Tips dan Trik Komputer : Cara Memilih Kartu Grafis Sesuai Kebutuhan Anda

29 May 2013 18:00 3191 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips dan trik komputer kali ini akan membahas tentang VGA card atau kartu grafis. Kartu grafis kini telah menjadi kebutuhan utama sebuah komputer. Tidak hanya untuk bermain games tetapi juga untuk kebutuhan kerja seperti kerja grafis, video editor, ataupun kebutuhan multimedia lainnya. Kartu grafis terus  berkembang  dan menawarkan banyak pilihan .

Tips dan trik komputer kali ini akan membahas tentang VGA card atau kartu grafis. Kartu grafis kini telah menjadi kebutuhan utama sebuah komputer. Tidak hanya untuk bermain games tetapi juga untuk kebutuhan kerja seperti kerja grafis, video editor, ataupun kebutuhan multimedia lainnya. Kartu grafis terus  berkembang  dan menawarkan banyak pilihan . Dua kubu yang selalu berhadapan AMD dan Nvidia terus berbenah dan bersaing dengan menawarkan teknologi dan fitur yang berbeda-beda. Agar bisa memilih kartu grafis sesuai kebutuhan, maka harus diperhatkan hal-hal berikut ini. 

Mengenal Kode Seri

Tips dan trik komputer berkenaan dengan memilih kartu grafis yang paling penting adalah mengenal kode atau seri sebuah produk kartu grafis. Pengguna  awam seringkali dibuat bingung dengan penggunaan kode atau penamaan pada kartu grafis Nvidia atau AMD. Padahal rumusnya sangat mudah. Untuk kartu grafis Nvidia, produk yang beredar sekarang kebanyakan terdiri dari dua atau tiga huruf dan diikuti dengan tiga angka. Misal GTX 660, GTX 570, dan GT 440. Tipe GT lebih rendah kemampuannya dibandingkan tipe GTX. Sedangkan untuk kode angka yaitu angka pertama adalah simbol dari generasi. Angaka pertama 6 berarti mrupakan kartu grafis genrasi keenam atau yang lebih baru dibandingkan 5 dan 4. Sedangkan dua angka dibelakang melambangkan tingkatan kemampuan dari kartu grafis tersebut. Untuk produk AMD sistem yang digunakan adalah empat angka dengan penambahan kode HD didepannya. Misalnya HD 4650, HD 5570, HD 6850, HD 7890. Pada produk AMD angka pertama menggembarkan seri teknologi dari kartu grafis tersebut. Teknologi  dengan angka depan 7 berbeda fabrikasinya dengan angka enam dan lima. Angka kedua melambangkan kinerja grafis tersebut dan dua angka terakhir melambangkan skor dari kinerja grafis tersebut. Tips dan

Kemampuan  GPU

Tips dan trik  komputer  tentang memilih kartu grafis  yang pertlu diperhatikan selanjutnya adalah kemampuan GPU atau graphic processing  unit. GPU adalah chip yang terdapat pada sebuah kartu grafis. Mirip dengan CPU pada motherboard , GPU merupakan dapur pacu  dalam sebuah kartu grafis.  Kartu grafis AMD dan Nvidia memiliki chip GPU dengan teknologi dan arsitektur  yang berbeda. Keduanya punya kelebihan. Nvidia ungul dengan fitur Phsyx yang membuat tampilan gambar lebih jernih. AMD pun kini  memiliki fitur serupa, yaitu TressFX. Bedanya TressFX hanya menampilkan grafis games yang lebih detail. Selain itu, GPU Nvidia lebih optimal untuk editing video sementara AMD  unggul dalam hal memutar video. Namun hasil tersebut belum bersifat umum untuk semua jenis produk.

 

Baca juga :

               Cara Bersihkan Komputer dalam Waktu 20 Menit

               Review Motherboard Asus Z170 Pro Gaming: 3 Slot PCI-Express, Dukungan DDR4, dan SATA Express

 

Memori

Selanjutya tips dan trik  komputer mengenai pemilihan kartu grafis yang sesuai kebutuhan adalah menilik lebih dalam tentang memori salam sebuah kartu grafis. Memori sebuah kartu grafis  yang beredar saat ini memiliki dua tipe yaitu  GDDR3 dan GDDR5. Tentu saja kualitas GDDR5 lebih baik karena merupakan teknologi yang lebih baru dibandingkan GDDR3. Selain itu kapasitas memori pun patut diperhatikan. Kapasitas kartu grafis yang beredar  saat ini banyak jenisnya, mulai dari kapasitas sebesar 512MB sampai pada 6GB. Untuk kebutuhan game yang beredar saat ini, kartu grafis dengan memori 1G dan 2G sudah sangat mencukupi. Namun jika resolusi monitor lebih tinggi dari 1920×1080, sebaiknya gunakan kartu grafis  kelas atas dengan kapasitas memori yang lebih besar.

Konektor Daya

Kartu grafis kelas atas umumnya membutuhkan daya tambahan. Hal ini karena kartu grafis akan bekerja ekstra sehingga memerlukan konektor daya terpisah dari pencatu daya atau Power supply.  Jika Anda ingin bermain games  yang tidak membutuhkan grafis tinggi sebaiknya memilih kartu grafis yang tidak membutuhkan daya tambahan. Apalagi jika Anda memperhitungkan listrik di rumah. Namun jika listrik dan dana tidak menjadi masalah bagi Anda, pilihlan kartu grafis kelas  premium agar pengalaman bermain Anda lebih maksimal. Jika memang Anda memilih kartu grafis dengan konektor daya pastikan pencatu daya yang akan dipakai mendukung konektor daya (6 pin atau  8 pin) untuk kartu grafis.  Tips dan trik  komputer tentang konektor daya ini perlu diperhatikan karena menyangkut pasokan listrik.

Perbandingan Harga

Tips dan trik  komputer mengenai kartu grafis selanjutnya adalah memeperhatikan harga. Hukum harga berlaku umum pada setiap barang yaitu harga yang lebih tinggi memiiliki kemampuan yang lebih tinggi. Namun tidak jarang pula satu jenis produk kartu grafis berbeda harga antara vendor yang satu dengan vendor yang lainnya. Misalnya kartu grafis  AMD HD7790 keluaran  ASUS dengan yang dirilis oleh MSIS akna memiliki perbedaan harga. Perbedaan tersebut disebabkan  keduanya memiliki teknologi yang berbeda (bisa berupa sistem pendingin atau kemampuan GPU yang ditingkatkan) dalam mengemas kembali kartu grafis tersebut

Kesimpulan

Jika Anda akan segera membeli kartu grafis maka hal-hal yang tadi disebutkan perlu diperhatikan. Sangat tidak efisien jika Anda memilih kartu grafis di atas satu juta sementara Anda hanya bermain mini games semacam Zuma, Angry Birds, Dinner Dash, dan sejenisnya. Anda tidak perlu membeli kartu grafis untuk sekadar bermain permainan ringan tersebut. Permainan tersebut dapat dijalankan oleh processor tanpa kartu grafis. Tapi jika Anda akan bermain games kelas atas semacam Crysis 3, Civilization V, Metro 2033, sebaiknya Anda memilih kartu grafis kelas atas, apalagi jika monitor yang Anda gunakan memiliki resolusi yang besar.  Demikianlah tips dan trik  komputer tentang kartu grafis ini.  Mudah-mudahan  bergunabagi Anda dalam memilih kartu grafis yang sesuai dengan kebutuhan. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel