Kenali Beragam Mobile Browser Internet Berikut Ini

15 May 2012 16:30 15738 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mobile browser merupakan salah satu fitur wajib bagi berbagai perangkat mobile saat ini. Kehadirannya memberikan akses instan tersendiri bagi para penggunanya untuk menjangkau informasi melalui laman-laman internet.

Mobile browser merupakan salah satu fitur wajib bagi berbagai perangkat mobile saat ini. Kehadirannya memberikan akses instan tersendiri bagi para penggunanya untuk menjangkau informasi melalui laman-laman internet.

Pada awalnya, fitur yang kerap disebut sebagai mini browser ini didesain untuk menampilkan konten-konten web pada perangkat portable. Mobile browser dapat mengakomodasi kapasitas memori atau bandwith perangkat agar lebih efisien. Dalam perjalanannya, PocketWeb tercatat sebagai browser pertama yang hadir untuk perangkat mobile, tepatnya pada perangkat PDA. Awalnya fitur ini hadir dengan nama microbrowser yang menggunakan teknologi untuk paltform WAP. Setelah itu perkembangan fitur inipun semakin pesat dengan tumbuhnya perangkat mobile serta kebutuhan akses konten yang meningkat.

Biasanya, mobile browser selalu terhubung melalui jaringan internet perangkat seluler ataupun wireless menggunakan HTTP standar dan menampilkan laman-laman yang tertulis dalam HTML, WAP 2.0, atau HDML. Namun, pada tahun 2006 beberapa penyedia layanan mobile browser telah mendukung penggunaan teknologi berbasis CSS 2.1, JavaScript dan Ajax. Dengan begitu, stius-situs yang dapat diakses menggunakan mini browser ini secara otomatis akan ditampilkan dalam versi mobile di setiap lamannya. Untuk mengenal lebih jauh tentang browser untuk perangkat mobile ini, ikuti ulasan berikut.

Opera Mobile dan Opera Mini

Opera Mobile merupakan browser yang dikembangkan oleh Opera Software Company. Awalnya Opera Mobile digunakan untuk perangkat Notebook Psion dan Netbook yang dirilis pada tahun 2000. Browser ini mendukung berbagai web standar dan menggunakan Opera Turbo untuk mengkompresi halaman web melalui software untuk mereduksi ukuran unduhan data. Oleh karena itu, proses kompresi data tersebut memberika peningkatan waktu mengaksesan dan konsumsi bandwidth hingga 80%.

Hingga saat ini Anda dapat memanfaatkan Opera Mobile untuk perangkat yang berjalan pada sistem operasi Android, Windows Mobile, Symbian dan lainnya. Browser ini dapat digunakan menggunakan sentuhan jari ataupun penggunaan stylus pada layar sentuh.

Sementara itu, Opera Mini memiliki umur penggunaan yang lebih muda dibandingkan Opera Mobile. Sama-sama berupa web browser, fitur ini didesain untuk digunakan pada perangkat mobile seperti smartphone, maupun PDA. Awalnya mobile browser ini hadir dengan dukungan platform Java saja. Namun, sejak versinya yang kelima, Opera Mini hadir dalam bentuk aplikasi untuk perangkat Android, iOS, Symbian, Windows Mobile dan lainnya. Browser ini mengambil seluruh konten yang terdapat pada web melalui proxy serve agar dapat memformat ulang data yang cocok untuk diakses melalui layar yang lebih kecil. Proses kompresi ini kemudian membuat proses transfer lebih cepat.

Firefox for Mobile

Para pengguna browser Mozilla Firefox tentunya sudah tidak asing lagi dengan Firefox for Mobile. Browser tersebut dikembangkan untuk digunakan pada perangkat mobile. Sama seperti halnya pada Mozilla, Firefox for Mobile menggunakan mesin rendering dari Gecko. Mesin ini memiliki kemampuan untuk melakukan sinkronisasi dengan pengguna Firefox.

Karena digunakan pada perangkat mobile, tampilan antarmuka mobile browser ini telah didesain ulang untuk mengoptimalisasikan penggunaan layar berukuran kecil. Selain itu, Anda dapat melakukan interaksi melalui layar sentuh. Saat ini Firefox for Mobile tersedia untuk perangkat mobile minimal bersistem operasi Android 2.1. Ada beberapa kekurangan Firefox for Mobile yang sering terjadi seperti proses browsing yang lamban, kurangnya dukungan flash, dan juga kurang mampunya proses render halaman web pada versi dekstop.

Dolphin

Browser Dolphin dikembangkan oleh pengembang Mobotop. Dolphin telah mendukung penggunaan gestur multitouch dan menggunakan mesin rendering dari Webkit. Dengan kemampuan gestur yang menarik, Anda dapat mengakses beberapa situs terkenal seperti Twitter dengan hanya menggerakkan jari membentuk huruf "T" pada layar.

Mobile browser ini hadir untuk perangkat bersistem operasi Android dan iOS dan dikenal dengan fungsi gestur, kecepatan dan juga kemudahan penggunaan. Pada tahun 2011 kemarin, Dolphin mendapatkan rating 5 bintang di App Store dan juga Android Market.

Safari

Seperti halnya Internet Explorer yang dikembangkan oleh Microsoft, Apple Inc pun memiliki mobile browser tersendiri untuk digunakan pada perangkat produksinya. Safari dapat digunakan pada perangkat Mac OS X dan juga iOS.

Mobile browser Safari pertama kali muncul pada tahun 2007 pada perangkat iPhone. Bersamaan dengan itu, Safari telah menggunakan mesin rendering dari WebKit yang mampu memodifikasi fitur yang lebih baik untuk perangkat mobile. Safari memiliki banyak fitur menarik yang dapat diakses melalui perangkat mobile seperti bookmark melalui layanan iCloud dari Apple dan juga telah terintegrasi dengan mesin Nitro JavaScript agar dapat mengakses laman lebih cepat.

Internet Explorer Mobile

Internet Explorer Mobile merupakan mobile browser yang dikembangkan oleh Microsoft. Browser yang kerap disebut sebagai Pocket Internet Explorer ini hadir pada perangkat Windows Phone. Serupa dengan Dolphin, Internet Explorer telah mendukung gestur multitouch dan telah terintegrasi dengan mesin pencari dari Bing. Hingga saat ini, mobile browser ini telah mengalami peningkatan hingga versi sembilan pada bulan Februari 2011 silam. Pada versi terakhir ini Anda akan menemukan perubahan tampilan. Pihak Microsoft banyak menampilkan kemampuan HTML5 seperti kemampuan membaca yang cepat.

Bolt

Mobile browser yang dikembangkan oleh Bitstream Inc ini merupakan browser untuk smartphone yang dapat menjalankan aplikasi Java ME. Saat ini Bolt telah mendukung perangkat berbasis Java MIDP 2 dan CLDC 1.0. Selain itu, Bolt pun mampu mengoptimalkan kemampuannya untuk perangkat smartphone BlackBerry. Sementara itu, Anda pun dapat memanfaatkan mobile browser ini pada perangkat mobile berbasis Android, dan Windows. [MS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel