 2011 dengan merek dagang Lippo Telecom.

Setelah berhasil memiliki lisensi, perusahaan Natrindo kemudian diakuisisi oleh Maxis Communications Berhard. Lalu sekitar bulan Juni 2007, setengah saham Natrindo juga diakuisisi oleh Saudi Telecom Company. Alhasil, saham milik Maxis di Natrindo hanya sekitar 44%. Hingga saat ini, Axis sudah mengembangkan jaringan 2G dan 3G-nya ke hampir seluruh penjuru kota di Indonesia.

Dalam sejarah Axis, Perubahan nama perusahaan dari PT. Natrindo Telepon Seluler menjadi PT. Axis Telekom Indonesia dilakukan sekitar tanggal 7 Juni 2011 berdasarkan persetujuan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Produk Axis sendiri diluncurkan sekitar bulan April 2008 dengan cakupan wilayah Jawa dan Bali pada awal Axis beroperasi. Tetapi saat ini, hampir 80 % lebih jangkauan Axis meliputi daerah-daerah di Indonesia, seperti Sumatera, Sulawesi, Lombok, Bali dan lain sebagainya. Menurut catatan, AXIS sudah tersedia di 400 kota di seluruh penjuru Indonesia. Axis diklaim sebagai operator terbesar keempat dalam hal jangkauan wilayah.

Bisa dibilang, Axis merupakan operator GSM Nasional yang pertumbuhannya sangat cepat di Indonesia, tidak hanya menyediakan layanan 2G dan 3G tetapi juga menyediakan layanan BlackBerry yang menjangkau seluruh belahan dunia dengan mitra roaming lebih dari 300 dari 150 negara.

Ketika meluncurkan produk pertamanya, perusahaan AXIS memiliki sistem pendekatan dengan penawaran yang berbeda kepada pelanggannya, dengan produk serta layanannya yang sederhana AXIS memberikan tarif yang transparan kepada masyarakatnya. Mereka menantang norma pasar di mana menghadirkan penawaran yang apa adanya tanpa syarat dan ketentuan yang disembunyikan seperti halnya operator-operator lain.

Kerjasama yang inovatif dan investasi yang berkelanjutan mempercepat ekspansi perusahaan dan memposisikan AXIS sebagai brand nasional yang menjangkau lebih dari 80% populasi di Indonesia, meliputi Jawa, Bali, Lombok, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Layanan AXIS kini tersedia di lebih dari 400 kota di seluruh Indonesia, dan kini sebagai operator keempat di Indonesia dalam hal luas wilayah jangkauan jaringan.

Sekedar mengingatkan, Paseban sebelumnya juga pernah membahas bagaimana sejarah tiga operator lain, klik di sini untuk lebih banyak tahu mengenai sejarah Telkomsel, XL dan Indosat. [MG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel