Tips & Trik Bagi Anda Pemakai Modem Huawei 153

15 Jun 2012 16:30 22067 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di antara Anda para pengguna Stick USB Modem pasti pernah mengalami permasalahan dalam mendapatkan sinyal, ketidak stabilan sinyal sering terjadi meskipun Anda sedang berada pada area sinyal 3G, WCDMA atau HSDPA. Apa yang mmenyebabkannya?

Akses internet dewasa ini sangat mudah untuk didapatkan. Tidak seperti beberapa tahun yang lalu kita harus bergantung pada sebuah pesawat telepon jika kita ingin memiliki akses internet di rumah atau kita harus pergi terlebih dahulu ke tempat penyedia jasa internet hanya untuk berselancar di dunia maya. Berangsur-angsur penggunaan internet mengalami kemajuan, mulai dari ditemukannya jaringan internet nirkabel hingga penggunaan internet yang hanya membutuhkan sebuah modem yang berevolusi memiliki ukuran kecil yang sering disebut dengan Stick USB Modem. Berbicara tentang Stick USB Modem, kali ini Plimbi akan mengulas tentang seluk beluk dan tips untuk modem Huawei 153 bagi Anda yang saat ini menggunakan modem jenis tersebut.

Pengaturan Agar Mendapatkan Sinyal 3G HSDPA atau WCDMA

Di antara Anda para pengguna Stick USB Modem pasti pernah mengalami permasalahan dalam mendapatkan sinyal, ketidak stabilan sinyal sering terjadi meskipun Anda sedang berada pada area sinyal 3G, WCDMA atau HSDPA. Di mana ditandainya dengan kondisi sinyal yang tiba-tiba turun menjadi EDGE atau lebih parahnya GPRS yang setara dengan koneksi yang dimiliki oleh ponsel kebanyakan.

Hal ini dikarenakan oleh adanya pengaruh dari sifat modem yang hanya mencari sinyal terkuat. Jika pada daerah Anda sinyal yang kuat adalah EDGE dan sinyal 3G sangat minim, maka sinyal yang akan dipilihnya adalah sinyal EDGE. Entah apapun jenis jasa layanan internet yang Anda gunakan, jika sinyal yang paling kuat di kawasan Anda adalah EDGE, maka sinyal EDGE lah yang akan dipilih atau bahkan GPRS.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda hanya perlu melakukan sedikit pengaturan terhadap modem Anda agar modem tidak menghiraukan sinyal EDGE atau GPRS yang tersedia di kawasan Anda dan tetap memaksa untuk menggunakan sinyal 3G atau WCDMA meskipun tergolong minim namun dapat membantu melancarkan koneksi internet. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pada aplikasi atau software modem tersbut, pilih menu Tools lalu pilih Options.

  2. Setelah Anda memilih menu Options, maka Anda akan dihadapkan pada jendela Options lalu pilih menu Network yang terletak pada bagian sebelah kiri menu.

  3. Setelah Anda memilih menu Network, maka Anda akan melihat dua buah tab sub menu yang masing-masing berisi Network Type dan Regristation Mode. Pilih tab Network Type.

  4. Pada Network Type, Anda akan melihat sebuah drop down list yang berisi empat macam jenis koneksi yang bisa Anda pilih, maka Anda bisa memilih sinyal 3G Only atau HSDPA Only atau WCDMA Only sesuai apa yang disediakan pada menu drop down list tersebut. Jika sudah, maka klik tombol OK untuk menyimpan pengaturan tersebut. Pilihan sinyal antara 3G, HSDPA atau WCDMA tergantung pada ketersediaan pada modem Anda. Setiap modem memiliki jenis sinyal yang berbeda beda.

Setelah melakukan sedikit pengaturan pada modem tadi, maka Anda bisa mencoba koneksi internet Anda dan lihat apakah ada perbedaan sinyal yang saat ini Anda gunakan dengan sinyal yang Anda gunakan sebelumnya atau tidak.

Cara Menginstal Modem Huawei Pada Sistem Operasi Ubuntu

Kebanyakan artikel tentang topik pengaturan atau pemasangan modem internet dikhususkan untuk para pengguna sistem operasi Windows. Pada kenyataannya banyak pengguna lain yang tidak menggunakan sistem operasi Windows, seperti contohnya Ubuntu. Sistem operasi yang satu ini memiliki banyak pengguna saat ini, dan kebanyakan pun modem yang disediakan oleh beberapa vendor hanya men-support sistem operasi Windows dan Mac, lalu bagaimanakah cara menginstal modem pada sistem operasi Ubuntu ini? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tancapkan modem USB Anda ke port USB pada laptop atau komputer Anda.

  2. Buka terminal pada Ubuntu lalu ketik #lsusb.

  3. Pastikan bahwa modem yang Anda tancapkan pada komputer atau laptop Anda sudah terdeteksi oleh komputer atau laptop.

  4. Setelah modem Anda tedeteksi dengan terminal lsusb, maka langkah selanjutnya adna tinggal membuka edit connections yang bisa ditemukan pada bagian toolbar kanan atas desktop Ubuntu.

  5. Setelah itu, Anda masuk ke dalam tab mobile broadband, lalu klik tab Add.

  6. Pilh jenis modem yang Anda gunakan.

  7. Setelah Anda memilih jenis modem yang Anda gunakan, Anda tinggal memilih negara dan konfigurasi jaringan sesai dengan provider yang Anda gunakan, jika tidak menemukannya, Anda bisa melakukannya secara manual pada tab mobile broadband pada jendela network connections.

  8. Setelah Anda melengkapi beberapa pengaturan tersebut, maka Anda bisa melakukan koneksi ke internet dan biasanya ditAndai dengan teks bahwa Anda telah terkoneksi dengan internet pada desktop Ubuntu.

[PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel