1

Beberapa Aplikasi Android untuk Para Musisi yang Sangat Direkomendasikan

24 Apr 2015 13:30 8467 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ini dia 5 aplikasi Android untuk para musisi di seluruh dunia dalam memainkan musik maupu dalam membuat komposisi musik

Aplikasi Android untuk Musisi- Memang sudah terbukti bahwa smartphone memudahkan banyak kalangan. Selain untuk para pelajar, mahasiswa, sebuah smartphone ternyata dapat membantu para musisi. Melalui aplikasi Android untuk musisi inilah Anda dapat berlatih di segala tempat serta meningkatkan skill.

Dengan adanya aplikasi Android untuk musisi pula, Anda yang memiliki keterbatasan untuk berlatih musik dapat mengembangkan kreativitas melalui cara mudah. Sekarang, Anda hanya tinggal menyalakan smartphone atau tablet kesayangan untuk bermain dan musik. Nah, aplikasi apa saja yang pas untuk dimainkan? Simak ulasannya!

Aplikasi Android untuk Musisi

   

 

Perfect Ear 2

Berisikan fitur lengkap, seperti latihan interval, skala, chord, rhythm sampai menciptakan custom chord. Aplikasi yang mendapatkan ulasan positif dari musisi internasional ini dapat dipasang secara gratis pada perangkat Android yang dijalankan pada OS Ice Cream Sandwich keatas. Sementara untuk menggunakannya, diperlukan login akun Google terlebih dahulu agar aplikasi dapat tersinkronisasi, kemudian pastikan perangkat Anda terhubung ke dalam jaringan internet karena aplikasi ini akan melakukan update data saat pertama kali digunakan.

Link Download Perfect Ear 2

Drumgenius

Kedua terdapat aplikasi bernama Drumgenius yang dikembangkan oleh developer seorang musisi dan ditujukkan secara khusus untuk para musisi dunia. Aplikasi ini merupakan eksiklopedia pertama yang memberikan referensi music drum yang dapat dijadikan sebagai ajang latihan para drummer secara digital. Selain itu, referensi yang ada di dalam aplikasi ini pun sangat kaya akan jenis musik dan irama sehingga akan memudahkan para drummer yang tengah mengembangkan skill.Drumgenius memiliki ukuran sebesar 9 MB dan dapat dipasangkan pada perangkat tablet dan smartphone Android secara gratis. Sementara syarat pengoperasian minimal yang berlaku adalah perangkat Android Gingerbread ke atas.

Link Download Drumgenius

PitchLab Guitar Tuner

Sementara aplikasi bernama PitchLab Guitar Tuner ini diperuntukkan untuk para musisi yang memainkan alat music gitar, biola, Mandolin, Ukulele, Banjo, Bouzouki dan Pedal Steel. Selain itu, aplikasi ini pun sangat cocok digunakan oleh para pemula dan profesional karena memiliki fitur lengkap dan pengaturan yang terbilang mudah. Dalam upgrade terbarunya, aplikasi ini diperkaya dengan sejumlah fitur, seperti Stage Tuner, Chord Matrix, Polyphonic Tuner, Pitch Spectrogram, Strobe Tuner dan visual yang lebih disempurnakan. PitchLab Guitar Tuner mempunyai ukuran yang sangat ringan, 8.1 MB, dapat dipasang secara gratis pada perangkat smatphone dan tablet Android yang dijalankan pada sistem operasi Gingerbread keatas.

Link Download PitchLab Guitar Tuner

Smart Voice Recorder

Selanjutnya adalah aplikasi Smart Voice Recorder. Diperuntukkan untuk Anda yang ingin merekam suara dengan hasil berkualitas baik, Smart Voice Recorder telah dilengkapi dengan sejumlah fitur, seperti live audio spectrum analyser, wave/pcm encoding dengan sample rate yang dapat disesuaikan, proses perekaman tanpa harus menyalakan layar, kalibrasi microfone, proses perekaman save, pause, resume dan cancel, pilihan penyimpanan yang dapat dilakukan melalui phone storage dan SD card, fitur share untuk dibagikan melalui email, WhatsApp dan Dropbox serta menyetel hasil rekaman untuk ringtone dan alarm. Untuk menjalankan aplikasi ini, diperlukan perangkat yang terhubung ke dalam jaringan internet. Sementara syarat minimum pengoperasian perangkat yang dapat dipasang aplikasi gratis ini adalah Android 2.3.3 Gingerbread.

Link Download Smart Voice Recorder

MuseScore

Rekomendasi aplikasi terakhir adalah MuseScore yang secara khusus diperuntukkan untuk para musisi yang tengah mencari referensi notasi lagu. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, Anda akan mendapatkan banyak referensi notasi lagu dari ratusan lagu, baik itu lagu klasik maupun lagu baru. Fitur lain yang ditawarkan aplikasi ini adalah adanya metroname yang dilengkapi volume control dan memungkinkan Anda untuk memilih part tertentu untuk ditampilkan.

Sama dengan keempat aplikasi diatas, MuseScore juga dapat diinstall secara gratis pada perangkat Android Anda. Mempunyai ukuran sebesar 25 MB, minimal sistem operasi yang harus dijalankan oleh perangkat Anda adalah Android 3.0 Honeycomb.

Link Download MuseScore

Kesimpulan

Kelima aplikasi diatas dapat Anda pilih sesuai dengan jenis alat music yang dimainkan. Melalui aplikasi tersebut pula sekarang Anda dapat meningkatkan skill bermusik hanya dengan mengandalkan perangkat Android. Selamat mencoba![ARD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel