Cara Setting GPRS Axis Pada Ponsel dan Modem

21 May 2012 09:00 9829 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Plimbi akan mengulas bagaimana cara setting GPRS Axis pada perangkat ponsel dan modem Anda. Tidak hanya pada ponsel saja, jika Anda menggunakan modem pun Anda harus melakukan setting GPRS Axis agar Anda bisa melakukan *browsing*.

Pada saat kemunculan pertama jasa layanan operator seluler, penyedia jasa layanan ini hanya menyediakan fitur untuk Anda berkomunikasi melalui panggilan ataupun pesan singkat atau yang lebih dikenal dengan SMS. Namun seiring dengan perkembangan waktu dan ditemukannya internet, maka penyedia jasa layanan operator seluler ini mulai membawa internet ke dalam versi mobile dengan jaringan data yang bernama GPRS (General Packet Radio Service) yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke internet dengan menggunakan akses data ini.

Hampir disemua penyedia jasa layanan operator seluler saat ini tak pernah meninggalkan fitur satu ini. Salah satunya adalah Axis. Salah satu operator yang selalu menggalakan promo internet murahnya ini mampu menarik perhatian para pengguna layanan komunikasi seluler di tanah air. Untuk itu pada kali ini Plimbi akan mengulas bagaimana cara setting GPRS Axis pada perangkat ponsel dan modem Anda. Tidak hanya pada ponsel saja, jika Anda menggunakan modem pun Anda harus melakukan setting GPRS Axis agar Anda bisa melakukan browsing.

Berikut ini cara setting GPRS Axis yang dapat Anda ikuti untuk perangkat ponsel Anda maupun modem Anda.

Setting Melalui Layanan OTA (Over The Air)

Salah satu cara untuk melakukan setting GPRS adalah melalui layanan OTA atau panggilan kepada customer care khusus untuk Axis. Cara ini meruapakan cara yang terbilang tidak merepotkan dan praktis. Anda hanya cukup menyebutkan nama dan jenis handset Anda, lalu customer care akan mengaktifkan jaringan GPRS untuk handset dan kartu SIM Anda. Untuk menggunakan layanan ini, Anda cukup melakukan panggilan ke nomor 838.

Setting GPRS Axis Secara Manual

Selain cara prakatis seperti tadi, ada cara secara manual untuk melakukan setting GPRS Axis. Untuk melakukan setting GPRS secara manual, Anda hanya tinggal masuk menuju ke menu utama ponsel Anda. Setelah Anda menemukan atau masuk ke dalam menu utama pada ponsel Anda, langkah berikutnya adalah cari pengaturan atau Settings pada ponsel Anda. Setelah Settings masuk ke Connection lalu menuju ke Acces Points lalu berikutnya menuju ke Option setelah masuk ke dalam menu options, Anda tinggal mencari New Acces Points lalu Use Default Setting, kemudian masukkan beberapa pengaturan seperti di bawah ini:

  • Connection Name : AXISwap

  • Data Bearer : GPRS

  • Acces Point Name (APN): AXIS

  • Username : Axis

  • Prompt Password : No

  • Password : 123456

  • Authentication : Normal

  • Homepage : http://wap.Axisworld.co.id

Setelah Anda memasukkan beberapa data tadi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan pada Advance Setting yang biasanya terdapat pada handset Nokia. Jika pada handset Anda tidak ditemukan atau tidak terdapat Advance Setting, maka Anda tidak perlu mengikuti cara ini. Untuk melakukan Advance Setting GPRS Axis, Anda tinggal memasukkan beberapa data berikut:

  • Phone IP Addres : Automatic

  • Primary Name Server : 0.0.0.0

  • Secondary Name Server : 0.0.0.0

  • Proxy serv. Address : 10.8.3.8

  • Proxy port number : 8080

Setting GPRS Axis Untuk Modem

Selain bisa digunakan untuk aktivitas browsing pada perangkat ponsel, setting GPRS Axis juga bisa digunakan untuk modem. Berikut cara setting GPRS Axis untuk modem:

  • Kita bisa berspekulasi disini bahwa Anda telah melakukan instalasi software atau driver pada modem Anda dan telah memasang kartu SIM aktif Axispada modem Anda.

  • Jalankan driver modem yang Anda gunakan.

  • Cari menu Tools lalu setelah Anda menemukan menu Tools langkah selanjutnya adalah Anda masuk ke dalam menu Options.

  • Di dalam menu Options, cari menu Profile Management, pilih menu tersebut, dan lakukan pengaturan seperti di bawah ini:

    1. Acces Point Name (APN) : Axis

    2. Username : Axis

    3. Password : Axis atau 123456

    4. Phone IP Address : automatic

    5. Proxy Server Address : 10.8.3.8 atau 10.8.1.8

    6. Proxy Port Number : 8080 atau 9201

    7. Home : wap.Axisworld.co.id

  • Setelah Anda melakukan beberapa pengaturan tadi, tutup jendela pengaturan modem Anda, lalu Anda tinggal pilih Connect untuk menghubungkannya langsung dengan internet.

Demikian cara untuk melakukan setting GPRS Axis untuk perangkat ponsel dan modem Anda. Selamat mencoba! [PY]

 

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel