1

Sunday Morning Festival ReggaeNeration

28 Jul 2011 10:14 3478 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berangkat dari banyaknya penggemar musik reggae di wilayah mereka, digagaslah sebuah event bertemakan reggae. "Sunday Morning Festival ReggaeNeration" merupakan nama event bertema reggae yang digelar oleh anak-anak CCM pada Minggu, 24 Juli yang lalu.

Genre musik reggae sedang booming di kalangan anak muda saat ini. Sejarah irama musik reggae sendiri dipengaruhi elemen musik R&B dan musik rakyat Jamaika yang disebut Mento, yakni musik yang kaya dengan irama Afrika. Ska dan Rocksteady disebut-sebut sebagai irama musik yang menjadi pendahulu reggae. Teknik para musisi Ska dan Rocsteady dalam memainkan alat musik ini banyak ditiru oleh para musisi reggae. Namun terdapat sedikit perbedaan yakni tempo musik reggae cenderung lebih lambat dengan dentum bas dan rhythm guitar lebih menonjol.

Bob Marley and The Wailers dengan cepat melambungkan reggae hingga ke luar Jamaika. Selain Bob Marley dan Jamaika, rambut gimbalnya juga menjadi titik perhatian dalam fenomena reggae. Ketika musik reggae memasuki arus besar musik dunia pada akhir tahun 1970-an, sosok Bob Marley dan rambut gimbalnya menjadi ikon baru yang dipuja-puja. Di Indonesia musik reggae mulai berkumandang sekitar tahun 1980-an. Hingga saat ini musik reggae memiliki penggemarnya tersendiri. Hal ini nampaknya dikarenakan musik reggae merupakan musik yang mudah beradaptasi dengan beragam lingkungan kultural.

Menurut Ferry, koordinator acara ReggaeNeration, booming genre musik reggae juga melanda kalangan anak-anak muda di daerahnya. Berawal dari Cicalengka kemudian Rancaekek hingga sekarang Ciparay. Berangkat dari banyaknya penggemar musik reggae di wilayah mereka, digagaslah sebuah event bertemakan reggae. "Sunday Morning Festival ReggaeNeration" merupakan nama event bertema reggae yang digelar oleh anak-anak CCM pada Minggu, 24 Juli yang lalu. CCM (Ciparay Creative Movement) sendiri merupakan salah satu komunitas yang terdapat di Paseban Community.

Event ini menampilkan 13 band yang memainkan musik berirama reggae. Diantaranya, Coffee Reggae Stone, Mr. Reggae, Sarada Kaulinan, Baileys, Bandung Reggae South, Jamica In Java, Jimbeisme, One Rasta, Glory Of Marijuana, Injection, Ngapz Marley, Crazy Rasta dan Nice Sunday. Bertempat di Mugi Jaya Sport Center, para pengunjung ber-jamming bersama diiringi dengan alunan musik reggae. Selain dimanjakan dengan penampilan para bintang, terdapat pula gallery reggae dan aneka aksesoris bertema reggae yang turut dijual di dalam booth. ND
ReggaeNeration

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel