1

Q1 2015, Pelanggan Selular Tumbuh 4 Juta

16 Jun 2015 18:38 2016 Hits 0 Comments
Indonesia  posisi keempat dalam hal jumlah pelanggan baru selular

JAKARTA, Plimbi – Hasil survey Erocsson Mobility mengungkapkan, pada kuartal pertama (Q1) tahun 2015, Indonesia berada diposisi keempat dalam hal jumlah pelanggan baru selular di kawasan South East Asia & Oceania, dengan jumlah pelanggan baru sebanyak 4 juta.

Laporan Ericsson Mobility yang dilansir hari ini, Selasa (16/6) juga menyebutkan, penambahan jumlah pelanggan selular baru yang sama juga terjadi di Jepang, yang menempati poisisi keempat dengan jumlah 4 juta. “Jadi bisa dibilang, jumlah pelanggan selular baru dikedua negara ini sama pesatnya,” ucap VP Marketing & Communication Ericsson Indonesia Hardyana Syintawati, saat mengumumkan hasil laporan tersebut kepada wartawan, di Jakarta.

Menurut dia, dilihat dari pertumbuhan jumlah pelanggan baru selular tersebut, penambahan terbesar justru terjadi di India, yaitu mencapai 26 juta pelanggan baru.  Sementara posisi kedua dan ketiga, masing-masing terjadi di China dan Myanmar, yang jumlah penambahan pelanggan barunya mencapai 8 juta dan 5 juta.

Hardyana mengatakan, besarnya pertumbuhan pelanggan baru selular di lima negara di kawasan tertersebut, tak lepas dari meningkatnya penetrasi ponsel pintar (smartphone) dan arus data.

"Kalau kita lihat saat ini, anak kecil usia sekolah dasar (SD) saja sudah mulai terbiasa menggunakan smartphone, walaupun sebatas untuk main game atau video streaming,” tandas wanita yang akrab disapa Nana ini. Dengan perkembangan yang demikian, lanjutnya, Ericsson sendiri memperkirakan, pada tahun 2020 nanti, 90% anak-anak di atas usia enam tahun sudah memiliki sendiri smartphone.

BBM Menjadi Aplikasi Favorit

Di Indonesia, pemanfaatan dan penggunaan aplikasi BlackBerry massangerr (BBM) ternyata masih menjadi yang nomer satu. Bahkan popularitasnya mengalahkan aplikasi-aplikasi sosial media yang lain, seperti WhatsApp, Facebook dan LINE. Hasil Survey yang dilakukan Ericsson Mobility menyebutkan, dari berbagai aplikasi-aplikasi yang terdapat di smartphone, di Indonersia penggunaan BBM tetap menempati peringkat pertama.

“Untuk saat ini aplikasi BBM tetap menjadi favorit dan paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, kemudian disusul Youtube, yang disusul WhatsApp, Facebook dan LINE,” jelas Hardyana. Sementara di negara lain, seperti Malaysia atau Singapura, aplikasi yang paling banyak digunakan justru WhatsApp. Disusul Facebook sebagai media social favorit kedua di negara itu.

Hal berbeda terjadi di Australia dan Philipina, masyarakat di negara itu ternyata tetap menjadikan aplikasi pertemenan Facebook sebagai pilihan pertama. Sedangkan di Thailand, aplikasi media social yang paling popular justru LINE. Disusul Facebook, Youtube, Facebook Massenger, dan Google Maps.  (man)

Tags

About The Author

Juanda san 54
Expert

Juanda san

Writer and blogger
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel