1

Universitas Cambridge Teliti Resiko Teknologi Terhadap Manusia

28 Nov 2012 09:30 2373 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah komputer dapat lebih pintar daripada manusia dan mengambil alih dunia? Seorang filosof dan juga ilmuwan dari Universitas Cambridge berpikir pertanyaan mengenai resiko teknologi tersebut patut diteliti secara serius.

Apakah komputer dapat lebih pintar daripada manusia dan mengambil alih dunia? Seorang filosof dan juga ilmuwan dari Universitas Cambridge berpikir pertanyaan mengenai resiko teknologi tersebut patut diteliti secara serius. Center fo the Study of Existential Risk akan membawa banyak ahli untuk memikirkan bagaimana cara teknologi super pintar seperti kecerdasan buatan dapat menipu eksistensi manusia itu sendiri.

"Dalam kasus kecerdasan buatan, hal tersebut terlihat seperti sebuah prediksi yang beralasan yang terkadang pada saat ini atau abad mendatang kecerdasan akan melarikan diri dari permasalasan biologis," ujar profesor filosoft, Huw Price dari Universitas Cambridge.

Lalu apa yang terjadi kemudian? "Kita (manusia) bukan lagi hal terpintar," tambah Price. Menurutnya resiko teknologi akan membuat mesin menjadi tidak jahat, tetapi mesin yang tidak memasukkan manusia kepada ketertarikannya. Ketakutan akan resiko teknologi tersebut dapat membuat manusia memiliki masa depan seperti banyak tergambar dalam fiksi-fiksi ilmiah seperti film A Space Odyssey sebagai contoh.

Ia membandingkan resiko teknologi tersebut melalui cara manusia telah mengancam keberlangsungan makhluk hidup lainnya dengan menyebar dan menggunakan sumber-sumber alam yang digunakan makhluk hidup lainnya. Price sendiri merupakan salah satu penemu proyek tersebut bersama profesor kosmologi dan astrofisika Cambridge, Martin Rees dan Jann Tallinn. Nama terakhir tersebut merupakan salah satu penemu layanan Skype. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel