Lima Cara Back Up Data ke Akun Dropbox Anda Tanpa Harus Masuk ke Dropbox

30 Jun 2012 15:00 8395 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Cloud storage macam Dropbox memang sangat mengagumkan. Sebelum back up data awan ini menjadi populer dan menjadi tren untuk back up data saat ini, banyak orang mengandalkan USB Drive untuk menyimpan datanya. Namun banyak kelemahan yang dapat mengancam data-data tersebut jika disimpan di dalam USB Drive, dari virus hingga ...

Cloud storage macam Dropbox memang sangat mengagumkan. Sebelum back up data awan ini menjadi populer dan menjadi tren untuk back up data saat ini, banyak orang mengandalkan USB Drive untuk menyimpan datanya. Namun banyak kelemahan yang dapat mengancam data-data tersebut jika disimpan di dalam USB Drive, dari virus hingga data korup. Maka dari itu sistem komputasi awan ini diciptakan. Meskipun telah menjadi populer, namun masih banyak orang yang belum menggunakan jasa penyimpanan data awan ini, entah mereka tidak tahu akan keberadaan sistem backup data ini atau tidak tahu cara menggunakannya.

Terkadang bagi para pengguna Dropbox menemui kesulitan ketika ingin melakukan backup data mereka menuju ke Dropbox namun Anda sedang tidak memiliki akses ke dalam akun Dropbox Anda. Untuk menjawab permasalahan tersebut, Plimbi memiliki langkah alternatif bagaimana cara melakukan backup data menuju akun Dropbox Anda tanpa harus menggunakan Dropbox atau masuk ke dalam Dropbox itu sendiri. Namun perhatikan bahwa semua layanan yang Plimbi bahas disini dapat bekerja jika Anda melakukan autorisasi agar mereka dapat terhubung dengan Dropbox.

FileStork

FileStork merupakan web based service yang dimana Anda bisa menggunakannya untuk membuat permintaan file yang akan dikirim ke Dropbox. Jika Anda membutuhkan beberapa orang untuk mengirimkan satu atau lebih, dan Anda ingin memberikan akses untuk mengirimkan file tersebut ke dalam akun Dropbox Anda, FileStork dapat melakukannya untuk Anda dan memberikan solusi untuk urusan satu ini.

Dengan menggunakan FileStork Anda dapat membuat permintaan sebanyak satu kali yang dimana permintaan itu akan berakhir ketika Anda selesai mengirimkan file Anda tersebut dan permintaan tidak akan pernah selesai sampai Anda benar-benar menghapusnya. Untuk membuat permintaan pada FileStork ini sangatlah sederhana dan fleksibel dan Anda dapat memutuskan apa jenis file yang Anda kirimkan, jadi uploader yang Anda berikan kepercayaan untuk mengirimkan file ke akun Dropbox Anda tidak akan bisa mengirim file lain yang tidak Anda tentukan. Untuk menggunakan service ini klik di sini.

Sent to Dropbox

Berikutnya datang dari Sent to Dropbox menyediakan cara cepat dan mudah untuk mengirimkan file Anda dari email langsung menuju ke akun Dropbox Anda. Anda bisa menggunakan ini untuk kepentingan Anda sendiri atau mengizinkan orang lain untuk menggunakan email Anda yang khusus digunakan untuk mengirimkan file ke akun Dropbox Anda.

Anda akan mendapatkan alamat Anda sendiri secara otomatis ketika Anda mendaftarkan akun Anda pertama kali dan Anda juga bisa melakukan kontrol atas alamat Anda ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak ada banyak pilihan pada penyedia layanan satu ini, tetapi Anda dapat melakukan kontrol terhadap file yang akan Anda kirim dan file yang Anda kirim ini akan secara otomatis melakukan ekstrak file yang berbentuk zip. Layanan ini bisa Anda rekomendasikan kepada teman atau saudara Anda yang masih belum mengerti tentang penggunaan Dropbox dan menggunakan email sebagai sarana utama untuk berkomunikasi. Untuk menggunakan layanan ini, Anda bisa langsung menuju ke link ini.

DROPitTOme

Jika membuat sebuah permintaan terlalu menambah beban pekerjaan dan menggunakan email selalu menyita waktu, maka Anda bisa menggunakan DROPitTOme untuk membuat URL pribadi Anda dimana Anda atau orang lain dapat meng-upload file secara langsung ke Dropbox Anda. Jika ini terdengar mengkhawatirkan bagi Anda, maka tidak perlu khawatir, Anda bisa mengatur sandi untuk URL yang Anda gunakan dan hanya orang yang tahu saja yang bisa menggunakan akses upload ini.

Perlu ditekankan bahwa selain memberikan autorisasi ke Dropbox Anda, Anda juga harus memiliki akun untuk layanan ini secara terpisah dan ini adalah satu-satunya fitur yang membuat layanan ini sedikit merepotkan untuk digunakan. Anda tidak akan mendapatkan folder atau mengaturnya dengan cara apapun, namun layanan ini cukup nyaman digunakan karena Anda akan memiliki URL Anda sendiri dan Anda bisa membagikannya kepada orang lain untuk meng-upload file langsung ke Dropbox Anda. Untuk menggunakan layanan ini, Anda bisa langsung menuju ke link ini.

URL Droplet

Jika Anda sedang tidak memiliki akses untuk menuju ke Dropbox Anda, akan tetapi ingin berbagi file, entah bagaimana caranya Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Untuk mengatasi masalah ini, URL Droplet memiliki solusi untuk hal satu ini dengan memungkinkan Anda untuk langsung menuju ke URL download file Anda dimanapun Anda berada tanpa mengharuskan Anda terkoneksi ke akun Dropbox Anda. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan URL dan klik Save setelah Anda melakukan autorisasi atas akun Dropbox Anda. Hal ini tentunya dapat menghemat waktu Anda. URL Droplet juga mampu melacak file yang sudah diunduh dan sebagian yang masih dalam antrian. Untuk menggunakan layanan ini, bisa langsung menuju ke link ini.

sideCLOUDload

Jika dilihat sekilas, layanan ini terlihat tidak begitu mengesankan, namun dengan menggunakan layanan ini Anda dapat mengirim file Anda langsung ke Dropbox atau email Anda baik meng-upload dari komputer Anda atau mengunduhnya langsung melalui URL. Salah satu fitur plus dari layanan ini adalah Anda dapat mengontrol nama file yang Anda unduh dan Anda dapat membuat folder khusus sebagai tempat file yang Anda unduh tadi. Beberapa nilai plus lainnya pada layanan ini adalah Anda dapat membuat beberapa pengaturan dan mendapatkan bookmarklet.

Bila Anda menggunakan bookmarklet, sebuah jendela pop up akan muncul yang dimana Anda bisa menyisipkan URL dan sideCLOUDload secara otomatis akan terbuka. Untuk menggunakannya, Anda bisa langsung menuju ke link ini. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel