Empat Fakta Menarik tentang Ponsel

12 Aug 2011 16:00 3425 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Saat ini teknologi perangkat *mobile* sedang naik daun, *smartphone* menjadi perangkat wajib yang harus dibawa oleh setiap pengguna, bahkan melebihi pentingnya dompet atau ID card. Tetapi tahukah Anda tentang sejarah yang terjadi pada langkah perkembangan teknologi *mobile* ini?

Saat ini teknologi perangkat mobile sedang naik daun, smartphone menjadi perangkat wajib yang harus dibawa oleh setiap pengguna, bahkan melebihi pentingnya dompet atau ID card. Tetapi tahukah Anda tentang sejarah yang terjadi pada langkah perkembangan teknologi mobile ini?

Berikut Paseban memilih beberapa sejarah dan fakta menarik mengenai ponsel, sekedar untuk pengetahuan Anda.

Smartphone Simon
Smartphone Pertama di Dunia
Smartphone pertama di dunia muncul pertama kali pada tahun 1993 pada sebuah acara Wireless World Conference di Florida. Produk yang diluncurkan oleh BellSouth Cellular ini memiliki berat sekitar 1 pon dan dilengkapi dengan LCD touchscreen generasi paling awal.

Pada press release milik Simon, nama dari smartphone ini, mengatakan "Simon beroperasi seperti ponsel namun memiliki kelebihan bukan hanya sebagai alat komunikasi suara. Pengguna bisa memanfaatkan Simon sebagai wireless machine, pager, perangkat electronic mail (email), kalender, pencatat jadwal, buku alamat, kalkulator, dan pen-based sketchpad. Semuanya hanya seharga $899."Â

Simon hanya diproduksi sebanyak 2000 unit di seluruh dunia dan saat ini Simon menjadi collector's item ponsel yang banyak diburu.

SMS 160 Karakter
SMS 160 karakter
Terdapat banyak teori siapa yang menciptakan SMS pertama kali, tetapi sosok yang mendapat penghargaan atas teknologi komunikasi yang muncul akhir abad 20 ini adalah seorang berkebangsaan Jerman bernama Friedhelm Hillebrand.

SMS maksimal 160 karakter yang sempat menjadi standar selama bertahun-tahun adalah kreasi dari Hillebrand. Pada tahun 1985, Hillebrand bereksperimen menggunakan mesin ketik miliknya untuk menemukan panjang pesan teks yang ideal. Hillebrand menghitung huruf, angka, tanda baca, dan spasi pada halaman. Dia mengamati setiap uraian singkat akan suatu buku atau iklan membutuhkan 160 karakter untuk menyampaikan pesan yang penting. Kemudian ia mencetuskan 160 karakter sebagai panjang pesan yang paling ideal, dan selanjutnya menjadi standar bagi semua ponsel dan operator seluler.

Saat ini ponsel sudah banyak yang mendukung SMS lebih dari 160 karakter dan banyak juga yang masih mempertahankan warisan dari Friedhelm Hillebrand ini.

voicemail
Penemuan Voicemail
Saat ini Anda bisa menggunakan, memanfaatkan, dan mengabaikan fitur Voicemail yang tersedia. Namun tahukah Anda bahwa pada saat ditemukan pertama kali, voicemail menjadi "rebutan"Â oleh beberapa perusahaan?

Pada tahun 1986, Scott Jones, ilmuwan MIT berusia 26 tahun, menemukan sistem voicemail yang digunakan pada teknologi komunikasi modern saat ini berdasarkan ide dari sistem pemesanan pizza. Pada saat implementasinya, voicemail yang saat ini banyak diabaikan menjadi "rebutan"Â oleh beberapa perusahaan. Pada akhirnya Boston Technology memenangkan "perebutan"Â ini dan menjadi perusahaan yang menciptakan sistem voicemail untuk industri mobile.

Nokia Terlaris
Ponsel Terlaris Sepanjang Masa
Mungkin Apple dengan iPhone-nya bisa bangga setelah meraih penjualan ponsel terlaris tahun ini. Apple mengalahkan Nokia sebagai pemegang gelar selama bertahun-tahun dengan berhasil menjual iPhone sebanyak 100 juta unit.

Tetapi gelar ponsel terlaris sepanjang masa masih dipegang oleh Nokia. Bukan ponsel tercanggih Nokia yang memiliki kemampuan hampir seperti iPhone, tetapi ponsel GSM biasa yang hanya memiliki kemampuan dasar yaitu telepon dan SMS. Ponsel terlaris sepanjang masa ini dipegang oleh Nokia tipe 1100. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2003, Nokia 1100 telah terjual lebih dari 250 juta unit. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel