Infogr.am - Buat Informasi Grafis Unik Anda Menggunakan Infographic Tools Satu Ini

13 Jun 2012 18:00 6370 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Di media massa seperti surat kabar atau majalah, infographic biasanya digunakan untuk menginformasikan keadaan cuaca atau grafisi statistik data sebuah kejadian. Dapat dikatakan, pembuatan infographic tidaklah semudah menyusunnya dalam sebuah desain sarat informasi dan data.

Seseorang pada jaman dahulu harus memiliki kemampuan retorika yang baik untuk menguasai proses komunikasi massa untuk menyampaikan sebuah pesan kepada publik. Serangkaian teknik retorika, agitasi, dan penguasaan diksi yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap pesan itu sendiri. Saat ini, di era ruang-ruang telah dipenuhi oleh beragam simbol dan pengaruh-pengaruh modernisasi, sebuah tampilan pesan akan sangat berpengaruh. Penetrasi seni visual tampak telah memasuki hampir segala bidang kehidupan. Begitupun dengan penampilan informasi yang dedesain dengan berbagai pemolesan visual grafis agar saat proses penyampaian atau presentasi, publik akan tertarik memperhatikannya.

Infomation graphic atau kerap disebut infographic merupakan salah satu tren yang tengah diadopsi oleh banyak orang saat ini. Infographic merupakan representasi secara visual yang berisi informasi, data dan pengetahuan. Melalui media infographic ini, para ahli di berbagai bidang dapat mengembangkan dan menyampaikan sebuah konsep menggunakan beragam simbol untuk memproses informasi yang aka disampaikan. Di media massa seperti surat kabar atau majalah, infographic biasanya digunakan untuk menginformasikan keadaan cuaca atau grafisi statistik data sebuah kejadian. Dapat dikatakan, pembuatan infographic tidaklah semudah menyusunnya dalam sebuah desain sarat informasi dan data. Dibutuhkan infographic tools yang benar-benar harus dikuasai agar mendapatkan desain presentasi yang menarik. Jika secara manual Anda harus membuat desain tersebut menggunakan seperangkat aplikasi seperti Adobe Photoshop, Illustrator, dan lainnya. Kali ini, Anda dapat mencoba membuat hal tersebut secara online melalui media bernama infogram.

Infogram merupakan infographic tools yang menawarkan pembuatan bagan atau grafik dengan desain yang menarik. Anda dapat mengeksplor berbagai daftar desain informasi grafis yang unik langsung dari laman infogr.am. Ada beragam gambar dan template menarik yang mampu mengundang banyak orang untuk memperhatikannya berdasarkan animasi yang disisipkan pada infographic yang telah dibuat. Di dalamnya Anda dapat menggunakan banyak opsi desain, termasuk penyisipkan banyak simbol dan lainnya. Anda dapat memasukkan data yang berada dalam lembar-lembar digital dan dimasukkan ke dalam aplikasi ini. Selain itu, Anda dapat memindahkan data dari komputer ke dalam laman web inforgram.

Laman infogr.am ditampilkan dengan desain yang sederhana namun memiliki tampilan interface yang memberikan pengarahan pada Anda cara menggunakan aplikasi ini. Beberapa ikon sederhana akan menggiring Anda untuk mengetahui setiap fungsi dan opsi pengaturan. Setelah menyelesaikan grafik, Anda dapat memilih berbagai tema desain agar informasi dan data yang telah dikumpulkan tampil menarik serta unik. Untuk mulai mengerjakan bagan infographic melalui infogr.am, Anda dapat dapat melakukan log ini terlebih dahulu ke dalam website baik menggunakan akun Twitter maupun Facebook pribadi.

Cara Membuta Infographic

Setelah masuk ke dalam laman website, klik tombol New Infographic. Selanjutnya pilihlah daftar template infographic sesuai selera dan kebutuhan Anda dan klik tombol Use It. Langkah selanjutnya adalah memasukkan teks, kutipan dan bagan yang sebelumnya telah Anda kumpulkan terlebih dahulu. Untuk bagan, Anda dapat memasukkan data tersebut dari data Microsoft Excel yang berada di dalam komputer atau memasukkannya secara manual. Jika merasa sudah cukup puas dengan data dan tampilan grafis yang dipergunakan, klik tombol Publish yang berada di bagian kanan atas untuk mempublikasikan infographic buatan Anda melalui web.

Langkah-langkah mudah tersebut dapat dilakukan secara online. Dengan begitu, infogr.am dapat dikatakan sebagai infographic tools seperti halnya aplikasi Adobe Photoshop dan Illustrator. Bedanya, Anda cukup melakukannya dengan cara sederhana dan mudah melalui website. Keunggulan infogram dibandingkan dengan layanan pembuatan informasi grafis lainnya adalah penggunaan desain-desain yang dirancang oleh para desainer profesional.

Sementara aplikasi lainnya hanya melayani pembuat informasi grafis menggunakan lembar-lembar kerja tradisional. Pasalnya, proses penyampaian informasi atau presentasi pesan yang hendak diberikan kepada publik harus memiliki tampilan yang menarik. Oleh sebab itu infogram adalah salah satu layanan pembuatan informasi grafis terbaik saat ini. Terlebih dengan umurnya yang terbilang baru, popularitas situs ini terus menunjukkan hal positif.

Infogram dapat dimanfaatkan oleh siapa saja dan tidak memungut biaya. Anda tidak perlu melakukan proses pembayaran apapun untuk membuat infographic yang Anda inginkan. Seluruh fitur yang terdapat di dalam layanan online ini dapat diakses dengan cara masuk menggunakan akun jejaring sosial Anda seperti Twitter. Situs inipun melayani penyimpanan data agar Anda dapat melanjutkan pembuatan infographic di lain waktu.

Namun, hingga saat ini belum ada informasi apakah aplikasi ini akan diperjual belikan dan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk menggunakan layanan ini. Infogram merupakan media yang sangat baik bagi siapapun yang membutuhkan pembuatan bagan presentasi sederhana secara online. Oleh sebab itu layanan ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai orang dengan kebutuhan berbeda. Guru, dosen, mahasiswa, pebisnis, dan lainnya dapat memanfaatkannya saat membutuhkan media informasi yang dikemas secara unik.

Anda dapat mengerjakan informasi grafis dengan empat pilihan layout dan tampilan berbeda. Aplikasi ini pada dasarnya memberikan pengguna kustomisasi untuk mengerjakan infographic secara efektif. Infogr.am sendiri didirikan pada bulan Februari tahu 2012 oleh Uldis Leiterts dan Raimonds Kaze. Hingga saat ini layanan ini telah mendapatkan komentar yang positif dan ulasan dari beragam penggunanya. Tertarik menggunakan layanan pembuatan infographic unik ini? Anda dapat mulai mengerjakannya di sini. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel