Bocoran Cara Instal Codec untuk Windows 8

15 Jun 2012 13:00 5756 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sistem operasi yang sedang banyak dibicarakan saat ini salah satunya adalah Windows 8, Windows 8 sendiri merupakan produk baru dari jenis sistem operasi milik perusahaan Microsoft yang rencananya versi Final nya akan dirilis pada akhir Oktober 2012. Meskipun saat ini Windows 8 masih dalam tahap pengembangan yaitu Windows 8 Consumer Preview dan juga Windows 8 Release Preview nyatanya kedua versi dari Windows 8 tersebut telah ...

Sistem operasi yang sedang banyak dibicarakan saat ini salah satunya adalah Windows 8, Windows 8 sendiri merupakan produk baru dari jenis sistem operasi milik perusahaan Microsoft yang rencananya versi Final nya akan dirilis pada akhir Oktober 2012. Meskipun saat ini Windows 8 masih dalam tahap pengembangan yaitu Windows 8 Consumer Preview dan juga Windows 8 Release Preview nyatanya kedua versi dari Windows 8 tersebut telah diunduh lebih dari 1 juta unduhan oleh para penggunanya. Sementara Codec berkaitan erat dengan kompresi dan dekompresi, dan codec sendiri merupakan sebuah singkatan dari "Compressor-Decompressor" atau sering juga disebut "Coder-Decoder," yaitu sebuah aplikasi atau program yang mampu mentransformasi sinyal atau aliran data. Codec juga dapat merubah stream atau mengubah sinyal ke dalam bentuk yang telah ter-"encode" (biasa dipakai pada transmisi, storage, enkripsi data) kemudian diterima, atau dapat men-"decode" bentuk tersebut agar dapat dilihat seta dimanipulasi ke dalam bentuk yang lain.

Codec juga sering digunakan dalam video conference dan teknologi streaming. Codec juga bisa dibilang sebagai sebuah algoritma kompresi yang dipakai untuk mengkompres video pada satu bagian, dengan menggunakan program encoding, dan mendekompresinya pada bagian lain untuk playback contohnya video player seperti VLC, Quicktime atau dengan menggunakan hardware decoder berupa chip yang terdapat pada DVD Player. Pada dasarnya Codec adalah piranti lunak (software) yang membuat video bisa terbaca oleh komputer.

Tanpa Codec yang tepat, baik audio maupun video tidak bisa dimainkan di komputer. Pernahkah Anda ketika sedang membuka file berjenis video dan audio pada komputer ataupun notebook namun file tersebut tidak dapat dibuka atau dilihat?, penyebabnya adalah ada codec pada komputer dan notebook Anda yang tidak lengkap, maka dari itu disini Paseban akan membahas mengenai cara instal codec Windows 8 menggunakan salah satu pengembang milik Shark007 developer yang situsnya bisa diakses pada alamat [link berikut ini.]

Berikut ini adalah Cara instal codec pada Windows 8: - Pastikan bahwa sistem operasi yang Anda gunakan adalah Windows 8.

- Anda harus mempunyai terlebih dahulu file instalernya , file dengan ukuran sekitar 15 Mb tersebut dapat diunduh secara gratis di situs resminya [berikut ini].

- Setelah itu silahkan instal dengan cara "Run As Administrator”, cara instalnnya pun mudah sama seperti menginstal aplikasi-aplikasi pada umumnya.

- Setelah selesai, jika program Windows 8 codec tersebut meminta untuk menghidupkan ulang (restart) komputer ataupun notebook, silahkan lakukan.

- Setelah Anda menghidupkan ulang komputer ataupun notebook, maka semua codec tersebut telah terinstal pada sistem operasi Windows 8 Anda dan Anda pun sekarang bisa memutar berbagai jenis tipe file video maupun Audio.

- Adapun contoh jenis codec yang didukung oleh Windows 8 Codec milik Shark yakni H264 / AVC, hi10p / 10bit codecs , amr, mpc, ofr, divx, mka, ape, flac, evo, flv, m4b, mkv, ogg, ogv, ogm, rmvb, xvid. Semua tipe file yang disebutkan tadi dapat ditambahkan pada Windows Media Player menggunakan klik kanan.

Berikut ini adalah yang membedakan dan keunggulan codec milik Shark dengan aplikasi codec lainnya:

- Full color thumbnails termasuk jenis tipe file FLV's dan juga 10bit MKV's

- Mendukung fitur Preview Pane untuk semua ALL jenis file tipe baru seperi jenis file MKV dan FLV.

- Properties Explorer pada Windows 8 akan ditampilkan untuk file non natives seperti file bertipe MKV dan FLV

- Anda akan diberikan notifikasi jika terdapat versi codec terbaru

- Memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi Power DVD 12 decoders 32bit LiveTV

- Mendukung penggunaan Xbox360 pada Windows 7 sebagai tambahan ketika sedang memutar file bertipe MKV. - Memungkinkan pengaturan Single Click pada Audio Bitstreamed

- Mendukung pemutaran dari MOD audio file dan juga M4A yang mengadang tipe ALAC (Apple Lossless Audio Codec)

- Mendukung pembuatan playlist untuk digunakan pada Windows 8 Media Center

- Memungkinkan pengguna untuk Mengaktifkan/Non-Aktifkan codecs yang diinstal pada sistem operasinya

- Mendukung 'Add to Windows Media Player List' menggunakan klik kana pada berbagai jenis tipe file Audio dan Video. Nah, demikianlah tips cara instal codec pada Windows 8, dan juga sedikit informasi yang dapat Paseban berikan, semoga dapat bermanfaat dan wawasan bagi Anda yang sudah membacanya dan dapat membagikannya pada orang lain. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel