1

Penyesalan Ayah Kandung Steve Jobs

10 Oct 2011 13:30 5669 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ketika berita kematian Steve Jobs melanda dunia pada hari Rabu, 5 Oktober 2011, seorang pria menyadari harapan untuk bertemu anak kandungnya selama bertahun-tahun ini tidak akan pernah terwujud. Ia adalah ayah biologis Steve Jobs, Abdulfattah Yohanes Jandali, seorang imigran muslim Suriah berusia 80 tahun.

Ketika berita kematian Steve Jobs melanda dunia pada hari Rabu, 5 Oktober 2011, seorang pria menyadari harapan untuk bertemu anak kandungnya selama bertahun-tahun ini tidak akan pernah terwujud.

Ia adalah ayah biologis Steve Jobs, Abdulfattah Yohanes Jandali, seorang imigran muslim Suriah berusia 80 tahun, dan masih bekerja sebagai wakil presiden dari sebuah kasino di Reno, Nevada. Jandali tidak tahu jika dia ayah inovator teknologi paling terkenal di dunia sampai beberapa tahun yang lalu.

Pada tahun 1955, Jandali dan pacarnya Joanne Schieble gadis keturunan Jerman-Amerika baru berusia 23 tahun dan mengetahui bahwa mereka akan memiliki bayi Steve Jobs, namun tidak ada kesempatan baginya untuk tumbuh dengan orang tua biologisnya.

Walaupun Jandali ingin menikahi Joanne dan menjaga bayi tersebut, tetapi tekanan keluarga tidak dapat dicegah pada saat itu terjadi. Joanne, yang memiliki keluarga Kristen konservatif tidak bisa meyakinkan orang tuanya untuk menikah dengan seorang Arab, seorang Muslim.

"Saya sangat cinta dengan Joanne," ungkap Jandali. "Tapi sayangnya, ayahnya seorang tiran, dan melarangnya menikah dengan saya, karena saya berasal dari Suriah. Dan dia bilang dia ingin memberikan bayinya untuk adopsi."

"Tanpa memberitahu saya, Joanne menarik diri dan pindah ke San Francisco untuk memiliki bayi tanpa ada yang tahu, termasuk saya," katanya. "Dia tidak ingin membuat malu keluarga dan berpikir ini adalah yang terbaik untuk semua orang."

Dan kemudian seorang bayi Arab Amerika tanpa nama diadopsi oleh keluarga Amerika Armenia. Clara Hagopian dan suaminya Paul Jobs yang telah menikah sekitar tujuh tahun, tidak dapat memiliki bayi sehingga kehadiran si mungil Steve tentu membuat keduanya bahagia. Steve Paul Jobs, sebagaimana mereka menamainya, tumbuh tanpa pernah mengetahui ayah kandungnya.

Ketika, pada Agustus 2011, tabloid The Sun di London, menghubungi Jandali, ia secara terbuka mengulurkan tangan untuk Steve dan berkata, "Saya hidup dalam pengharapan bahwa belum terlambat ia akan menjangkau saya. Bahkan untuk hanya sekali minum kopi bersama dengan dia akan membuat saya menjadi orang yang sangat bahagia. "

Tapi Steve tidak pernah merespon. Kurang dari dua bulan kemudian, ia pun meninggal.

Jandali mengatakan itu adalah "kebanggaan Suriah"-nya yang membuatnya ia ingin menjangkau anaknya yang terkenal. Dalam sebuah wawancara September 2011 dengan Reno Gazette, "Kebanggaan Suriah ada dalam diriku, aku tidak ingin dia pernah berpikir, bahwa aku mengejar kekayaannya. Tidak. Aku punya uang sendiri. Apa yang aku tidak miliki adalah anakku ... dan itu membuatku sedih. "

Ayah biologis Jobs bukan Suriah biasa. Menurut wawancara yang dia berikan kepada surat kabar Al Hayat pada bulan Februari 2011, Jandali lahir di Perancis-kemudian diamanatkan ke Suriah pada tahun 1931 di kota Homs. Ayahnya seorang millionaire yang memiliki banyak desa dan ibunya seorang ibu rumah tangga tradisional. Ia merupakan anak laki-laki satu-satunya dari lima anak, 4 anak lainnya perempuan. Dia meninggalkan Suriah pada usia 18 untuk belajar di American University di Beirut, di mana ia adalah seorang aktivis pan-Arab, pendukung dari persatuan Arab dan kemerdekaan Arab yang diselenggarakan oleh beberapa aktivis yang paling terkenal di masanya. Setelah universitas, ia pindah ke Amerika Serikat.

"Jika saya memiliki kesempatan untuk memutar kembali waktu, saya tidak akan meninggalkan Suriah atau Lebanon sama sekali. Saya akan tinggal di negara asal saya seluruh hidup saya," ungkapnya kepada Al Hayat.

Mungkin jutaan orang di seluruh dunia tidak akan setuju dengan pernyataan Jandali yang satu ini. Tentunya banyak orang akan berpikir Steve Jobs dari Apple Computers hanya bisa mungkin terjadi di Amerika.

Keterasingan dari seorang ayah dan anak dibuat bahkan lebih tragis oleh kenyataan bahwa ia tidak mengetahui semua yang terjadi pada bayinya di masa lampau.

Sepuluh bulan setelah Jobs diberikan untuk diadopsi, ayah Joanne meninggal dan Jandali dan Joanne akhirnya melakukan pernikahan. Mereka pun memiliki anak lagi, seorang putri bernama Mona Jandali - sekarang Simpson. Steve pun berhubungan dengan Mona. Mona adalah adalah seorang penulis terkenal di dunia yang dalam kata-katanya sendiri, "sangat dekat" dengan kakaknya Steve setelah mereka menjalin hubungan sebagai orang dewasa.

Dalam wawancara New Post Agustus York, Jandali mencoba mengemukakan "Saya jujur tidak tahu sampai hari ini, jika saya dapat membuat pilihan, saya akan senang untuk tetap bersama dia," katanya.

Dengan berita kematian Jobs, Jandali menolak setiap wawancara lebih lanjut tentang anaknya tersebut. Ketika Reno Gazette Journal-menghubunginya pada Rabu, Jandali menolak berkomentar.

"Aku tahu berita itu."

"Aku benar-benar tidak punya sesuatu untuk dikatakan," katanya. ND

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel