1

Mengenal Aplikasi Messenger dan Business on Messenger Versi PC

22 Apr 2015 21:00 5717 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Yuk ketahui apa saja fitur terbaru yang dibawa Aplikasi Messenger versi PC serta layanan terbaru Businesses on Messenger

Sama seperti Twitter, layanan jejaring sosial Facebook melakukan banyak inovasi. Setelah berhasil mengakuisisi aplikasi populer lain seperti Instagram dan WhatsApp, Facebook pun terus melakukan update untuk memberikan pengalaman lebih baik kepada pengguna setianya. Salah  satunya dengan menghadirkan aplikasi Messenger untuk mobile yang terpisah dengan aplikasi Facebook.

Aplikasi tambahan dalam Facebook ini memang menjadi kontroversi lantaran penggunanya sekarang terpaksa harus memasang aplikasi Messenger agar dapat mengirimkan dan menerima pesan dari anggota lainnya.

Aplikasi Messenger

Diluar dari keluhan tersebut, aplikasi Messenger menawarkan hal positif dimana pengguna dapat mengakses pesan secara langsung. Selang beberapa waktu setelah merilis layanan Messenger untuk berbagai platform smartphone, akhirnya layanan tersebut dapat juga dinikmati oleh seluruh pengguna PC. Untuk Anda yang penasaran dengan aplikasi ini, yuk cari tahu apa saja fitur yang dihadirkannya!

User Interface

Tampilan aplikasi Messenger versi PC ini sejatinya mempunyai tampilan yang cukup mirip dengan Messenger versi iOS dan Android. Melalui tampilan clean, simple dan modern, aplikasi yang dapat diakses melalui Messenger.com ini dapat dibilang memiliki kinerja yang responsif sehingga sangat nyaman untuk digunakan. Pada bagian sisi kiri layar ditampilkan seluruh list friend Facebook Anda, sementara di bagian tengahnya terdapat tampilan chatting yang sedang Anda lakukan. Sementara itu, pada bagian sisi kanan terdapat detail mengenai informasi teman Facebook Anda yang tengah melakukan chatting bersama, disertai list friend yang tengah aktif menggunakan Facebook ini.

Fitur Messenger Versi PC.

Dalam aplikasi Messenger versi PC ini tersedia sejumlah fitur yang dapat Anda gunakan. Fitur pertama adalah Last Seen yang memungkinkan Anda untuk memperoleh informasi terkait siapa saja yang telah membaca pesan yang Anda kirimkan. Kemudian, ada pula fitur HD calls yang dapat dimanfaatkan untuk menelepon ke sesama pengguna Messenger dengan kualitas suara yang jernih.

Fitur selanjutnya yang ditawarkan aplikasi ini adalah Snap photos and shoot videos yang bekerja langsung mengandalkan webcam pada perangkat PC Anda. Fitur ini dapat merekam dan memotret gambar yang dapat dikirimkan secara langsung melalui aplikasi ini.

Fitur lain yang ada di dalam aplikasi Messenger versi PC adalah Stickers yang dapat digunakan untuk menambah keseruan ketika chatting. Lalu, tersedia pula fitur Record voice messages yang memungkinkan Anda untuk merekam voice note untuk dibagikan langsung ke sesama pengguna Facebook dan fitur terbaru yaitu Group Chat yang dapat dipakai untuk chatting ke banyak orang sekaligus.

Businesses on Messenger

Dalam kesempatan yang sama, Facebook juga memperkenalkan layanan Businesses on Messenger yang dapat digunakan oleh para pelaku usaha dalam menjalin hubungan dengan para pelanggan.

Sekalipun aplikasi ini belum dapat digunakan dan masih berstatus coming soon, namun Facebook telah membocorkan beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh layanan ini.

Fitur utama yang disematkan di dalam layanan Businesses on Messenger adalah Connect with customers yang berguna untuk memudahkan konsumen menjalin komunikasi kepada perusahaan. Fitur pendukung lainnya dalam layanan ini adalah custom layouts yang dapat dipakai oleh para pelaku online shop yang ingin menginformasikan konfirmasi pemesanan, update pengiriman dan lainnya kepada konsumen.

Kemudian, ada pula fitur standar seperti mengirim dan menerima foto serta teks, serta informasi yang memberitahukan kepada pengguna terkait pesan yang telah sukses terkirim dan dibaca oleh si penerima. Bekerja sama dengan Zendesk, Businesses on Messenger juga dapat disematkan ke dalam  situs website bisnis Anda, dimana layanan ini dapat difungsikan sebagai online chat.

Kesimpulan

Terlepas dari aturan baru Facebook yang mengharuskan Anda untuk menginstall aplikasi tambahan, Messenger, agar dapat mengirimkan pesan, sejatinya aplikasi ini dapat menjauhkan Anda dari segala macam gangguan seperti notifikasi, friend request, reply dan lain sebagainya ketika chatting. Terlebih, aplikasi buatan Facebook ini pun bekerja sangat responsif dan dapat diakses secara gratis. Disamping itu, meskipun Facebook telah merilis Messenger pada platform web yang berbeda, layanan ini dapat tetap Anda nikmati melalui situs utamanya. Selamat mencoba! [ARD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel