1

Sejarah Digital Storage, Dari Kertas Hingga Yang Tak Nyata (Part-2)

4 Nov 2011 12:00 4121 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tahukah Anda bahwa apabila dirunut dari awal terciptanya digital storage, media penyimpanan data komputer ini telah mengalami perubahan yang cukup revolusioner. Mulai dari media penyimpanan digital dimana *hardware* membutuhkan satu ruangan penuh, kemudian menuju ke *hardware* yang cukup untuk dimasukkan ke saku,

Digital Storage merupakan media penyimpanan digital. Di mana Anda bisa menyimpan file atau data di dalam media tersebut. Seperti sebuah flash disk, CD dan lain sebagainya.

Pada artikel sebelumnya, Paseban pernah membahas mengenai sebagian media penyimpanan yang menjadi bagian terbentuknya digital storage dari awal hingga saat ini. klik di sini untuk sekedar mengingatkan.

Di bawah ini merupakan pembahasan lanjutan dari artikel sebelumnya yang masih membahas mengenai sejarah digital storage, berikut ulasannya.

ST-506 (1980)

ST 506

ST-506 merupakan drive pertama yang ukuran 5.25 inchi dan merupakan perintis dari hard drive PC yang ada pada saat ini.

DAT (1987)

DAT

DAT diciptakan dengan tujuan sebagai perangkat high-end music recording, namun kemudian ia hanya menjadi media penyimpanan data komputer.

CD-R (1990)

CD-R

Meskipun tergolong jadul, CD-R ini masih banyak digunakan hingga sekarang. Kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan harga yang murah membuat CD-R tetap bertahan dan mengalahkan beberapa media penyimpanan yang ditemukan setelahnya.

MiniDisc MD Data (1993)

Mini Disc

Sony menciptakan MiniDisc MD Data dengan tujuan untuk mengalahkan floppy disc sebagai media penyimpanan favorit konsumen. Tetapi karena terlalu mahal dan kalah populer dengan Zip disc, MiniDisc MD Data gagal mencapai cita-citanya.

Zip (1994)

Zip

Pada masanya, Zip berfungsi sebagai media penyimpanan dokumen berkapasitas besar dan file yang berdesain grafis. Dengan cepatnya, Zip menggantikan kepopuleran floppy serta mengalahkan CD-R, karena Zip bersifat rewriteable.

Seagate Barracuda (1996)

Segate Baracuda

Seagate Barracuda menjadi hard drive pertama dengan kecepatan 7200 RPM yang kemudian menjadi kecepatan standar dari sebuah hard drive hingga saat ini.

IBM 170 Microdrive (1999)

IBM-170

Sebelum flash memory dijual dengan harga murah dan memiliki kapasitas yang cukup besar untuk perangkat elektronik, IBM 170 Microdrive menjadi media penyimpanan pada iPod versi pertama. Apple terus menggunakan media penyimpanan ini hingga iPod classics.

IBM DiscOnKey (2000)

IBM DiskOnKey

IBM melakukan gerakan yang cukup revolusioner dengan menciptakan media penyimpanan yang kecil dan murah. Dengan cepat IBM DiscOnKey membunuh floppy dan Zip disc, serta memulai era baru menuju media penyimpanan flash.

SD Card (2000)

SD-Card

Pertama kali diperkenalkan, SD Card langsung mendapatkan popularitasnya dari handheld seperti smartphone dan kamera. Dengan ukuran yang sangat tipis, kapasitas penyimpanan SD Card bisa berkembang tanpa dibatasi oleh ukuran.

Solid-State Drive (2008)

Solid State

Dibutuhkan sekitar 14.985 buah IBM 350 untuk menyamai kapasitas Solid-State Drive berukuran kecil ini. ditambah dengan kecepatan yang lebih cepat dibandingkan media penyimpanan lainnya, Solid-State Drive menjadi cara baru yang banyak diandalkan seperti sekarang.

Cloud Storage (Now)

Cloud Storage

Dengan layanan online, konsumen bisa mengakses media storage dengan kapasitas yang bisa dibilang tidak terbatas melalui karingan internet darimanapun. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel