Cara Mendapatkan Ruang Gratis via Penyimpanan Data Online

1 Apr 2013 09:00 3715 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Penyimpanan data online atau *cloud storage* menawarkan ruang penyimpanan gratis yang minim untuk setiap orang yang mendaftar, namun Anda bisa mendapatkan yang lebih. Anda dapat meng-*upgrade* drive awan dengan beberapa gigabyte penyimpanan gratis dengan beberapa langkah mudah.

Penyimpanan data online atau cloud storage menawarkan ruang penyimpanan gratis yang minim untuk setiap orang yang mendaftar, namun Anda bisa mendapatkan yang lebih. Anda dapat meng-upgrade drive awan dengan beberapa gigabyte penyimpanan gratis dengan beberapa langkah mudah. Misalnya hanya dengan mengajak teman-teman Anda menggunakan layanan penyimpanan awan tersebut.

Ruang penyimpanan gratis yang Anda peroleh menggunakan metode ini tidak akan berakhir. Anda akan memiliki ruang penyimpanan selamanya, atau paling tidak sampai layanan tersebut memutuskan untuk menghentikan cara tersebut. Untuk ruang penyimpanan data online gratis yang maksimum, gunakan beberapa layanan cloud storage dan gunakan masing-masing penyimpanan gratisnya. Anda bisa memiliki hingga lebih dari 100GB ruang penyimpanan gratis jika Anda menggunakan penawaran tersebut.

Dropbox Dropbox memulai dari 2GB penyimpanan gratis, namun layanan penyimpanan data ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih dari 20GB tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan beberapa ruang penyimpanan gratis di Dropbox:

  •  Refer Friends: Ajak teman Anda menggunakan Dropbox dan Anda akan mendapatkan tambahan 500MB penyimpanan gratis setiap kali teman Anda membuat akun setelah mengikuti tautan Anda, maksimal 16GB dengan cara ini.
  •  Camera Upload: Mengaktifkan fitur Camera Upload pada ponsel atau komputer untuk mengunggah foto secara otomatis ke Dropbox. Jika Anda melakukan ini, Anda akan mendapatkan hingga 3GB penyimpanan gratis.
  •  Sosial Media: Anda bisa mendapatkan 125MB untuk menghubungkan akun Facebook dan Twitter ke Dropbox, mengikuti Dropbox di Twitter, dan memberikan umpan balik ke Dropbox. 
  •  Take the Tour: Jika Anda belum pernah menelusuri Dropbox ketika membuat akun, Anda bisa memulainya dan mendapatkan 250MB penyimpanan gratis.
  •  Berpartisipasi dalam Scavenger Hunts and Beta Tests: Dropbox telah menjalankan "Dropquest” di mana pengguna bisa mendapatkan penyimpanan gratis dengan memecahkan puzzle. Layanan ini juga memberikan 5GB penyimpanan bagi pengguna yang berpartisipasi dalam pengujian beta fitur baru.

SkyDrive Microsoft SkyDrive tidak menawarkan program referral atau cara lain untuk menghasilkan penyimpanan gratis saat ini. Namun, layanan penyimpanan data online ini hadir dengan 7GB ruang penyimpanan secara default, lebih dari yang ditawarkan Google Drive dan Dropbox. Menjadi Past SkyDrive User, jika Anda menggunakan SkyDrive sebelum peluncurannya pada tanggal 22 April 2012, Anda bisa meng-*upgrade* akun SkyDrive dari 7GB menjadi 25GB. Jika Anda memiliki akun Microsoft lama yang pernah digunakan pada SkyDrive, coba periksa apakah akun tersebut memiliki 25GB penyimpanan yang tersedia.

Google Drive Google Drive tidak memiliki program refferal, sehingga Anda tidak bisa mendapatkan penyimpanan gratis tambahan. Anda hanya akan memiliki penyimpanan standar 5GB, kecuali Anda ingin membayar untuk penyimpanan tambahan. Namun, beberapa file tidak dihitung untuk batas penyimpanan Anda. Gunakan Google Docs, file yang Anda simpan dalam format Google Docs (dokumen, spreadsheet, dan presentasi) tidak dihitung dalam batas penyimpanan Anda. Jika Anda memiliki dokumen dalam format lain, seperti format Office atau OpenDocument, maka Anda bisa mengkonversinya ke file Docs dan Anda bisa membebaskan beberapa ruang. Penyimpanan 5GB Anda sebenarnya dibagi antara Google Drive dan Google+ Photos (sebelumnya Picasa Web Albums). Namun, foto dan video dibawah ukuran tertentu tidak dihitung dalam batas penyimpanan Anda.

Dengan kata lain, Anda bisa menyimpan foto dan video tersebut dengan gratis dan tidak terbatas. Google memiliki informasi lebih tentang jenis foto dan video yang bisa Anda simpan secara gratis. Untuk mendapatkan lebih banyak ruang, cobalah untuk menyusutkan atau menghapus beberapa foto. Chromebook hadir dengan bonus penyimpanan Google Drive yang cukup besar. Ini tidak gratis Anda harus membeli Chromebook, namun jika Anda sangat menginginkanya Anda bisa mendapatkan 100GB penyimpanan Google Drive secara gratis untuk dua tahun dengan membeli Chromebook Samsung Series 3. Anda juga bisa mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 1TB selama tiga tahun dengan membeli Chromebook Pixel.

Ubuntu One Ubuntu One termasuk 5GB ruang penyimpanan untuk semua akun. Seperti halnya Dropbox, Ubuntu One juga menawarkan program referral. *Refer Friends* berfungsi untuk mendapatkan tambahan 500MB untuk setiap orang yang Anda ajak, hingga maksimal 20GB. Itu adalah total dari 25GB yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Masuk ke akun Anda di situs Ubuntu One untuk mendapatkan tautan refferal Anda.

Box Box saat ini hanya menawarkan 5GB penyimpanan gratis, namun layanan ini telah menawarkan sejumlah besar penyimpanan gratis di masa lalu. Box telah memberikan 50GB gratis untuk pengguna iOS dan Android yang mengunduh aplikasi Box iOS atau Android. Box juga talah menawarkan 25GB gratis untuk pengguna yang mengunduh aplikasi sinkronisasi PC desktop. Namun, penawaran ini tidak lagi tersedia. Jika Anda pernah menerima penawaran ini, saat ini Anda masih memiliki 50GB atau 25GB penyimpanan gratis. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel