Tips Android ICS: Mengubah Default App Smartphone atau Tablet Android

24 May 2013 23:00 5604 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ada kemungkinan besar Anda akan bosan dengan default app yang telah diatur dan ingin kembali pada tampilan default app bawaan dari smartphone atau tablet Android ICS ataupun bukan. Bila terjadi hal seperti itu, rasanya tidak salah bila Anda langsung mencari berbagai tips Android ICS dan berharap menemukan tips yang bisa mengatasi masalah tersebut.

Sudah menjadi kebiasaan bagi Anda gadget untuk selalu mengatur aplikasi favoritnya menjadi default app atau launcher. Bagi Anda smartphone atau tablet berbasis Android ICS tentunya hanya tinggal menandai use by default for this action dan aplikasi atau launcher pilihan pun sudah menjadi default app atau launcher. Akan tetapi, ada kemungkinan besar Anda akan bosan dengan default app yang telah diatur dan ingin kembali pada tampilan default app atau launcher lain baik bawaan dari smartphone atau tablet Android ICS ataupun bukan. Bila terjadi hal seperti itu, rasanya tidak salah bila Anda langsung mencari berbagai tips Android ICS dan berharap menemukan tips yang bisa mengatasi masalah tersebut.

Masalahnya, dengan menandai use by default for this action akan sulit bagi Anda, terutama bagi pemula untuk mengganti aplikasi yang telah menjadi default app dengan aplikasi lain atau kembali pada launcher atau default app bawaan smartphone/tablet Android ICS. Untungnya, terdapat tips Android ICS yang dapat mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah tips mengubah default app smartphone atau tablet Android ICS. 

Nonaktifkan Launcher atau aplikasi yang sedang dipakai

Tips Android ICS mengenai cara mengubah default app pertama adalah dengan menonaktifkan launcher atau aplikasi yang sedang diaktifkan dalam smartphone atau tablet Android ICS. Anda dapat melakukan hal tersebut melalui menu Settings, kemudian pilih Applications. Di dalam menu Applications terdapat aplikasi atau launcher yang Anda maksud. Setelah menemukan aplikasi yang dimaksud kemudian scroll layar ke bawah sampai ditemukan opsi Clear Defaults maka Anda dapat mengganti launcher lama dengan launcher baru yang diinginkan.

Mengatasi opsi Clear Defaults  yang tidak aktif

Untuk mengatasi opsi Clear Defaults yang tidak aktif, bila hal ini terjadi Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat melakukan cara lain yang serupa namun tak sama. Anda hanya perlu mencari aplikasi lain yang fungsinya serupa dengan aplikasi yang ingin dinonaktifkan. Contohnya, Anda hanya perlu menginstall launcher baru yang nantinya akan berfungsi sebagai clear default launcher yang sebelumnya telah dipakai.

Pendeteksian Launcher Baru

Cara mengubah app default memberikan catatan tambahan pada Anda sebagai pengguna pemula bahwa sebenarnya sistem Android ICS secara otomatis dapat mendeteksi launcher baru yang ingin digunakan. Setelah launcher baru tersebut terdeteksi, Anda diharuskan untuk melakukan tap layar pada Home Button. Setelah itu akan muncul opsi kembali yang menanyakan tentang pilihan launcher Android mana yang Anda pilih untuk digunakan pada smartphone atau tablet. Dengan adanya pertanyaan mengenai pilihan tersebut, Anda dapat memutuskan launcher mana yang Anda inginkan sebagai default app atau launcher.

Menggunakan aplikasi Default App Manager Pro

Aplikasi Default App Manager Pro dikembangkan oleh Appiator dan dirilis pada bulan Maret lalu. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah mengubah default app yang diinginkan, bahkan dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengubah default app sesering yang Anda inginkan. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi bebas iklan karena merupakan versi pro. Berbeda dengan Default App Manager Lite yang merupakan aplikasi cuma-cuma yang tidak bebas iklan. Singkatnya, aplikasi ini sangat cocok bagi pecinta Android yang memiliki banyak pilihan aplikasi yang ingin dijadikan default app untuk kemudahan, namun sangat mudah bosan dengan default app yang itu-itu saja.

Aplikasi Default App Manager Pro atau Default App Manager Lite bisa Anda dapatkan di Google Play. Akan tetapi, bila Anda merasa cukup dengan tips mengubah default app yang dilakukan secara manual, maka Anda pun bisa mengikuti langkah-langkah tersebut dengan benar agar proses perubahan default app Android ICS Anda berhasil.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel