Tips Cara Merawat CD & DVD Agar Awet Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak

9 Jul 2012 10:00 8864 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Compact Disk (CD) dan Digital Video Disk (DVD )adalah sebuah media penyimpanan yang umum digunakan baik untuk menyimpan data sementara dan dapat dibawa dengan mudah atau portable maupun sebagai media media penyimpanan data *back up*.

Compact Disk (CD) dan Digital Video Disk (DVD )adalah sebuah media penyimpanan yang umum digunakan baik untuk menyimpan data sementara dan dapat dibawa dengan mudah atau portable maupun sebagai media media penyimpanan data back up.

Meskipun fungsi CD/DVD agak tergeser dengan adanya DVD, HD-DVD, Blue-Ray, maupun *hardisk eksternal*, namun media penyimpanan CD/DVD ini masih memiliki kualitas yang hampir sama. perbedaannya hanya terletak pada kapasitas media penyimpannya.

Berikut ini Tips cara merawat CD dan DVD terbaru:

- Bakar (Burn) CD/DVD di Bawah Kecepatan Maksimal. Pada setiap CD/DVD terdapat tulisan mengenai kecepatan maksimum untuk proses pembakaran (burn). Bakarlah CD/DVD yang Anda beli menggunakan aplikasi pembakar CD/DVD seperti Nero, Ashampoo Burining Studio dibawah kecepatan maksimal yang tercantum di software burner, karena meskipun tertulis kecepatan maksimum 52x, tapi seringkali setelah dianalisa oleh CD/DVD burner melalui software burner, biasanya nilai tulis (write) itu akan turun. Untuk kebutuhan kompatibiitas pembacaan, pilih kecepatan burning 10x atau 12x saja, meskipun hal ini akan berdampak pada lamanya waktu proses pembakaran.

Selain itu, hal ini juga berguna untuk mengantisipasi apabila CD/DVD tesebut akan dibaca dari device CD/DVD ROM dengan spesifikasi baca (read) lebih rendah yang masih banyak digunakan.

- Jangan Mengisi Data Pada CD/DVD Secara Penuh Sisakanlah beberapa megabyte ruang kosong (free spaces) pada CD/DVD yang akan dibakar. Hal ini berfungsi agar CD/DVD Rom dapat membaca data dengan cepat.

- Berikan Sampul atau Tempat Khusus Pada CD/DVD Setelah proses pembakaran selesai, usahakan CD/DVD tersebut disimpan pada tempat khusus untuk menghindari debu serta goresan pada CD/DVD. Simpanlah CD/DVD ditempat yang kering dan gelap, usahakan jangan lembab atau terkena sinar matahari langsung karena akan merusak lapisan pemantul sehingga CD/DVD sulit dibaca.

Pergunalan CD/DVD case agar CD/DVD tersebut lebih aman jangan menggunakan plastik CD/DVD yang biasa dijual.

- Perhatikan Warna Lapisan PadaCD/DVD Saat membeli CD/DVD perhatikanlah warna lapisannya, Agar pada saatproses CD dan DVD tersebut ditulis (write) dan dibaca (read) tidak mengalami masalah, Disarankan untuk mencari CD/DVD yang lapisan pemantulnya berwarna silver (perak) atau berwarna agak keemasan.

Anda jangan pernah memilih pemantul yang berwarna-warni (biru, merah apalagi hitam).

Sebab lapisan pemantul ini berperan dalam pembacaan data dari CD/DVD yang telah ditulis.

- Jangan Menulis Diatas Permukaan CD/DVD Jangan menulis label CD/DVD dengan spidol, pulpen atau pinsil, usahakan pergunakan label CD/DVD yang di-print agar saat CD/DVD Drive mudah untuk membaca data yang ada pada CD/DVD.

- Perhatikan Cara Membersihkan CD/DVD Sebelum memasukkan CD/DVD pada CD/DVD Drive, perhatikanlah apakah CD/DVD Anda terdapat debu atau goresan, jika terdapat kedua hal tersebut silahkan bersihkan CD/DVD tersebut menggunakan kain halus yang biasa untuk membersihkan kacamata.

Hindari penggunaan tissue kertas atau kain baju (t-shirt) untuk membersihkannya, hal ini guna menguhindarimunculnya goresan pada disk yang menyebabkan CD/DVD sulit atau bahkan tidak dapat terbaca.

- Simpan CD/DVD Pada Tempat Yang Aman CD dan DVD sebaiknya disimpan pada suhu sebesar 10-20 derajat celcius untuk hindari CD/DVDdari fluktuasi suhu dan kelembaban. Suhu yang buruk dan lembab dapat menyebabkan CD/DVD tersebut menjadi bengkok atau melengkung.

Hindarkan dari sinar ultra violet, karena akan menyebabkan kandungan alumunium menjadi gelap dan menyebabkan kesalahan dalam pembacaan data di CD. Hindakan dari benda-bendayang memiliki magnet yang kuat.

Tips Cara Merawat dan Memperbaiki CD-DVD Yang Tergores Ada beberapa tips cara merawat CD dan DVD atau memperbaiki CD-DVD yang sudah tergores agar dapat terbaca kembali oleh CD/DVD, yaitu :

Menggunakan pasta gigi. Dengan menggunakan pasta gigi, hal-hal yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1.  Siapkan CD/DVD yang permukaannya tergores baik sedikit atau banyak
  2. . Siapkan kain atau kapas yang mimiliki permukaan lembut
  3. . Ambil pasta gigi, oleskan pada permukaan CD/DVD yang tergores
  4. . Gosok berulang-ulang memutar dengan lembut sampai terlihat goresannya hilang atau mulai hilang
  5. . Setelah selesai, kemudian bersihkan.

Menggunakan polish body kendaraan Polish Body kendaraan yang dimaksud di sini seperti Kit Multi Guna, Kit vinyl protectan, dan Polish Body lainnya yang berbentuk cairan. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. . Siapkan CD-DVD yang permukaannya tergores
  2. . Siapkan kain, kapas, spon atau tissu yang lembut
  3. . Oleskan *polish body* kendaraan pada kain lalu usapkan pada permukaan CD/DVD.
  4. . Gosok berulang-ulang dengan lembut sampai merata kemudian diamkan selama 1 menit.
  5. . Bersihkan dengan kain lembut atau tisu wajah (jangan yang lain) hingga bekas polish hilang (jangan menggunakan air)

Menggunakan Pledge. Pledge yang biasanya digunakan untuk membersihkan furniture atau perabot rumah tangga, bisa juga digunakan untuk membersihkan CD/DVD yang tergores. Caranya sama dengan sebelumnya, semprotkan Pledge di keping CD/DVD kemudian gosok dengan kain yang lembut secara perlahan, sehingga goresan di CD akan tertutupi oleh lapisan lilin.

Menggunakan Pembersih Khusus CD/DVD.

Jika Anda memiliki uang atau dana berlebih, Anda dapat membelinya di toko-toko komputer terdekat, cara membersihkannya hampir sama dari sebelum-sebelumnya.

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan CD dan DVD Anda tidak terbaca

- CD/DVD Drive, Pastikan dulu optical drive masih bagus, tidak terlalu tua (maksimal yang berusiaantara dua sampai 3 tahun), Jika optical drive Anda sudah lemah maka proses pembacaan CD/DVD menjadi sangat sulit.

- CD/DVD Rusak, Untuk meneceknya perhatikanlah lapisan CD/DVD yang Ada miliki, apakah terdapat bekas goresan, debu atau pernah terkena sinar matahari atau mungkin ada bagian CD/DVD yang retak serta melengkung.

- CD/DVD Sudah Berumur, Usahakan maksimal CD/DVD berusia dua tahun, jika melewati usia tersebut silahkan Anda bakar ulang (burn) ke media CD/DVD yang baru Demikian sedikit tips cara merawat CD dan DVD yang dapat diberikan, semoga Anda dapat mempraktekannya dan data-data penting Anda yang disimpan pada CD/DVD menjadi aman dan tahan lama. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel