Yuk, Install Aplikasi Android di BlackBerry!

31 May 2013 12:00 55247 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Saat ini Android merupakan sistem operasi mobile terbesar di dunia, tak mengeherankan jika banyak sekali game dan aplikasi Android yang tersedia di Android Market (Google Play). Pertanyaan sekarang apakah bisa kita install game dan aplikasi Android di BlackBerry? Misalkan kita install aplikasi Android di BlackBerry Dakota 9900, BlackBerry Tourch 2 ataupun BlackBerry Curve 3G? Jawabannya tentu saja tidak bisa.

Saat ini Android merupakan sistem operasi mobile terbesar di dunia, tak mengeherankan jika banyak sekali game dan aplikasi Android yang tersedia di Android Market (Google Play). Pertanyaan sekarang apakah bisa kita install game dan aplikasi Android di BlackBerry? Misalkan kita install aplikasi Android di BlackBerry Dakota 9900, BlackBerry Tourch 2 ataupun BlackBerry Curve 3G? Jawabannya tentu saja tidak bisa. Seperti kita ketahui, game dan aplkasi Android berekstensi APK sedangkan aplikasi untuk BlackBerry berekstensi Jar, Jad, Cod ataupun Alx.

Tapi, bagi Anda pengguna BlackBerry Playbook dan BlackBerry Z10, boleh berbangga karena di BlackBerry Plabook dan BlackBerry Z10 OS 10 bisa install aplikasi dan Game Android. BlackBerry Z10 sendiri adalah smartphone terbaru dari jajaran BlackBerry. Smartphone ini berbeda dengan keluaran BlackBerry sebelumnya. Ini dikarenakan sistem operasi BlackBerry10 ini menggunakan basis dari QNX. Jadi dengan basis platform ini, banyak sekali aplikasi-aplikasi BlackBerry10 yang bisa diporting dari Android.

Beberapa pengguna BlackBerry10 bisa menikmati aplikasi terkenal semacam Instagram, Path dan masih banyak lagi di BlackBerry10 mereka. Kali ini kami akan memberikan semacam panduan bagaimana install aplikasi Android di BlackBerry Z10 kita.

Ada berbagai macam cara untuk proses Convert APK to BAR, bisa menggunakan teknik HaTax, memakai program seperti BlackBerryHTool ataupun program BlackBerry Packager for Android yang direlease resmi oleh RIM. Setelah file .apk di cover ke .bar selanjutnya kita bisa langsung install aplikasi atau game tersebut ke BlackBerry Playbook/Sideload menggunakan tool seperti DDPB Installer. Hal yang dibutuhkan untuk install aplikasi Android di perangkat BlackBerry Z10 adalah untuk sistem operasi Windows. Kemudian ikuti petunjuk2 di bawah ini

  • Download dan Install Java Runtime Environment untuk PC
  • Download dan Install DDPB installer
  • Download dan .BAR / .ZIP files alreadyconverted

Untuk Versi Windows

Siapkan smartphone BlackBerry 10 Andauntuk dihubungkan ke development, atau dikenal sebagai modus pengembang. Untuk memperoleh akses ke pengaturan ini, silahkan Anda ke pengaturan, keamanan serta privasi development mode.

  • Sesudah Anda masuk development mode, tampilan user development mode on. Nasum Anda bisa mengaktifkannya bila ingin segera masuk atau matikan untuk sekali menggunakan.
  • Hubungkan BlackBerry 10 ke komputer/laptop Anda. Bila BlackBerry 10 Anda telah mempunyai BlackBerry Link, disitu akan terliaht jendela aktif kemudian jalankan.
  • Selanjutnya, jalankan program DDPB yang sudah Anda download dari PC tadi. Sesudah itu install dan masuk ke alamat IP BlackBerry Anda dimana terlihat development IP (link scan). Sebaiknya password disamakan dengan proses development mode, agar tidak mudah lupa.
  • Untuk proses selanjutnya Anda bisa mengawali install tetapi file dapat dikonversi sebelum saat Anda download. Saat ini klik add selanjunya akan muncul jendela file DDPB.
  • Cukup browse file ke tempat ingin Anda simpan file tersebut. Sesudah ditambahkan, silakan geser ke bagian depan untuk mencetang file dapat Anda install. Sesudah selesai, klik install dan Anda sudah berhasil menginstall aplikasi Android di BlackBerry 10 Anda.

 

Baca juga :

                    BlackBerry Android itu Bernama BlackBerry Priv

                    Review Motherboard Asus Z170 Pro Gaming: 3 Slot PCI-Express, Dukungan DDR4, dan SATA Express

 

Untuk Versi Mac

  • Sebelum Anda memulai untuk menginstall aplikasi Android di BlackBerry 10, pastikan PC Mac OS Anda up to date ke versi terbaru.
  • Download Playbook Tools.
  • Unzip file/ user/ direktori (direktori ini umumnya digunakan sebagai username)
  • Pindahkan file dari playbook tools libfolder ke direktori playbook tools
  • Untuk selanjutnya masukkan BlackBerry 10 ke mode developer dengan amsuk ke setting keamanan serta privasi development mode. Cermati alamat IP perangkat Anda, Anda bisa mengubahnya bila Anda inginkan. Anda dapat memperoleh pemberitahuan di Hub saat development mode diaktifkan. Anda akan diminta untuk memasukkan password di sini maka Anda tidak boleh lupa passwordnya.
  • Pada proses selanjutnya, silakan Anda cari file (.bar) untuk aplikasi yang Anda ingin install (masih banyak pilihan). Setelah download, pindahkan file (.bar) ke direktori playbook tools.
  • Sesudah itu hubungkan BlackBerry 10 ke Mac via USB.
  • Buka aplikasi terminal pada Mac. Layar terminal akan menampilkan selama garis :new-host-2 : adamzeis $.
  • Lalu tulis cd playbook tolls serta tekan enter.
  • Tulis ke terminal :java-jar-xmx512 bardeploy.jar-install app – perangkat device_ip-sandi device password appname. Ar. Pastikan untuk menambahkan alamat IP serta password perangkat Anda serta beri nama dari file bar.
  • Silakan Anda perhatikan apa yang berlangsung pada proses selanjutnya.
  • Aplikasi Android Anda telah berhasil di install di BlackBerry 10.
  • Anda bisa menonaktifkan development mode serta password sesuai keinginan Anda.

Bagaimana? Mudah bukan? Semua tutorial di atas merupakan hasil pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber. Selamat mencoba. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel