1

Ratusan Anak Antusias Ikuti Taro Rangers Camp

16 Jun 2015 07:29 2260 Hits 0 Comments
PT. Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk  (Taro) menghadirkan Taro Rangers Camp

JAKARTA, Plimbi-  PT. Tiga Pilar Sejahtera Food (Taro) menghadirkan Taro Rangers Camp. Ratusan anak usia 8 -13 tahun sangat antusias dalam mengikuti camp yang mengasah kecerdikan, ketangkasan dan kerjasama tim dalam membentuk karakter anak yang cerdik, tangguh dan peduli. Taro Rangers Camp merupakan puncak dari kampanye Gerakan Anak Tangguh Indonesia yang diusung oleh Taro di tahun 2015.

Pembentukan karakter pada anak -anak usia 8-13 tahun adalah investasi untuk masa depan generasi muda Indonesia yang lebih cerah. Disinilah peran penting penerapan pembelajaran berbasis pengalaman (experiental learning) dalam pembentukan karakter yang sesuai dengan perkembangan anak. Kegiatan experiential learning seperti outdoor- based activity akan membantu anak-anak untuk mengasah kemampuan berpikir dan fisik mereka dalam mengasilkan anak yang memiliki karakter yang tangguh, mandiri, hebat dan pandai bersosialisasi.  Sekretaris Jenderal Asosiasi Experiental Learning Kresno Wiyoso mengatakan, “Menurut kami, proses pembelajaran experiental learning itu tidak harus dilaksanakan di dalam ruangan, tapi bisa dilakukan dimana saja. Namun, harus menerapkan modul experiental learning yang lengkap, memperhatikan sisi safety, juga memperhatikan lesson learned dari apa yang dialami oleh anak-anak”. 

Menanggapi pendapat dari Asosiasi Experiental learning, CEO PT. Tiga Pilar Sejahtera Food. Tbk, Joko Mokoginta mengatakan, “Taro Rangers Camp dirancang untuk menerapkan siklus experiental learning yang lengkap dari tahapan act-reflect-conceptualize-apply. Tidak hanya itu, di akhir program Taro Rangers Camp, kami juga menyediakan lembar observasi yang akan mengevaluasi kelebihan dan kekurangan dari masing-masing peserta, untuk dapat menjadi masukan bagi orang tua dalam meneruskan penerapan experiental learning di rumah”. Oleh karena itu, dalam setiap kelompok peserta camp yang terdiri dari 7 anak, selain didampingi oleh seorang fasilitator khusus untuk aktivitas team building, juga diawasi seorang kakak pendamping yang memiliki latar belakang psikologi.

Tujuan dari Taro Rangers Camp adalah untuk meningkatkan motivasi, kepercayaan diri, pola pikir kreatif, kebersamaan, tanggung jawab, kemampuan berkomunikasi, dan rasa saling percaya dari anak-anak melalui pendekatan experiential learning berbasis kegiatan di alam terbuka (outdoor-based training). Taro Rangers Camp menerapkan permainan-permainan edukatif yang mengasah kemampuan anak-anak dalam kerjasama team, kemampuan berkomunikasi, pemecahan masalah dan tantangan.

Dalam Taro Rangers Camp, anak-anak akan mengikuti berbagai kegiatan character building & team building yang dibalut dalam bentuk permainan yang seru seperti double rope, water tank, flying fox + drop target, kelas motivasi, sky lantern dan aktivitas kepedulian lingkungan. Taro Rangers Camp 2015 juga akan menjadi episode penutup dari program TV Aksi Tangguh Taro Rangers 2015 di Global TV yang akan ditayangkan pada hari Minggu, 28 Juni 2015, pukul 9 pagi.

 Kegiatan ini tidak hanya menjadi puncak dari rangkaian kegiatan Gerakan Anak Tangguh Indonesia. Kedepannya, Taro Rangers Camp dirancang menjadi kegiatan tahunan yang bertujuan untuk menggalakkan kegiatan luar ruang untuk anak-anak. Joko menambahkan, “Kita semua turut bertanggungjawab dalam pembentukan karakter generasi anak tangguh Indonesia. Melalui Taro Camp, Taro mengajak para pemangku kepentingan untuk turut berpartisipasi dalam pembentukan karakter para calon pemimpin masa depan“.  Nantikan keseruan Taro Rangers Camp berikutnya. (rie)

Tags

About The Author

Juanda san 54
Expert

Juanda san

Writer and blogger
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel