Delapan Robot Cerdas Bartender Yang Siap Melayani Manusia

16 Jul 2013 15:00 3403 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Robot saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Yang pada awalnya masih sebagai pengganti tenaga manusia dipabrik kini makin menyerupai manusia. Ada robot untuk diajak berbincang-bincang, mengerjakan pekerjaan rumah, binatang peliharaan, misi penyelamatan, bahkan ada yang bisa melakukan semua gerakan manusia seperti Masimo buatan Honda.

Robot saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Yang pada awalnya masih sebagai pengganti tenaga manusia dipabrik kini makin menyerupai manusia. Ada robot untuk diajak berbincang-bincang, mengerjakan pekerjaan rumah, binatang peliharaan, misi penyelamatan, bahkan ada yang bisa melakukan semua gerakan manusia seperti Masimo buatan Honda. Robot cerdas ini semakin mempermudah pekerjaan manusia.

Kali ini kita akan membahas 8 robot cerdas yang mungkin akan mengusik pekerjaan bartender di bar-bar. Robot-robot ini diklaim bisa menghasilakn perpaduan minuman yang mampu mengimbangi hasil perpaduan minuman dari bartender profesional. Bagaimana robot bisa mengenali minuman dan memadunya dengan cermat? Mari kita lihat robot-robot apa saja yang bisa melakukannya.

Wine Bot

Robot lucu berwarna hijau ini diperkenalkan tahun 2006 lalu. Sebutan untuk robot ini adalah robot sommelier karena dengan spektometer dia bisa merasakn Wine. Kemudian referensi rasa yang ada pada database robot ini membuatnya mampu mengenali banyak rasa Wine dan jenisnya. Bukan hanya itu, dengan database yang telah deprogram untuknya dia juga bisa memberikan rekomendasi makanan yang cocok untuk setiap jenis Wine.

Robot cerdas ini cocok untuk membuat teman Anda kagum dengan anggur dan makanan pasangannya yang direkomendasikan Wine Bot. Namun dia dikhususkan untuk Wine untuk minuman lain dia tidak berguna, apalagi minuman daerah.

Lazy Drinker

Lazy Drinker mungkin adalah robot yang paling cocok menjadi robot bartender karena penampilan sederhananya, tetapi jangan tertipu. Lazy Drinker serangkaian tabung yang dihubungkan ke botol minuman keras plus dengan kerannya. Ditambah software Kontrol penggeraknya dan tekanan CO­2 yang membuatnya mampu menuangkan minuman. Dan dibandingkan dengan manusia, dia membuat koktail lebih cepat walau rasanya lebih buruk dari koktail buatan bartender profesional .

My Fountain XL

Sama seperti Lazy Drinker, robot cerdas ini mampu menuangkan minuman secara otomatis. Tetapi, My Fountain XL dibuat lebih mewah dan berdesain elegan. Robot ini dibangun di atas minifridge dengan dan di isi dengan 12 jenis minuman keras. Resep minuman dapat di masukkan dan deprogram melalui layar sentuh pada robot ini atau dari online. Mesin menuangkan minuman kedalam gelas dan membersihkan nosel (tempat gelas diletakkan) dengan air untuk siap membuat koktail berikutnya. Cocok untuk dirumah yang membuat serasa berada di masa depan. Tetapi tampilan layar sentuhnya berdesain Windows XP, membuatnya serasa ketinggalan jaman.

 

Baca juga :

                    Robot Cerdas yang Ingin Menyelamatkan Hidup Anda

                    "Kobushi Shindan," Tes Kepribadian Ala Jepang dengan Mengepalkan Tangan

 

Grippy Lego Hand

Grippy Lego Hand atau yang dikenal sebagai Max Shepard's Lego merupakan robot dengan bentuk tangan. Robot ini mampu mengankat minuman dengan berat beberapa pound saja. Cukup untuk minuman seperti koktail dan wine tetapi tidak untuk bir berukuran besar atau botol Vodka. Adukan bartender ini cukup mulus, ya semulus gerakan sebuah robot.

Table Robot

Laksmi-Do Cormporation Table Robot adalah sebuah butlerbot yang membawa minuman kepada Anda. Dari tahun 2009, robot ini dikendalikan oleh remot kontrol dan terlihat seperti Sagway. Berjalan dengan dua roda kucil dengan mulus. Nampan kecilnya bisa diletakkan benda seberat 5Kg dan tidak akan terjatuh.

Ball Balancing Bot

Dirancang oleh para peneliti di Universitas Tohoku Gakuin, Jepang dan robot ini memiliki footprint yang sangat kecil. Itu berfungsi sebagai alat penyeimbang untuk roda bola yang dimilikinya dan dapat merubah arah kemanapun. Roda bola ini juga berguna untuk meyeimbangkan wadah naman yang terbuat dari kaca. Sebelum bekerja atau bergerak dia bisa berfungsi sebagai meja biasa. Anda bisa menyusun tumpukan gelas diatasnya.

Bar2-D2

Robot-robot sebelumnya lebih kepada satu bagian bar saja, misalnya tangan robot yang membuat minuman, meja robot pembawa minuman, pembuat minuman. Bar2-D2 merupakan robot yang menggabungkan semua fungsi tersebut. Dibuat oleh salesmen yang juga hoby pada robot dan minuman. Bar2-D2 dapat membuat bir, koktail, dan mengirimnya ke orang yang membutuhkan minuman. Sebagai tambahan, dia juga memberikan es.

Batris

Batris adalah robot yang membuat Anda bermain video game untuk mendapatkan minuman. Kita memainkan semacam tetris dengan block dengan kode warna dan tugas kita mencocokkannya. Ada tiga warna yang tersedia yaitu coklat untuk coke, abu-abu untuk rum dan biru untuk air. Permainan Anda buruk maka Batris akan menuankan minuman dengan air putih rasa coke dengan setetes rum. Selain itu juga ada jenis game Mario Tetris dengan cara bermain yang berbeda. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel