Steven Sinofsky - Sang Pencipta Windows 8

8 Apr 2013 13:15 4283 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Steven Sinofsky merupakan tokoh sentral dibalik pembuatan sistem operasi Microsoft terbaru Windows 8, seperti apa perjalanan Steven Sinofsky serta sepak terjangnya? Simak ulasan profilenya hanya untuk pembaca setiap Plimbi.

Microsoft adalah perusahaan di bidang perangkat lunak yang kinerjanya tidak diragukan lagi. Baru-baru ini, perusahaan raksasa tersebut merilis sistem operasi Windows 8. OS terbaru itu resmi di-launching pada 26 Oktober 2012. Tampilannya unik dan mengusung tema modern user interface lewat gaya kotak-kotaknya. Windows baru ini sekaligus sebagai penyegaran untuk OS-OS sebelumnya terutama seri keluarga. Microsoft pun mendapat ide untuk mengikut sertakan Windows 8 dalam pasar OS mobile salah satunya Windows Phone 8. Sebagai generasi terbaru, Windows 8 memiliki tampilan dan sistem yang lebih mutakhir. Tidak hanya itu, microsoft juga menyediakan toko aplikasi online. Windows generasi terbaru ini ditemukan dan di-desain oleh Steven Sinofsky. Pencipta Windows 8 ini mengawali karirnya di microsoft sejak Juli 1989 ini, adalah Presiden Divisi Windows sejak 2009. Alumni Universitas Cornell ini, mendapatkan gelar master ilmu komputer dari Massachusetts Amherst University tahun 1989.

Ia dikenal juga sebagai editor blog Enginering Windows dan sempat belajar di Rusia selama 3 tahun. Pria, yang pernah dipromosikan sebagai asisten teknis Bill Gates ini, pernah berperan dalam pengembangan Microsoft Foundation ClassesC++. Program tersebut adalah library untuk Microsoft Visual C++ dan Windows. Jika sistem windows ini sukses di pasaran, pencipta windows 8 Steven Sinofsky berkesempatan menjabat CEO di microsoft saat Steve Ballmer pensiun.

Namun, veteran ini telah mengambil keputusan untuk berhenti dari sang raksasa OS. Ia juga tidak membenarkan rumor-rumor yang berkaitan dengan keputusannya untuk mundur. Sebagai gantinya, Microsoft menunjuk Julie Larson-Green. Microsoft memiliki harapan yang besar untuk kesuksesan Windows 8. Apple dan Google telah siap bersaing dengan perusahaan raksasa ini. Kegagalan Windows 8 di pasaran akan berakibat sepinya pengguna OS ini terutama untuk tablet. Selain Apple dan Google, persaingan juga datang dari Android, iOS, dan Mac OS.

Windows dan Microsoft Office merupakan karya terbesar Microsoft yang telah mendunia. Sebagai bagian dari Microsoft, Sinofsky telah berkontribusi besar dalam pengembangan Ms. Office 95, Ms. Office 97, Ms. Office 2000, dan Ms. Office 2003. Tidak hanya itu, pengembangan Office 2007 juga dipercayakan pada pria kelahiran 1965 ini. Jabatan Senior Vice President (2006) dan presiden Divisi Windows (2009) pun pernah disandangnya. Office 2007 telah sukses di pasaran dan mampu menyediakan format file yang efisien. Contoh format filenya adalah .docx, .xlsx, dan .pptx. Tidak mengherankan jika produk ini terbilang revolusioner dengan ribbon user interface.

Kiprah Sinofsky Memimpin Divisi Windows dan Windows Live Sejak 2009

Pria, yang menerima gelar sarjana pada tahun 1987, ini juga menunjukkan kemahirannya dengan memimpin tim pengembangan Windows Vista. Salah satu anggota tim tersebut adalah Jon DeVaan yang juga merupakan petinggi Microsoft. Nasib Vista di pasaran memang tidak seberuntung OS sebelumnya. Steven Sinofsky mendapat tugas untuk menenangkan pengguna Widows Vista. Kegelisahan pengguna cukup beralasan mengingat adanya permasalahan dan kendala dalam pengoperasian Windows ini.

Steven Sinofsky kembali menunjukkan inovasinya dengan mendesain Windows 7. Proyek pertama sang eksekutif ini sukses di pasaran dan mendapat banyak pujian dari pengguna atas keandalan dan kinerja OS ini. Karyanya ini mampu menghapus keraguan dan menghilangkan trauma yang ditinggalkan oleh Vista. Penemuannya ini berhasil mendongkrak pendapatan Microsoft pada 2010.

Kesuksesan Windows 7 dipasaran menggerakkan StatCounter sebagai lembaga riset untuk melakukan survei. Periode survei ditentukan dari Juni 2011 hingga 2012 di bulan yang sama. Hasil survei tersebut cukup mengejutkan karena pengguna OS ini di dunia mencapai 50,2 % dari seluruh pengguna OS. Sementara itu, pendahulunya, Windows XP memperoleh dukungan dari pengguna OS sebesar 29%. Di tempat ketiga adalah Windows Vista dan diikuti Mac Os (produk Apple).

Tidak hanya berperan dalam pengembangan OS, Steven Sinofsky juga aktif menyeleksi dan merekrut pekerja untuk Microsoft. Pembuat design shared technologies ini mencegah pekerjanya agar tidak beralih ke Google. Selain berkarir di Microsoft, Pria pelontos ini juga mengembangkan elektronik Outlook.com dan SkyDrive. SkyDrive adalah media penyimpanan data dan dokumen di internet. [MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel