1

Mozilla Memasuki Bisnis OS Smartphone

4 Aug 2011 09:49 3434 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mozilla, perusahaan yang terkenal dengan aplikasi browser-nya Firefox, mengumumkan Boot to Gecko (B2G), sebuah Operating System [OS] mobile baru. Tujuan Mozilla adalah supaya pengguna tidak terbebani untuk memilih smartphone dengan OS mobile apa yang dia inginkan.

Mozilla, perusahaan yang terkenal dengan aplikasi browser-nya Firefox, mengumumkan Boot to Gecko (B2G), sebuah Operating System [OS] mobile baru. Konsep OS milik Mozilla mirip dengan Chrome OS untuk Chromebook yaitu OS berbasis Cloud. OS B2G akan berbentuk seperti satu web browser dan seluruh proses instalasi aplikasi dan media penyimpanan data akan dilakukan full online melalui Cloud.

Tujuan Mozilla adalah supaya pengguna tidak terbebani untuk memilih smartphone dengan OS mobile apa yang dia inginkan. Android, iOS, dan Windows Phone memiliki berbagai macam aplikasi dan widget yang berbeda, Mozilla berencana untuk menyediakan semua pilihan tersebut pada open-source OS dengan aplikasi Web B2G.

Proyek yang sedang digarap oleh tim Mozilla ini memang akan menyediakan semua aplikasi native yang tersedia di Android, iOS, dan Windows Phone pada B2G. Dan untuk awal mereka akan membangun environment OS yang kompatibel dengan perangkat Android.

Banyak pihak yang masih mempertanyakan apakah pasar memang membutuhkan OS smartphone yang open-source dan web-based saat ini? Atau dengan kata lain, apakah proyek yang sedang digarap Mozilla ini akan berhasil? Kita tunggu saja. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel