Manfaat Komputer Tablet bagi Anak-Anak

25 May 2012 12:00 5397 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
*Thomas Edison pernah berkata pada tahun 1925 bahwa "buku akan segera usang di sekolah. Para sarjana akan segera mengajar melalui mata". Dan ini bisa jadi adalah apa yang dikatakan orang tentang tablet.* Terdapat pertumbuhan eksponensial dalam kemajuan teknologi pendidikan selama beberapa tahun terakhir ini. Salah satu perangkat yang kini ...

Thomas Edison pernah berkata pada tahun 1925 bahwa "buku akan segera usang di sekolah. Para sarjana akan segera mengajar melalui mata". Dan ini bisa jadi adalah apa yang dikatakan orang tentang tablet. Terdapat pertumbuhan eksponensial dalam kemajuan teknologi pendidikan selama beberapa tahun terakhir ini. Salah satu perangkat yang kini dianggap menjadi sarana pendidikan yang potensial adalah tablet. Komputer tablet lebih kecil dari laptop dan lebih besar dari Smartphone, perangkat ini sangat cocok untuk dibawa kemana saja dan digunakan di mana saja.

Anda dapat browsing internet, membaca buku, bermain game, menonton film, dan banyak lagi. Dalam era modern, komputer tablet dipandang sebagai perangkat besar untuk segala usia, tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak pun dapat mengambil manfaatnya. Jika Anda melihat "budaya anak-anak" dimana mereka tak lepas dari buku, DVD, mainan dan banyak lagi, maka tablet dapat membuat semua itu menjadi satu dalam sebuah perangkat mobile. Dalam dunia elektronik, ada dua jenis orang tua yang menjadi konsumen, yakni mereka yang tertarik untuk membeli komputer tablet untuk anak-anak mereka dan mereka yang menentang keras melakukannya. Untuk kelompok yang terakhir, sebagian besar penolakan yang berasal dari harga. Elektronik, setelah semua, cukup mahal.

Mempertimbangkan seberapa sering anak-anak cenderung untuk menjatuhkan atau menghancurkan sesuatu, menghabiskan jutaan rupiah dalam satu perangkat tentunya bukanlah sebuah investasi. Namun dibalik itu ada banyak manfaat tablet yang bisa dirasakan baik oleh orang tua terutama oleh anak mereka. Dalam sebuah studi di bulan Oktober 2011, PBS menemukan bahwa antara 39 dan 45 persen orang tua dengan anak-anak 2 sampai 10 tahun berpikir teknologi seperti komputer tablet menawarkan anak-anak mereka sarana pendidikan yang potensial , sedangkan hanya 12 sampai 15 persen menganggapnya sebagai gangguan atau tidak lebih dari hiburan. Oleh karenanya jika Anda sedang mempertimbangkan memberikan anak-anak Anda tablet mereka sendiri, maka Anda harus dengan cermat menemukan nilai pendidikan dan hiburan terbaik dari tablet ini terlebih dahulu agar ia benar-benar menjadi sarana pendidikan bagi mereka. Anak-anak kita secara alami suka meneliti, dan komputer tablet adalah cara yang bagus untuk memberi mereka sarana untuk memperluas kreativitas mereka dan membiarkan semangat dan kecintaan mereka terhadap pengetahuan dan belajar untuk tumbuh berkembang. Jika Anda telah berbagi perangkat tablet dengan anak-anak Anda, mereka mungkin menikmatinya sebanyak Anda.

Tablet bisa menjadi sarana pembelajaran dan hiburan bagi anak-anak. Dengan tablet, anak-anak bisa belajar untuk membaca, menulis dan berhitung. Jika Anda mencari di YouTube, terdapat ratusan video dengan bayi yang masih berumur 2 bulan bermain synthesizer virtual, permainan menghitung dan banyak permainan alfabet dengan menggunakan komputer tablet. Dengan tablet, anak-anak juga bisa menonton TV, film dan kartun. Menjadikannya sebagai stasiun media kecil, meninggalkan ruang untuk tv atau komputer di rumah yang seharusnya dapat ditempati. Komputer tablet juga memungkinkan anak-anak bisa bermain game, dan bahkan mewarnai dalam buku mewarnai virtual. Ini membuat anak-anak cepat menjadi nyaman menggunakan tablet, sebagaimana dua Universitas New Hampshire profesor temukan ketika anak-anak belajar menulis dan menggambar dengan menggunakan perangkat tersebut. Meskipun tablet "tidak akan menggantikan media tradisional, seperti spidol dan krayon," menggunakan satu pilihan dapat memotivasi anak dalam proses belajar, bahkan asisten penulis Dr Leslie couse, menambahkan bahwa "anak-anak harus aktif terlibat, dan kita harus mempromosikan teknologi yang memberikan mereka pilihan untuk menggunakan imajinasi mereka.”

Kontrol orangtua adalah pilihan keselamatan penting yang memungkinkan Anda mengontrol situs, aplikasi atau waktu yang anak Anda habiskan pada tablet, dan juga memungkinkan Anda melihat apa yang anak Anda lakukan dengan tablet mereka. Banyak tablet datang pra-load dengan kebanyakan aplikasi untuk anak-anak, aplikasi menghibur dan aplikasi pendidikan. Sebelum Anda puas, Anda dapat melengkapi komputer tablet Anda dengan aneka aplikasi yang sesuai apakah e-book pembelajaran, program matematika dan lain-lain. Anda akan menemukan lebih dari 800 aplikasi khusus dipasarkan untuk anak-anak di iTunes. Intinya Anda benar-benar harus mencari tahu yang terbaik untuk kebutuhan Anak Anda. [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel