Bersiap Hadapi MotoGP 2016, Yamaha YZR-M1 Terbaru Resmi Diperkenalkan

18 Jan 2016 20:58 3106 Hits 0 Comments
Movistar Yamaha resmi memperkenalkan kuda besi tahun 2016.

Yamaha YZR-M1 2016 Resmi Diperkenalkan

Yamaha secara resmi memperkenalkan motor YZR-M1 yang akan digunakan di musim balap MotoGP tahun ini. acara peluncuran kuda besi juga turut dihadiri oleh duo pembalap Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Yamaha YZR-M1 memiliki rekam jejak memukau, motor asal negeri Jepang tersebut menjadi motor yang ditakuti oleh lawan-lawannya di ajang sirkus MotoGP. Sejarah keberhasilan motor Yamaha YZR-M1 bisa dilihat ditulisan saya sebelumnya.

Tahun 2015, Jorge Lorenzo berhasil mengalahkan rekan satu timnya, Valentino Rossi di gelaran balapan terakhir sirkuit Valencia Spanyol. Di gelaran terakhir, Rossi harus start dari posisi paling buncit karena dinyatakan bersalah bersenggolan dengan Marc Marquez.

Dalam peluncuran resmi Yamaha YZR-M1 tahun 2016, bos Yamaha, Lin Jarvis memberikan pernyataannya terkait rivalitas Rossi kontra Lorenzo.

"Memiliki Rossi dan Lorenzo adalah sebuah tim impian. Dua pembalap terbaik dunia dalam satu tim. Kami akui bahwa pada gilirannya mereka berselisih, jadi kami meminta hormat. Menghormati adalah kunci untuk segala sesuatu, dan jika mereka bersaing di bawah aturan-aturan yang berlaku, semua akan lebih baik," ucap Jarvis.

"Musim lalu adalah musim yang hebat. Tetapi kami menghabiskan beberapa hal dengan Dorna dan FIM untuk itu saya berharap musim depan hal-hal semacam tadi tidak usah terulang. Kami memiliki musim yang fantastis tahun depan," pungkas pria asal Inggris tersebut.

Yamaha YZR-M1 2016 Resmi Diperkenalkan

Dalam gelaran presentasi motor baru Yamaha tersebut, Rossi juga turut memberikan pernyataannya menghadapi musim depan. "Tahun 2015 adalah di masa lalu, mulai hari ini kami memulai musim baru dari awal," ucap pembalap bernomer 46 tersebut.

“Jiwa saya pada motor selalu sama, meskipun saya harus berganti dari satu motor ke motor lain. Uji coba pertama di Sepang nanti sangat spesial, karena itulah pertama kali Anda menggunakan motor Anda,” tambah Rossi.

Feel yang Anda rasanya pertama kali akan terus bersama Anda sepanjang musim. Uji coba pertama akan selalu memberikan perasaan yang luar biasa,”  tegas pembalap yang tahun ini berusia 37 tahun tersebut.

Dalam gelaran MotoGP tahun 2016, akan ada perubahan teknis secara signifikan, yaitu perubahan ban dari Bridgestone ke Michelin dan penggunaan perangakt elektronik standar untuk semua pabrikan, yaitu buatan Magneti Marelli. Lorenzo yang menjadi juara tahun lalu, memberikan pandangannya menghadapi musim depan. "Kami hanya melakukan satu tes sejak akhir 2015, sehingga sulit untuk mengetahui pabrikan mana yang bisa lebih kuat," ucap Lorenzo dikutip Crash.

Yamaha YZR-M1 2016 Resmi Diperkenalkan

"Saya sebetulnya sudah cukup beruntung bahwa di 2008 saya sudah pernah mencoba menggunakan Michelin. Tetapi saya tidak begitu ingat saat-saat itu," pungkas pembalap bernomer 99 tersebut.

Video Yamaha YZR-M1 tahun 2016 bisa dilihat dibawah:

(Gambar via Crash.net dan MotoGP.com)

About The Author

wan 63
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel