Peringkat Dunia Universitas Tokyo Turun Drastis

1 Oct 2015 09:56 3259 Hits 0 Comments
Apa penyebab turunnya peringkat dunia Universitas Tokyo?

Sudah merupakan sebuah hal yang banyak diketahui publik bahwa Universitas Tokyo itu adalah sebuah universitas yang memang banyak difavoritkan oleh banyak calon mahasiswa di Jepang.

Peringkatnya sebagai salah satu universitas top di dunia menjadikan Universitas Tokyo juga sebagai satu dari banyak universitas favorit bagi para calon mahasiswa dari seluruh penjuru dunia.

Namun sekarang semuanya berbeda. Pada hari rabu kemarin, dimana urutan peringkat universitas global dirilis muncul sebuah informasi yang cukup mengejutkan. Universitas Tokyo yang peringkatnya selalu berada di atas Universitas Singapore harus mengakui kekalahannya ketika melihat bahwa peringkat Universitas Tokyo tergeser oleh universitas Singapore yang menempati peringkat ke-26.

Sedangkan Universitas Tokyo yang biasanya berada di posisi paling atas diantara universitas-universitas di Asia turun ke peringkat 43 di urutan peringkat global, turun 20 peringkat dari peringkat tahun lalu yakni peringkat 23.

Dan seperti sudah menjadi tradisi, institut teknologi California masih tetap menempati peringkat pertama sebagai universitas terbaik di seluruh dunia, kemudian disusul oleh Universitas Oxford di peringkat kedua dan Universitas Stanford di peringkat ketiga.

Phil Baty, sebagai pihak yang bertugas untuk mengedit peringkat universitas dunia, menyalahkan pemotongan anggaran Universitas Tokyo pada musim gugur ini. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, anggaran yang dialokasikan untuk universitas-universitas di negara Jepang pada tahun 2015 turun sebanyak 3.9 persen dibandingkan tahun lalu dengan jumlah sekitar 10 milyar USD.

Tidak hanya itu saja, pemotongan anggaran juga dilakukan terhadap biaya manajemen dan subsidi dasar dimana anggaran tersebut seharusnya tetap ada untuk menjaga kelancaran operasi dari universitas-universitas dan berbagai lembaga penelitian di negara Jepang

Dari semua hal yang Phil Baty utarakan di atas, ia juga mengatakan bahwa Jepang masih menjadi negara nomor satu tempat dimana tersedianya universitas-universitas papan atas di Asia dan peringkat ketiga di dunia, dengan total institusi yang dimilikinya sebanyak 41 institusi.

Selain Universitas Tokyo, yang berada di peringkat 200 teratas dunia adalah Universitas Kyoto yang berada di peringkat 88 pada tahun 2015 ini, sedangkan pada tahun lalu Universitas ini berada di peringkat 59.

 

 

Via Kyodo

 

About The Author

Buricak Burinyai 60
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel