Archie, Mesin Pencari Pertama Di Dunia

29 May 2013 19:30 4582 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dalam perjalananya banyak yang mati di tengah jalan karena tidak mampu bersaing. Seperti search engine pertama di dunia yang bernama Archie.

Anda mungkin sudah mengenal banyak mesin pencari dari awal lahirnya internet hingga sekarang, yang popular seperti AOL, Yahoo pada tahun 1994-an dan Google pada tahun 1998 hingga kini. Namun dalam perjalananya banyak mati di tengah jalan karena tidak mampu bersaing. Seperti search engine pertama di dunia yang bernama Archie. Sepertinya tidak banyak yang mengenal mesin pencari ini, apalagi Negara kita termasuk Negara yang telat masuk internet karena Orde Baru.

Mesin perncari ini sudah cukup tua, umurnya sekitar 23 tahun sudah. Dan Archie tidak melakukan update setelah dua dekade. Mesin pencari ini menawarkan pengalaman pencarian yang sangat berbeda dengan mesin pencari lainnya. Walau sudah jadul, tetap saja beberapa sistem yang digunakan dalam mencari tetap berguna digunakan saat ini.

Mengenai Archie

Archie diambil dari Archive karena mengikuti standar penamaan Unix, nama ini berasal dari Alan Emtage yang pada saat itu kuliah di McGill University di Montreal. Alan menciptakan nama ini pada tahun 1990, ketika World Wild Web belum ada saat itu ada banyak network kecil yang dijadikan tempat untuk hosting file. Mesin pencari ini merupakan mesin pencari sederhana yang membuat index dari daftar server FTP yang bisa dia temukan. Dengan begini, pengguna bisa menemukan file untuk umum yang bisa mereka download. Ini cara yang bagus untuk menemukan file karena sebelumnya orang menemukan file hanya dari mulut ke mulut saja.

Kesan Pertama

Salah satu tempat yang masih menyediakan mesin pencari ini sebagai mesin pencari adalah Universitas Warsaw. Dengan mesin pencari ini Anda bisa mencari file publik di server FTP serta website-website regular Polandia. Dengan mesin pencari ini yang paling banyak dicari orang adalah file-file linux karena file Linux yang didapat dari ini adalah file Linux yang masih belum tercemar update atau perubahan (default). Ada tombol More Result, bila diklik memberikan hasil pencarian terbanyak sebelumnya. Dan itu juga belum di-update, file yang ditampilkan adalah file tahun 2001.

Kostumisasi Pencarian

Walau merupakan mesin pencari yang jadul, dia masih memberikan beberapa fitur penyesuaian pencarian Anda. Misalnya, Anda bisa memilih opsi pencarian “Anonymous FTP” dan “Polish Web Index”. Anda juga bisa mencari dengan beberapa opsi di bawah:

- Sub String (semua file yang memiliki bagian kata kunci yang Anda cari)

- Exact (file yang benar-benar sama dengan kata kunci)

- Regular [removed] pencarian biasa

Anda juga bisa mengatur sensivitas dari pencarian, juga bisa mengatur agar hasil pencarian tidak terlalu jauh dari kata kunci. Ada juga fitur yang mengembalikan nama file yang dicari tetapi tidak tahu URL-nya. Dari sini Anda bisa langsung mendownload file tersebut tanpa melalui website aslinya. Fungsi ini sedikit aneh, mengapa mesin pencari ini tidak langsung menunjukkan URL websitenya karena hasilnya sama saja.

 

Baca juga :

                    Kiddle, Mesin Pencari Aman untuk Anak

                   UMi Super, Smartphone Berlayar Super AMOLED dengan bodi tanpa bezel pertama dari UMi

 

Advance Option

Ada beberapa parameter yang bisa Anda atur untuk menemukan file yang spesifik sesuai kata kunci Anda karena begitu banyak file yang Ada di internet. Parameter ini termasuk untuk kemampuan:

- Mengubah cara penggunaan spasi Anda menjadi “To” atau “Anda”

- Membatasi hasil pencarian agar cocok dengan directori

- Mencocokkan hasil pencarian dengan directori Anda

- Membatasi pencarian ke domain tertentu seperti .com .edu .id dan lain sebagainya

- Menetapkan lama waktu pencarian

- Mengatur pencarian berdasarkan hits (bila Anda tidak menggunakan mode exact)

- Mengatur jumlah karakter yang cocok dengan kata kunci

Kesimpulan

Ini adalah mesin pencari pertama di dunia, dibuat berdasarkan kebutuhan pengguna internet waktu itu. Memang masih banyak kekurangan yang ada pada search engine ini. Tetapi kala jamannya dia menjadi primadona pengguna internet, meskipun demikian di Polandia ternyata masih banyak yang menggunakan mesin pencari ini terutama mahasiswa IT. Linux adalah pencarian favorit mereka, ini mungkin salah satu yang menjadi dasar mesin pencari saat ini.

Sayang tidak di semua Negara mesin pencari ini ada, untuk merasakannya Anda harus ke Polandia atau Anda bisa mendapatkan filenya dan menerapkan mesin pencari ini di kantor atau sekolah Anda. Ini bisa menjadi pelajaran besar bagi developer saat ini, belajar dari sejarah banyak hal yang menjadi pertanyaan kita ternyata ditemukan di sejarah.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel