Cerita Perjalanan Hidup Sang Pendiri Intel Corp - Robert Noyce

30 May 2013 11:30 3639 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Cerita Perjalanan Hidup Robert Noyce barangkali dapat menjadi inspirasi bagi Anda, begitu banyak hal menarik yang dapat kita pelajari darinya

Cerita perjalanan hidup pendiri perusahaan teknologi besar Intel, Robert Noyce. Dibalik ketenaran Intel, ada sebuah nama yang sangat menarik untuk dibahas. Robert Noyce, sang pendirinya merupakan seorang lelaki kelahiran 12 Desember 1972 yang lahir di Burlington, Amerika Serikat. Ia kemudian lahir dan besar di sana. Bakatnya dalam ilmu pengetahuan alam dan matematika sudah nampak ketika ia duduk di bangku SMA dan ketika ia meneruskan studynya di Grinnell College pada jurusan fisika. Anak dari pasangan Ralph Brewster Noyce dan Harriet May Norton ini lulus dari Grinnell High School pada tahun 1945 dan pada tahun yang sama pula ia berhasil melanjutkan pendidikannya ke Grinnell College. Selain berbakat pada pelajaran matematika dan ilmu pengetahhuan alam, ternyata Robert Noyce juga memiliki bakat renang, musik dan drama. Tahun 1949, ia berhasil meraih gelar BA dari Grinnell College untuk jurusan fisika dan matematika.

Perjalanan Pendidikan

Gelar doktornya didapatkan dari Massachusetts Institute of Technology di tahun 1953 dan kemudian bekerja di Philco Corporation menjadi insinyur peneliti yang ditempatkan di Philadelphia, Pennsylvania. Cerita perjalanan hidup Robbert Noyce kembali dipenuhi warna ketika pada tahun 1953 tersebut, ia menikahi Elizabeth Bottomley. Namun, beberapa tahun kemudian mereka resmi bercerai.

Ia sempat bekerja sama dengan William Shockleey dengan debuah divisi dari Beckman Instrumen yang bernama Shockley Semiconduktor Laboratory. Namun kemudian ia memutuskan kerjasama tersebut pada 1957.

Pada tahun 1968, bersama dengan Gordon E. Moore, Robert Noyce berhasil mendirikan perusahaan yang kemudian diberinya nama Intel Corp. Awalnya Intel didirikan dengan nama NM Electronics dimana NM merupakan singkatan dari Noyce dan Moore. Dari sanalah kemudian Robert Noyce menjabat sebagai presiden direktur dan CEO, sedangkan Gordon E. Moore menjadi wakil presiden direktur eksekutif. Selain menjadi pendiri Intel Corp, Robert Noyce juga menjadi salah satu pelopor pengembangan semikonduktor yang menemukan sirkuit terpadu yang sampai saat ini telah digunakan oleh hampir seluruh peralatan listrik. Cerita perjalanan hidup Robert Noyce ini juga telah dikenal sebagai bagian dari revolusi dunia elektronik.

Di awal-awal berdirinya Intel, Noyce dan seluruh jajaran Intel sedang berupaya untuk membuat terobosan untuk memperbanyak jaringan penggunaan komputer pribadi yang mereka mulai pada sekitar tahun 1970. Penemuan pertamanya adalah mikroprosesor yang juga mereka sebut sebagai salah satu produk yang paling revolusioner dalam sejarah manusia. Tentu saja bukan hal yang mudah untuk bisa mencetuskan penemuan ini. Sebab Intel mencoba untuk terus memegang satu langkah yang kuat untuk semakin mencerdaskan chipnya dan mengurangi ukuran serta memberi kekuatan pada tenaga komputer.

Cerita perjalanan hidup Robert Noyce kembali bermakna. Sebab sebuah perusahaan milik Jepang menginginkan untuk bekerjasama dengan Intel. Intel diminta untu membuat rangkaian chip untuk kalkulator genggam agar dapat menyelesaikan hitungan rumit yang sekiranya hanya dapat diselesaikan dengan menggunakan kalkulator atau komputer yang berukuran besar. Nyatanya dari permintaan tersebut, Insinyur Ted Hoff malah menemukan gagasan untuk menghubungkan empat chip sekaligus satu chip yang kuat di tengahnya. Lantas, dari rancangan tersebut, Hoff kemudian menempatkan central processing unit di sebuah chip tunggal. Lantas chip inilah yang kemudian menjadi mikroposesor 4004.

 

Baca juga :

                    Biografi Sir Alex, Legenda Pelatih Manchester United

                    "Kobushi Shindan," Tes Kepribadian Ala Jepang dengan Mengepalkan Tangan

 

Percintaan dan Karir

Pasca perceraiannya dengan Elizabeth Bottomley, ia kembali menemukan pasangan hidupnya, Ann Schmeltz Bowers yang juga bergelar Ph.D dari University of Santa Clara. Robert Noyce dan Ann Scmeltz Bowers menikah pada November 1974.

Prestasinya tak berhenti di Intel saja. Seban Robert Noyce juga menjadi penerima medali dari Institute Franklin, Stuart Ballatine pada pengembangan sirkuit terpadu. Masih pada bidang yang sama, di tahun 1978, kembali Robert Noyce menerima penghargaan Brunetti Cledo. Medali kehormatan dari IEEE diterimanya pada tahun 1978. Dan di tahun berikutnya, yakni tahun 1979, National Medal of Science juga dianugerahkan kepadanya. Cerita perjalanan hidup Robert Noyce kembali menuai penghargaan dari Presiden Ronald reagen, National Medal of Techonogy diterimanya di tahun 1987.

Noyce juga merupakan pemegang 16 hak paten Robert Noyce pada metode semikonduktor, perangkat dan strukturnya, aplikasi dari photoengraving untuk semikonduktor serta menyebar persimpangan isolasi untuk IC. Serta hal yang berkaitan dengan skema interkoneksi logam. Noyce wafat di Seton Medical Center, Austin, Texas pada Juni 1990. Setelah sebelumnya terkena serangan jantung di kediamannya. [NAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel