Kumpulan Website yang Menyediakan Tutorial Develop Android Application

13 Jul 2012 18:00 5149 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dari kecintaannya pada ponsel Android, tidak sedikit para pengguna android yang ingin menciptakan aplikasi buatannya sendiri atau develop Android application. Kegiatan develop android application ini untuk para pemula merupakan kegiatan yang menantang karena dengan mempelajari kegiatan ini, kita bisa membuat aplikasi android buatan kita sendiri.

Dari kecintaannya pada ponsel Android, tidak sedikit para pengguna android yang ingin menciptakan aplikasi buatannya sendiri atau develop Android application. Kegiatan develop android application ini untuk para pemula merupakan kegiatan yang menantang karena dengan mempelajari kegiatan ini, kita bisa membuat aplikasi Android buatan kita sendiri. Untuk mempelajari kegiatan ini setidaknya kita butuh bimbingan dan tutorial yang menjelaskan bagaimana langkah-langkah untuk membangun sebuah aplikasi yang berkualitas untuk platform Android.

Pada artikel ini, Plimbi akan mengulas tentang beberapa website yang memberikan Anda sebuah tutorial atau pengetahuan bagaimana membangun sebuah aplikasi untuk platform Android bagi para pemula atau calon developer untuk Android. Untuk mengetahui apa saja situs yang menyediakan materi tentang cara membuat aplikasi untuk platform Android, berikut ulasan Plimbi.

TheNewBostons Android App Devlopment Video Series

Pada website pertama ini, Anda akan disuguhkan dengan beberapa artikel tentang bagaimana membangun sebuah aplikasi untuk sistem operasi Android. Sejatinya alamat ini bukanlah sebuah halaman berbentuk website, namun sebuah halaman YouTube dari salah satu pengguna yang menyediakan banyak video tutorial yang bisa Anda pelajari ketika Anda ingin membuat sebuah aplikasi Android.

Ada lebih dari 2,500 video yang disediakan pada halaman YouTube ini yang juga terdiri dari beragama bahasa pemograman untuk membangun sebuah aplikasi Android, membangun sebuah game, web desain, software, proyek DIY (Do It Yourself). Namun hiraukan playlist lainnya yang terdapat pada halaman ini, yang perlu Anda perhatikan adalah 200 daftar video pertama yang tersedia pada halaman ini yang berisikan video yang berisi tentang detail bagaimana cara Anda menginstal software yang Anda butuhkan pada saat Anda ingin membangun sebuah aplikasi untuk android Anda seperti Eclipse, Android SDK dan masih banyak yang lainnya, membangun sebuah aplikasi, memasarkannya ke market Google Play. Untuk durasinya sendiri, video yang di-upload ke dalam halaman ini hanya berdurasi sekitar 5 hingga 6 menit.

Jadi Anda terhindar dari penjelasan yang panjang dan membingungkan Anda. Anda hanya perlu belajar atau memperhatikan penjelasan hanya dalam waktu yang singkat dan Anda dapat langsung memprkatekkannya. Semua video yang tersedia pada halaman ini sangat berguna untuk Anda yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang developer bagi platform Android yang tentunya Anda juga akan menggunakan sedikit Java untuk membangun sebuah aplikasi. Situs ini sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar membuat software namun terlalu malas untuk membaca. Untuk Anda yang ingin mengunjungi halaman YouTube yang berisi panduan untuk membuat aplikasi Andorid secara profesional, Anda bisa langsung melihat video-nya di sini.

Official Android Developer Site

Berbicara tentang cara membangun aplikasi untuk platform Android kita tidak bisa meninggalkan halaman resmi dari pembuatan software untuk Android sendiri. Salah satu hal terbaik dari halaman ini adalah, situs ini selalu memberikan update secara berkala, tidak seperti buku. Ini berarti Anda akan mendapatkan langkah-langkah yang tepat untuk membuat sebuah aplikasi android yang berkualitas dengan beberapa perangkat yang Anda butuhkan untuk membuat aplikasi secara benar dan tepat, mengingat bahwa situs ini dikelola secara resmi oleh pihak Android.

Situs resmi ini juga memiliki pendekatan yang lebih berstruktur dan menyajikan informasi yang lebih spesifik tentang bagaimana cara menyusun sebuah aplikasi yang berkualitas untuk platform Android. Jika Anda ingin mengenal dasar-dasar pengembangan aplikasi Android dalam satu langkah sederhana, situs ini bisa dijadikan alternatif untuk Anda. Perbedaannya dengan website sebelumnya adalah jika pada situs ini Anda hanya diberi penjelasan secara tertulis, sedangkan pada website sebelumnya Anda akan disuguhkan dengan tampilan video yang mudah untuk Anda pelajari. Untuk mengunjungi situs ini, Anda bisa langsung menuju link ini.

Android App Inventor

Website ini sebelumnya bernama Google App Inventor dan saat ini telah dikembangkan oleh MIT. Website ini merupakan sebuah website yang paling direkomendasikan untuk Anda yang ingin mempelajari bahasa pemrograman Android. Jika Anda tidak memiliki pengalaman dan tidak mengetahui sama sekali dengan dunia programming namun memiliki niat yang kuat untuk mempelajari bagaimana membuat aplikasi untuk Android yang berkualitas, maka web-based ini adalah sebuah rekomendasi untuk Anda. Pada website ini Anda akan dapat memvisualisasikan pemrograman sehingga Anda dapat membangun sebuah aplikasi secara logis dari langkah yang kecil hingga langkah yang besar yang mirip dengan perangkat lunak Scratch MIT, yang bertujuan untuk membantu individu muda yang ingin mencapai pemahaman tentang pemrograman. App inventor memiliki tutorial yang lebih menarik dibandingkan dengan tutroial bagaimana cara membuat Hello World untuk pertama kali. Untuk mengunjungi website ini Anda bisa langsung mengakses alamat ini. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel