1

Sejarah Digital Storage, Dari Kertas Hingga Yang Tak Nyata (Part-1)

3 Nov 2011 16:00 6513 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tahukah Anda bahwa apabila dirunut dari awal terciptanya digital storage, media penyimpanan data komputer ini telah mengalami perubahan yang cukup revolusioner. Mulai dari media penyimpanan digital dimana *hardware* membutuhkan satu ruangan penuh, kemudian menuju ke *hardware* yang cukup untuk dimasukkan ke saku,

Tahukah Anda bahwa apabila dirunut dari awal terciptanya digital storage, media penyimpanan data komputer ini telah mengalami perubahan yang cukup revolusioner. Mulai dari media penyimpanan digital dimana hardware membutuhkan satu ruangan penuh, kemudian menuju ke hardware yang cukup untuk dimasukkan ke saku, hingga sekarang di mana media penyimpanan digital storage hadir tanpa bentuk fisik hardware yang nyata, yaitu cloud storage.

Pada artikel kali ini, Paseban ingin memaparkan perjalanan revolusioner digital storage tersebut mulai dari awal terciptanya ide media digital storage hingga akhirnya ke cloud storage.

Punch Cards

Media digital storage hadir untuk menggantikan kertas dan bertumpuknya dokumen dalam suatu lemari yang diawali dengan terbentuknya media penyimpanan digital yang bernama punch cards.

Punch cards

Pada 1975, seorang pekerja tekstil bernama Basile Bouchon menggunakan punch cards untuk mengontrol mesin tenun. Dengan sistem ini, mesin tenun mampu membaca perintah dari punch cards dan bekerja menciptakan suatu pola secara otomatis. Untuk pertama kalinya, sebuah mesin menggunakan suatu kode untuk membaca dan melakukan suatu proses. Secara esensial punch cards tersebut berlaku sebagai primitive memory cards yang ada pada mesin ciptaan Bouchon ini.

Penggunaan punch cards dilanjutkan oleh Herman Hollerith pada tahun 1890. Hollerith menggunakan punch cards untuk membaca dan menyimpan data dari primitive computer. Dengan sistem ciptaannya ini ia berhasil menyelesaikan sensus tahun 1890 dalam waktu satu tahun, berbeda jauh dengan sensus sebelumnya pada tahun 1880 yang membutuhkan waktu selama delapan tahun.

Punch Card 2

Punch Cards 3

Williams Tube (1947)

William Tube

Williams Tube menjadi Random Access Digital Storage Unit pertama di dunia, dengan kecepatan 1.2 milliseconds per perintah.

Drum memory (1950)

Drum Memory

Drum memory merupakan perintis dari piringan hitam yang terdapat pada hard drive saat ini.

Uniservo (1951)

Universo

Uniservo adalah media penyimpanan berbasis pita pertama yang dijual untuk umum.

IBM 350 (1956)

IBM 350

IBM 350 disebut sebagai Modern hard drive pertama di dunia. Ia menggunakan lima puluh disk berukuran 24 inci dengan kecepatan putar 1200 RPM. Anda akan membutuhkan sekitar 465 IBM 350 untuk menyamai kapasitas iPod Shuffle, dan Anda membutuhkan 72.727 iPod Shuffle untuk menyamai berat dari IBM 350.

Cassette tape (1972)

Cassete Tape

Nampaknya kaset tidak hanya sebagai media yang hanya digunakan untuk menjual satu album lagu tempo doeloe saja. Kaset berfungsi seperti layaknya sebuah CD di mana ia bisa menyimpan berbagai macam data. Kaset pernah menjadi cara yang murah untuk menyimpan data pada jaman dulu. Namun saat floppy disk menjadi lebih murah, kaset pun perlahan-lahan ditinggalkan.

5.25" Floppy (1976)

Floppy

5.25" floppy menjadi media penyimpanan pertama yang diproduksi secara masal. Selain untuk menyimpan data, floppy juga bisa digunakan untuk loading sistem operasi.

IBM 3380 (1980)

IBM 3380

IBM 3380 menjadi media penyimpanan pertama di dunia yang memiliki kapasitas mencapai hitungan gigabytes.

Penjelasan di atas baru sebagian dari sejarah digital storage, jika Anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, bisa membacanya pada artikel selanjutnya

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel