1

Berbagai Macam Jenis-Jenis Operating System dari PC Hingga ke Mobile

13 Oct 2011 13:00 28098 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebuah operating system adalah komponen software dari sistem komputer yang bertanggung jawab untuk pengelolaan berbagai kegiatan dari komputer dan berbagi sumber daya komputer. Ia menerima beberapa aplikasi yang berjalan pada komputer dan menangani operasi dari hardware komputer.

Bicara mengenai operating system, ada banyak jenis-jenis operating system, Paseban juga pernah membahas tentang operating system pada artikel sebelumnya. Sebuah operating system adalah komponen software dari sistem komputer yang bertanggung jawab untuk pengelolaan berbagai kegiatan dari komputer dan berbagi sumber daya komputer. Ia menerima beberapa aplikasi yang berjalan pada komputer dan menangani operasi dari hardware komputer atau tablet PC.

User dan program aplikasi mengakses layanan yang ditawarkan oleh operating system melalui Command Line Interface (CLIs) atau Graphical User Interface dikenal sebagai GUI. Singkatnya, sebuah operating system memungkinkan interaksi user dan sistem komputer dengan bertindak sebagai interface antara user atau program aplikasi dan hardware komputer dan tablet PC.

Mari kita lihat berbagai jenis-jenis operating system dan mengetahui bagaimana mereka menjadi berbeda satu sama lain. Berikut ini adalah tinjauan Paseban mengenai jenis-jenis operating system untuk komputer hingga tablet PC:

  • Real-time Operating System: Ini adalah operating system multitasking yang bertujuan melaksanakan aplikasi secara real-time. Real-time system operating sering menggunakan algoritma penjadwalan khusus sehingga mereka dapat mencapai sifat deterministik perilaku. Tujuan utamanya adalah respon mereka cepat dan terprediksi. Mereka juga memiliki event-driven atau time-sharing design. Sebuah sistem switch-event antara task berdasarkan prioritas sementara time-sharing operating system merupakan switch-task berdasarkan jam interupsi.

  • Multi-user dan Single-user operating system: operating system komputer jenis ini memungkinkan beberapa user untuk mengakses sistem komputer secara bersamaan. Time-sharing sistem dapat diklasifikasikan sebagai sistem multi-user karena mereka memungkinkan akses pengguna ke komputer melalui berbagi waktu. Sementara operating system single-user, merupakan lawan dari operating system multi-user, yang digunakan oleh satu-satunya user pada suatu waktu. Perlu diingat, mampu memiliki beberapa account pada sistem operasi Windows tidak membuat sistem multi-user. Sebaliknya, hanya administrator jaringan yang merupakan pengguna yang sebenarnya. Tapi untuk operating system mirip Unix, adalah mungkin untuk dua pengguna untuk login pada satu waktu dan OS ini memiliki kemampuan membuat multi-user operating system.

  • Multi-tasking dan Single-tasking operating system: Ketika sebuah program tunggal yang diperbolehkan untuk berjalan pada satu waktu, sistem ini dikelompokkan di bawah kategori sistem single-tasking, sedangkan dalam kasus operating system memungkinkan untuk pelaksanaan beberapa tugas pada satu waktu, itu diklasifikasikan sebagai operating system multi-tasking. Multi-tasking dapat dari dua jenis yaitu, pre-emptive atau co-operatif. Dalam pre-emptive multitasking, operating system membagi-bagi waktu CPU dan mendedikasikan satu slot untuk setiap program. Unix-operating system seperti Solaris dan dukungan Linux pre-emptive multitasking. Jika Anda menyadari terminologi multi-threading, Anda dapat mempertimbangkan jenis multi-tasking yang mirip dengan interleaved multi-threading. Multi-tasking kooperatif dicapai dengan mengandalkan pada proses masing-masing untuk memberikan waktu ke proses lainnya dalam cara yang ditetapkan. Multi-tasking semacam ini adalah mirip dengan gagasan blok-multi threading di mana satu thread berjalan sampai diblok oleh beberapa acara lainnya. MS Windows sebelum Windows 95 digunakan untuk mendukung multitasking kooperatif.

  • Operating System Terdistribusi: merupakan sebuah operating system yang mengelola sekelompok komputer independen dan membuat mereka tampak satu. Perkembangan jaringan komputer yang dapat terhubung dan berkomunikasi satu sama lain, memunculkan komputasi terdistribusi. Perhitungan pendistribusian dilakukan pada lebih dari satu mesin. Ketika komputer dalam kelompok, bekerja sama, mereka membuat sistem terdistribusi.

  • Operating system Tertanam: operating system yang dirancang untuk digunakan dalam sistem komputer embedded (tanam). Mereka dirancang untuk beroperasi pada mesin kecil seperti PDA dengan otonomi kecil. Mereka mampu beroperasi dengan sumber daya dengan jumlah terbatas. Mereka sangat kompak dan sangat efisien dengan desain. Windows CE, FreeBSD dan Minix 3 adalah beberapa contoh dari operating system tertanam.

  • Operating System mobile: Meskipun bukan tipe yang berbeda fungsional dari operating system, ini merupakan OS penting dalam daftar jenis operating system. Sebuah OS mobile mengontrol perangkat mobile dan desain yang mendukung komunikasi nirkabel dan aplikasi mobile. Ia memiliki built-in mendukung untuk format mobile multimedia. Tablet PC dan ponsel pintar berjalan pada operating system mobile.

Berbagai jenis operating system telah memberikan kontribusi untuk menyederhanakan interaksi manusia dengan hardware komputer. Mereka bertanggung jawab untuk menghubungkan program aplikasi dengan hardware, sehingga mencapai akses user yang mudah ke komputer. Pernah membayangkan komputer tanpa OS? Tentunya tanpa OS, komputer tidak akan user-friendly seperti sekarang.ND

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel