1

Berkat NFC, Smartphone Menjadi Dompet Digital

27 Feb 2016 07:30 5398 Hits 3 Comments
Adopsi NFC didalam smartphone memungkinkannya menjadi dompet digital.

Berkat NFC, Smartphone Menjadi Dompet Digital

(gambar: nfc-forum.org)

Sebenarnya NFC bukanlah teknologi baru, penggunaan NFC sudah dilakukan di beberapa aplikasi teknologi. Namun, karena perkembangan teknologi smartphone yang pesat, adopsi NFC untuk perluasan fungsi perangkat seluler tersebut samakin ramai digunakan oleh vendor smartphone. Adopsi penggunaan NFC sebenarnya sudah banyak digunakan seperti dalam industri perbankan, hingga perangkat yang berhubungan dengan informasi pribadi.

NFC, atau Near Field Communication memungkinkan perangkat terhubung satu sama lain tanpa adanya kabel. Keterhubungan kedua perangkat tersebut memungkinkan perangkat saling mendeteksi dan mentransfer data.

Perluasan fungsi smartphone yang tidak hanya sebagai alat komunikasi, memungkinkan NFC diadopsi didalamnya. Apa yang sudah dilakukan oleh vendor smartphone seperti Apple, Samsung, Google, memperluas mengadopsi NFC didalam smartphone besutannya.

Penyematan NFC didalam smartphone memungkinkan perangkat seluler tersebut bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Sebut saja Apple dengan Apple Pay-nya, Samsung dengan Samsung Pay, Google dengan Google Wallet hingga Microsoft dengan Microsoft Payments, para raksasa teknologi mengadopsi NFC didalam perangkat besutannya tersebut.

Dalam melakukan konektivitas, perangkat NFC membutuhkan identifikasi frekuensi radio. Ketika kedua perangkat dengan kemampuan NFC didekatkan, memungkinkan perangkat tersebut bertransfer data.

Karena bentuknya berupa Chip, NFC sangat hemat energi. NFC juga tidak memerlukan koneksi internet didalam penggunaannya. NFC juga memungkinkan perangkat seluler bertukar foto atau kontak.

Apple dan Samsung sudah mengadopsi layanan NFC dalam smartphonenya, sehingga smartphonenya bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Baru-baru ini, Apple sudah meluncurkan layanan Apple Pay di China, hal itu juga membuat vendor smartphone lain turut terjun di bisnis pembayaran digital tersebut. Sebut saja Xiaomi ataupun ZTE, kabar yang beredar vendor asal negeri tirai bambu tersebut mulai mengadopsi NFC agar bisa memfungsikan smartphone besutannya sebagai medium pembayaran.

Ketersediaan NFC memang untuk saat ini baru sebatas diadopsi oleh perangkat smartphone premium, namun apabila penggunaanya semakin meluas, tidak menutup kemungkinan smartphone low end pun mengadopsi teknologi NFC ini.

Jika NFC semakin diadopsi luas dalam smartphone kita, berbelanja tidak perlu membawa dompet atau kartu kredit, cukup dengan smartphone yang kita bawa.

Tags Smartphone

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel