Tiga Situs Online Mengenai Cara Pengembangan Aplikasi Android

13 Jul 2012 14:00 5075 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ada banyak metoda pembelajaran yang dapat Anda lakukan untuk membuat dan menyelesaikan sebuah aplikasi Android. Anda dapat memulainya dari berbagai sumber buku, hingga berbagai pake tutorial *online* yang dapat Anda unduh secara gratis.

Aplikasi Android tengah merajai pasar aplikasi mobile global saat ini. Persaingannya dengan sistem operasi buatan Apple, iOS semakin menyemarakkan munculnya berbagai aplikasi menarik. Proses pengembangan aplikasi tentunya bukanlah hal yang dapat dilakukan dengan mudah oleh semua orang. Diperlukan pembelajaran dan kemampuan mumpuni untuk menciptakan sebuah aplikasi. Ada banyak metoda pembelajaran yang dapat Anda lakukan untuk membuat dan menyelesaikan sebuah aplikasi Android. Anda dapat memulainya dari berbagai sumber buku, hingga berbagai pake tutorial online yang dapat Anda unduh secara gratis. Mempelajarinya melalui buku adalah hal yang sangat baik. Namun, jika Anda berpikir ulang untuk mendapatkan materi-materi yang lebih mudah mengajarkan Anda mengenai aplikasi Android, beberapa sumber online berikut mungkin dapat menjadi opsi menarik. Situs-situs berikut adalah beberapa daftar sumber online yang menyediakan materi baik bagi pemula ataupun para developer Android.

MIT App Inventor

MIT App Inventor merupakan salah satu cara terbaik untuk mempelajari pemograman sistem operasi Android secara visual. Situs ini akan sangat berguna bagi Anda yang tertarik mengenai dunia programming Android. Jika Anda hanya memiliki sedikit keahlian, atau tidak memiliki sama sekali pengalaman dalam mengembangkan aplikasi, App Inventor dapat menjadi media yang menarik untuk digunakan. App Inventor memungkinkan Anda untuk mengembangkan aplikasi untuk perangkat Android menggunakan web browser dan mengkoneksikannya kepada ponsel atau emulator. Proyek ini kerap disebut juga sebagai Google App Inventor. Saat tengah membangun aplikasi, Anda akan bekerja dengan beberapa aplikasi seperti App Inventor Designer. Melalui App Inventor Designer Anda dapat memilih komponen-komponen untuk aplikasi Anda. Selain itu, App Inventor Blocks Editor akan menjadi aplikasi yang mengatur secara spesifik apa yang harus dilakukan oleh setiap komponen. Anda dapat mengatur program secara visual dengan mencocokkan setiap bagian secara bersamaan seperti bagian dari puzzle.

Aplikasi yang Anda kembangkan akan tampil pada ponsel selangkah demi selangkah, sesuai dengan bagian yang Anda masukkan. Dengan begitu, Anda dapat mencoba hasil kerja pengembangan aplikasi Android yang telah dilakukan. Setelah menyelesaikan aplikasi, Anda dapat memproduksinya secara mandiri sebagai aplikasi yang siap untuk di-install. MIT App Inventor memberikan peluang bagi Anda yang belum memiliki perangkat Android untuk ikut berpartisipasi. Anda dapat membangun aplikasi Android menggunakan perangkat lunak Android emulator. Perangkat lunak tersebut akan berjalan pada komputer dan dapat difungsikan selayaknya pada perangkat ponsel. App Inventor pun mendukung penggunaan sistem operasi lain seperti Mac OS X, GNU/Linux, dan juga Windows. Sebelum memanfaatkan App Inventor untuk membuat aplikasi, Anda perlu mengatur ulang komputer dan meng-install App Inventor Setup yang dapat diunduh langsung melalui situs ini. Anda dapat mengaksesnya di sini.

Android Application Development Tutorials

Apabila Anda mencari tutorial pengembangan aplikasi Android dalam bentuk format video yang lengkap, Android Application Development Tutorials dapat menjadi opsi terbaik. Pasalnya di dalamnya Anda akan menemukan ratusan video yang akan mengajarkan Anda membuat aplikasi Android. Tidak seperti proyek lain yang melayani para pengunjungnya melalui web pribadi, TheNewBoston (nama di balik toturial ini) memanfaatkan channel pada YouTube agar dapat dengan mudah diakses oleh berbagai kalangan. Di dalamnya Anda akan menemukan sekitar 200 video yang memberikan Anda banyak rincian tentang pengembangan aplikasi Android. Mulai dari cara melalukan install perangkat lunak yang diinginkan, membangun sebuah aplikasi, memasukkannya ke dalam pasar aplikasi dan lainnya. Daftar-daftar video tersebut dirilis pada bulan Agustus tahun 2011, oleh sebab itu Anda masih akan mendapatkan cukup banyak informasi yang memadai. Rata-rata video yang terdapat di dalam channel ini memiliki durasi sekitar 5 menit. Namun, Anda masih akan mendapatkan beberapa video berdurasi hingga 9 menit, tergantung banyaknya langkah-langkah yang harus dilakukan setiap pembahasan.

Dengan 200 video tutorial, tentunya diperlukan waktu yang cukup banyak untuk mempelajari video demi video. Berdasarkan tutorial yang diberikan, seri Android Application Development Tutorials ini dapat membantu Anda mengembangkan aplikasi Android sederhana. Dengan begitu, bagi para pemula yang ingin mencoba mengembangkan aplikasi Android, Anda dapat mengikuti setiap video tersebut dengan seksama. Penasaran ingin menyaksikan 200 video tersebut? Akses channel Android Application Development Tutorials ini di sini.

Android Developer

Android Developer merupakan situs resmi Android untuk mengetahui langkah-langkah membuat aplikasi. Situs inipun akan memberikan pendekatan yang lebih terstruktur dalah hal pemberian informasi dengan langkah-langkah yang spesifik. Jika Anda tertarik untuk mengetahui dasar-dasar pengembangan aplikasi Android dalam satu media, situs ini dapat menjadi pilihan yang menarik. Salah satu hal menarik yang dapat Anda temui di dalam situs Android Developer ini adalah Anda akan menemukan berbagai informasi ter-update. Artinya, setiap langkah yang harus diikuti hadir dalam versi terbaru. Di dalamnya Anda dapat mengakses tiga hal yang berhubungan dengan aplikasi, yakni desain, pengembangan dan juga distribusi. Pada setiap materi, Anda akan mendapatkan langkah-langkah yang dapat Anda ikuti. Anda dapat mengakses situs resmi Android Developer ini di sini. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel