Tips Trik Android: Meningkatkan Keamanan Perangkat

29 May 2013 23:30 2049 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sudah saatnya pengguna Android lebih memperhatikan keamanan pada perangkatnya masing-masing. Selain menggunakan aplikasi kemanan, tips trik Android berikut bisa dilakukan untuk meningkatkan keamanan perangkat terutama bagi Anda yang senang mengoprek.

Siapa yang tidak mengenal Android? Sistem operasi untuk perangkat mobile ini menjadi salah satu sistem operasi yang sangat digemari di seluruh kalangan masyarakat di seluruh dunia. Sistem Android yang terlalu terbuka, di mana setiap orang bisa mengembangkan segala aplikasi dan bisa menempatkannya di Google Play dengan mudah, disebut-sebut sebagai penyebab maraknya malware. Jadi aplikasi bisa muncul di Google Play tanpa melalui proses verifikasi terlebih dahulu, hal inilah yang beresiko pada penyusupnya malware. Melihat fakta enam juta orang telah menjadi korban malware di Android, sudah saatnya pengguna Android lebih memperhatikan keamanan pada perangkatnya masing-masing. Selain menggunakan aplikasi kemanan, tips trik Android berikut bisa dilakukan untuk meningkatkan keamanan perangkat terutama bagi Anda yang senang mengoprek.

Mengaktifkan PIN atau POLA

Proteksi yang paling utama adalah dengan menambahkan pengaman pada ponsel Anda, sehingga ponsel atau tablet Anda tidak disalahgunakan oleh tangan tangan jail di sekitar Anda. Oleh sebab itu, tips trik Android pertama Anda wajib memasang fitur pengunci ponsel atau tablet, gunakan password kombinasi angka atau pola pengunci yang sulit ditebak. Walaupun terkesan canggih, sebaiknya jangan menggunakan fitur face unlock karena fitur pengunci ini tergolong paling tidak aman. Kadang ponsel bisa dibuka dengan menggunakan foto. Pada menu Settings|Security pilih Screen Lock. Ada baiknya pilih Pattern dan gambar sebuah rangkaian titik dengan ujung jari pada layar. Jangan lupa mengaktifkan Automatically Lock agar proteksi akses aktif saat perangkat standby.

Memeriksa Hak Akses

Beberapa aplikasi kemanan memungkinkan sebuah audit untuk melacak sebuah aplikasi yang memiliki hak terlalu banyak. Anda dapat melihat hak akses setiap aplikasi di Settings|App. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apakah aplikasi dapat boleh mengakses buku kontak, membangun koneksi internet atau mengirim SMS. Dengan pemeriksaan seperti ini, maka Anda dapat mencegah aplikasi tidak bertanggung jawab merusak atau pun mencuri data data penting di dalam perangkat Android Anda.

 

Baca juga :

                   Bagaimana Cara Orang Bisa Membobol Keamanan Wi-Fi? Ini Penjelasannya

                   Review Asus H170—Pro Gaming Motherboard

 

Jangan Pilih Setting Auto Connect untuk Wi-Fi

Masuklah ke dalam menu Wireless & Network > WiFi Setting > nonaktifkan fungsi auto connect untuk WiFi. Banyak WiFi yang tanpa Anda sadari ketika memanfaatkan fasilitas ini memungkinkan data Anda disalin, jadi ada baiknya Anda berhati-hati membuka halaman seperti internet banking saat menggunakan WiFi. Waspada adalah kunci utama dalam tips trik Android untuk meningkatkan keamanan diri Anda sendiri.

Backup

Rajin melakukan backup data saat ini smartphone sudah seperti komputer yang bisa masuk kantong. Anda pasti memiliki data penting di dalamnya, kontak penting atau foto-foto liburan yang penuh kenangan bersama pacar atau teman. Pasti akan sangat menyedihkan bila data-data tersebut secara tidak sengaja terhapus, untuk itu lakukanlah backup data Anda secara rutin. Banyak aplikasi di Google Play yang menawarkan solusi backup data Android, baik lokal backup maupun melalui layanan cloud storage. Jika melakukan lokal backup di SD card, jangan lupa untuk membuat salinannya di komputer.

Update Aplikasi & Software

Cobalah berhati-hati terhadap situs mobile yang dipenuhi oleh iklan. Situs seperti Facebook dan Twitter memiliki versi yang sudah dioptimalkan untuk mobile, tapi ada kemungkinan juga situs seperti Facebook dan Twitter mungkin sudah dimasuki spam. Tapi yang perlu kamu waspadai adalah berhati-hati terhadap aplikasi gratis yang memiliki banyak iklan. Anda juga harus menjaga sistem operasi ponsel up-to-date dengan memungkinkan update otomatis atau update menerima ketika diminta dari penyedia layanan, penyedia sistem operasi, produsen perangkat, atau penyedia aplikasi. Dengan menjaga sistem operasi saat ini, Anda mengurangi resiko terhadap ancaman cyber.

Menggunakan Aplikasi Anti Maling atau Pencuri

Aplikasi semacam ini bisa menjadi solusi saat Android hilang atau dicuri. Biasanya aplikasi ini bekerja dengan langsung mengunci sistem dari jarak jauh agar tidak bsia digunakan. Jika beruntung, Anda bisa melacak kembali Android yang hilang. Atau paling tidak, data yang berada didalamnya tidak bisa dilihat atau disalah gunakan oleh orang lain.

Atur Penggunaan Koneksi Internet

Untuk menghindari login yang tidak diinginkan ke sebuah hotspot yang tidak jelas keamanannya, aktifkan koneksi wireless hanya jika digunakan saja. Aturlah posisi slider yang tepat untuk Wi-Fi dan Bluetooth di menu Settings. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel