Mengenal Lebih Dekat Sistem Operasi Ubuntu

25 May 2012 13:00 4988 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sistem o¬perasi Ubuntu adalah proyek Open Source yang mungkin paling populer. Didukung oleh perusahaan Canonical yang berbasis di Inggris dan juga komunitas besar, membuat pengguna Ubuntu dapat dengan mudah memperoleh bantuan jika menemui kendala dalam menggunakannya. Meskipun didukung oleh perusahaan komersial, Ubuntu adalah sistem operasi gratis. Unduh saja ...

Sistem operasi Ubuntu adalah proyek Open Source yang mungkin paling populer. Didukung oleh perusahaan Canonical yang berbasis di Inggris dan juga komunitas besar, membuat pengguna Ubuntu dapat dengan mudah memperoleh bantuan jika menemui kendala dalam menggunakannya. Meskipun didukung oleh perusahaan komersial, Ubuntu adalah sistem operasi gratis. Unduh saja dan mulai gunakan Ubuntu di PC anda. Canonical memperoleh keuntungan bukan dari menjual Ubuntu, namun dari menawarkan layanan yang berhubungkan dengan Ubuntu ke perusahaan atau organisasi yang membutuhkan dukungan teknis. Nama Ubuntu sendiri berasal dari filosofi Afrika yang kurang lebih bermakna "Saya menjadi seperti ini karena orang lain”. 

Filosofi yang digunakan sebagai nama ini cukup beralasan untuk dipilih. Karena Ubuntu bisa menjadi seperti sekarang karena hasil kolaborasi berbagai orang di seluruh dunia. Sistem operasi Ubuntu sendiri berdasarkan pada proyek Open Source lain, yaitu Debian. Melihat begitu banyak orang yang berkolaborasi sering kali tanpa dibayar untuk menghasilkan produk yang bisa dinikmati semua orang secara gratis, menunjukkan sisi terbaik dari manusia. Manusia adalah makhluk sosial, mereka berbagi satu sama lain untuk kebaikan bersama.

Semua fitur yang anda harapkan dari suatu sistem operasi dapat ditemukan di Ubuntu. Karena aplikasi untuk Ubuntu sebagian besar adalah proyek Open Source, maka anda dapat memperoleh beragam aplikasi dengan gratis. Ada juga beberapa aplikasi closed source yang tersedia untuk Ubuntu, namun tetap tersedia secara gratis. Biasanya aplikasi closed source yang digunakan di Ubuntu berhubungan dengan device drivers yang dibutuhkan oleh perangkat keras agar dapat beroperasi dengan baik. Beberapa codec untuk aplikasi multimedia juga biasanya closed source, seperti mp3 dan video codecs. Semua aplikasi ini, baik yang Open Source maupun closed source dapat diinstal dengan mudah dari satu lokasi, yaitu Ubuntu Software Center yang bisa diakses dari menu utama. Pilihan Aplikasi Ubuntu Software Center menyediakan akses ke beragam aplikasi yang ditawarkan sistem operasi Ubuntu. Buka saja Ubuntu Software Center dari menu yang ada disebelah kiri atas dan mulai cari aplikasi yang diinginkan melalui search bar yang ada di software center. Semua aplikasi dapat diinstal hanya dengan beberapa klik. Berikut ini beberapa aplikasi yang mungkin anda gunakan: 

Berselancar di Internet Semua peramban web populer tersedia untuk Ubuntu. Pengguna bisa memilih Opera, Mozilla Firefox, atau Google Chrome. Bekerja dengan Aplikasi Office Aplikasi office sangat penting bila anda ingin bekerja menggunakan Ubuntu. LibreOffice suite menawarkan segala yang anda perlukan untuk bekerja. Ada word processor (Writer), spreadsheet (Calc), presentasi (Impress), editor grafis (Draw), basis data (Impress), hingga aplikasi yang diperlukan untuk menampilkan formula matematis (Math). LibreOffice menggunakan Open Document Format untuk aplikasinya. Ini adalah format dokumen standar resmi yang diterima oleh organisasi yang mengeluarkan standar internasional, yaitu ISO dan IEC. Ini artinya untuk negara dengan regulasi yang mengharuskan standar untuk dokumen yang digunakan oleh pemerintah bisa memilih LibreOffice untuk kantor mereka. Karena LibreOffice sudah diterima sebagai standar internasional. 

Komunikasi dengan Teman atau Rekan Kerja Aplikasi lain yang diperlukan untuk bekerja atau sekedar berkomunikasi dengan teman adalah email. Mozilla Thunderbird adalah klien email yang tersedia untuk Ubuntu. Aplikasi ini mempunyai semua fitur yang terdapat pada klien email komersial seperti Microsoft Outlook. Selanjutnya ada aplikasi yang diperlukan untuk berkomunikasi seperti Skype. Dengan Skype pengguna bisa melakukan telekonferensi tatap muka begitu juga dengan panggilan telepon melalui Internet. Ada juga aplikasi lain yang menawarkan medium komunikasi berbeda yang bisa dipilih di Ubuntu. Mendengarkan Musik dan Menonton Film Sistem operasi Ubuntu mempunyai segala yang dibutuhkan untuk mendengarkan musik dan menonton film. Rhythmbox adalah pemutar musik yang sekelas dengan aplikasi komersial seperti iTunes. Pengguna bisa menonton film menggunakan aplikasi Movie Player. Aplikasi pemutar VLC yang mendukung beragam codec juga tersedia, jika pengguna ingin menginstalnya dari Ubuntu Software Manager. 

Manajemen dan Edit Foto Kelola foto dengan mudah menggunakan Shotwell. Shotwell adalah aplikasi manajemen foto dimana pengguna bisa mengakses dan menampilkan foto mereka. Jika ingin mengedit foto, gunakan GIMP. GIMP mempunyai fitur editor foto yang mendekati aplikasi komersial seperti Adobe Photoshop Cheese adalah aplikasi untuk mengambil foto dari webcam yang tersedia di Ubuntu. Sistem operasi Ubuntu bisa Anda peroleh dari http://www.ubuntu.com/download. [PN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel