Lindungi Smartphone Anda dari Kemungkinan Terburuk!

5 Jul 2011 17:34 4691 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika Anda pengguna *smartphone* atau *handset* yang dipenuhi dengan informasi personal seperti alamat *email*, foto-foto, kontak telepon, aplikasi Facebook dan Twitter, tentulah sangat riskan. Akumulasi data tersebut membuat *smartphone* rentan menjadi target pencurian dan *cyber criminal*, itu sebabnya *smartphone* perlu sekali ditunjang pertahanan dan keamanan.

Jika Anda pengguna smartphone atau handset yang dipenuhi dengan informasi personal seperti alamat email, foto-foto, kontak telepon, aplikasi Facebook dan Twitter, tentulah sangat riskan. Akumulasi data tersebut membuat smartphone rentan menjadi target pencurian dan cyber criminal, itu sebabnya smartphone perlu sekali ditunjang pertahanan dan keamanan.

Smartphone Android sendiri sudah tersentuh dengan Trojan Horses dan jenis malware lainnya, dan ahli keamanan pun setuju bahwa keamanan malware mobile masih dalam tahapan pengembangan. Hal ini bisa ditunjukkan dengan sebuah riset yang menunjukkan bahwa proteksi handset seperti iPhone, iPad, dan smartphone lainnya masih berkisar 4 %. Buruknya lagi, beberapa pengguna tidak berpikir bahwa smartphone mereka layaknya komputer, sehingga mereka tidak mengambil tindakan keamanan yang sama dengan PC.

Jadi pengguna smartphone harus lah men-download aplikasi security. Kebanyakan aplikasi smartphone menyediakan aplikasi security dengan gratis dan itu lebih baik daripada tidak memilikinya sama sekali.

Jika Anda pengguna Android, aplikasi pertama yang seharusnya di-install dalam smartphone adalah program antivirus. Disamping scanning untuk malware, aplikasi antivirus bisa men-support semacam fitur yang bisa menghapus semua objek data.

Aplikasi (free) yang banyak diunduh adalah aplikasi Lookout Mobile Security. Lookout dalam ponsel akan memindai virus malware yang ada dan secara otomatis memindai aplikasi baru apapun dalam handset. Selain Lookout, ada antivirus yang tersedia dengan biaya berlangganan, di antaranya Symantec Norton Mobile Security (beta version), AVG Antivirus Pro, dan McAfee WaveSecure.

Satu lagi tips saat memilih program antivirus mobile, sebaiknya Anda mengenal baik jenis aplikasinya. Jika tidak, Anda berisiko terinfeksi oleh malware yang menyamar sebagai sebuah aplikasi antivirus.

Sedangkan Apple's App Store mengambil tindakan yang lebih ketat untuk aplikasi yang ditawarkan untuk dijual, pemilik iPhone umumnya tidak perlu khawatir akan serangan banyak malware. Apple telah memperketat pertahanan dengan menyediakan aplikasi antivirus yang tepat, namun Anda tetap memiliki beberapa pilihan keamanan yang direkomendasikan.

Salah satu perangkat tracking ampuh yang ditawarkan Apple adalah Find My iPhone. Find My iPhone muncul sebagai bagian dari layanan Apple iCloud. Layanan ini ditawarkan untuk setiap iPhone, iPad, atau pemilik iPod Touch dengan gratis. Dengan Find My iPhone, Anda dapat mengunci, menghapus data yang tersimpan pada iPhone Anda, melacak perangkat melalui GPS, menetapkan passcode, dan menampilkan pesan pada layar dengan suara alarm (sehingga Anda dapat menemukannya jika Anda lupa menaruhnya). LN

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel