Tips Membeli Flashdisk yang Baik dan Bagus

1 Jun 2012 17:00 5792 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pada dasarnya, langkah awal tips membeli flashdisk adalah dengan memperhatikan body flashdisk. Jangan memilih yang terlalu besar karena khawatir akan mengganggu penggunakan usb lain yang berdekatan.

Menyimpan data merupakan salah satu alasan banyak orang memilih untuk menambah perangkat PC, laptop maupun gadget yang dimiliki. Hal ini dikarenakan kapasitas penyimpanan bawaan yang tersedia sering kali dirasa kurang dari kebutuhan pemilikinya. Kebutuhan atau total ukuran data yang ada lebih besar dari kapasitas memori internal.

Banyak tempat penyimpanan data yang sering diburu. Mulai dari yang termahal hingga yang termurah, kapasitas besar hingga yang kecil dan mulai dari yang hanya dibutuhkan sebagai tambahan penyimpanan data tanpa repot harus dibawa keluar rumah hingga yang portable atau mudah dibawa kemanapun seperti flashdisk yang mayoritasnya pasti memiliki hardware ini.

Flashdisk merupakan hardware yang bisa digunakan untuk menyimpan data di luar memori internal. Flashdisk berukuran kecil dan mudah dibawa ke mana saja, selain itu juga memiliki kapasitas yang beragam. Ada yang hanya berkapasitas 1GB hingga 32GB. Harganya pun beragam. Biasanya tergantung oleh besarnya kapasitas yang ada.

Banyak yang belum mengetahui bahwa tidak semua flashdisk merupakan flashdisk bagus. Bagus bukan berarti murah atau merk terkenal. Ada baiknya Anda memperhatikan beberapa aspek sehingga bisa menjadi flashdisk yang sesuai dengan keinginan Anda sebelum memutuskan untuk membelinya.

Pada dasarnya, langkah awal tips membeli flashdisk adalah dengan memperhatikan body flashdisk. Jangan memilih yang terlalu besar karena khawatir akan mengganggu penggunakan usb lain yang berdekatan. Namun ada baiknya Anda juga tidak memilih yang terlalu kecil karena saat ini sudah banyak flashdisk yang berukuran sangat mini bahkan tanpa rangka body. Hal ini bisa saja mengganggu jika Anda lupa meletakkannya. Sulit dicari karena terlalu kecil.

Selanjutnya, pilihlah flashdisk sesuai kebutuhan Anda. Anda harus bisa menentukan digunakan untuk jenis data seperti apa nantinya. Jika Anda hanya ingin menyimpan file dalam bentuk Microsoft Office saja, maka Anda mungkin bisa leluasa memilih kapasitas flashdisk. Namun jika, Anda bertujuan untuk menyimpan data foto, musik, file program, bahkan video, Anda harus membeli flashdisk dalam kapasitas besar tentunya.

Tidak hanya masalah kapasitas memori yang dipertimbangkan, tapi juga siapa Anda. Anda yang sering berpergian jauh dan berada di lingkungan yang tidak selalu biasa, sebaiknya juga mempertimbangkan hal ini. Flashdisk harus lebih kuat, lebih tahan air, atau bisa lebih siap dalam menghadapi berbagai suhu.

Perhatikan juga masalah kecepatan. Pilih flashdisk bagus yang memiliki kemampuan kecepatan transfer data yang bisa kompatibel dengan kemampuan transfer data USB. Ini akan mempercepat aktivitas transfer data Anda, baik dari PC /laptop ke flashdisk ataupun sebaliknya. Apalagi untuk transfer data dalam ukuran besar.

Merk mungkin bukan satu-satunya jaminan suatu flashdisk bisa dikatakan sebagai flashdisk bagus. Jika Anda ingin mendapatkan flashdisk bagus yang sudah terrekomendasi, maka jangan hanya terpaku pada merk terkenal. Perbanyak referensi dengan mencari tahu flashdisk bagus yang bisa Anda miliki. Pada forum-forum internet saat ini banyak sekali yang sudah merekomendasikan flashdisk yang mungkin bisa memenuhi kriteria yang Anda cari.

Fitur dan beberapa software saat ini banyak yang sudah dibandrol pada flashdisk baru. Anda boleh saja memilih flashdisk yang memiliki fitur khusus seperti antivirus, chip pengontrol, atau program lainnya. Tapi mungkin Anda tak perlu terjebak dalam hal ini. Pada kasus tersebut, sebaiknya fokus pada perangkat dan driver flashdisk Anda. Carilah flashdisk yang drivernya kompatibel dengan perangkat PC atau laptop Anda. Atau, pilih flashdisk yang customare care-nya bisa Anda temukan dengan mudah. Hal ini sebagai tindakan antisipasi jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan bantuan service center untuk flashdisk Anda.

Jangan lupa untuk mengecek beberapa aksesoris bawaan jika Anda membeli flashdisk dengan banyak aksesoris. Anda juga harus teliti sebelum membeli. Jangan sampai ada cacat yang tidak Anda ketahui ketika membeli flashdisk tersebut. Cek terlebih dahulu dengan membawa laptop Anda akan lebih baik lagi, namun jika sulit dan merepotkan, maka telitilah. Semoga tips membeli flashdisk di atas bisa membantu Anda dalam memilih flashdisk bagus yang sesuai dengan kebutuhan Anda. [ZH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel