Mengapa Layar Lebar Android Semakin Menjadi-Jadi?

1 Apr 2013 12:30 3423 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tren ukuran layar sedang dipresentasikan beberapa perangkat Android belakangan ini. Layar yang semakin membesar, itulah isu yang sedang populer.

Tren ukuran layar sedang dipresentasikan beberapa perangkat Android belakangan ini. Layar yang semakin membesar, itulah isu yang sedang populer. Apakah Anda memperhatikan jika beberapa flagship smartphone Android yang dikelarkan di pasaran memiliki ukuran yang besar? Lihatlah ponsel kelas atas, sekarang mereka dilengkapi dengan layar berukuran 5 inch sebagai standar minimum, dan ukuran ini semakin mendekati ukuran layar tablet yang paling tidak memiliki ukuran 7 inch.

Apakah ini suatu hal yang bagus? Seberapa besar ukuran layar akan terus berkembang? Layar berukuran 3,5 inch paling tidak digunakan oleh perangkat Android kelas menengah, tetapi mengapa lama kelamaan ukuran layar besar Android bisa menjadi semakin besar? HTC memulai tren penggunaan layar yang semakin besar dengan mengeluarkan HD2 yang memiliki ukuran layar 4,3 inch. Namun sayang, perangkat ini tidak begitu laku dipasaran. Kemudian HTC memperbaikinya dengan mengeluarkan HTC Evo 3D, dan setelah itu layar berukuran 4,3 inch menjadi standar pembuatan perangkat Android kelas atas. Galaxy S2 tentu merupakan salah satu contoh tersukses dari penggunaan layar ukuran ini.

Kemudian kepopulerannya diikuti oleh generasi penerusnya yaitu Galaxy S3, dimana Samsung mendobrak tradisi yang banyak orang pesimis dengan ukuran layarnya yang besar, yaitu 4,8 inch, Memang, kritik terus berdatangan, karena dengan layar sebesar itu, bagaimana kita akan menggenggamnya? Namun di luar perkiraan, Galaxy S3 menjadi salah satu penjualan smartphone tersukses Samsung. Dengan kesuksesan penjualan smartphone berlayar besar, hal ini menjadikan layar besar diasumsikan menjadi patokan apakah ponsel tersebut berkualitas atau tidak. Kini, bermunculan perangkat Android yang memiliki ukuran layar besar ditunjang dengan spesifikasi tinggi sepert HTC One X, Motorola RazrHD, dan LG Optimus G. Perusahaan besar seperti Apple pun mengikuti langkah ini, dengan membesarkan layar walau tidak begitu drastis.

Setelah setia dengan ukuran 3,5 inch, kini mereka menyematkan layar berukuran 4 inch, dimulai dari iPhone 5. Pada waktu bersamaan dengan ukuran layar yang semakin besar, Amazon menuai sukses bersamaan dengan Google Nexus 7. Tablet yang dikategorikan berukuran kecil ini sukses luar biasa. Dan lagi-lagi, Apple mengeluarkan iPad mini yang memiliki ukuran sama dengan pesaingnya tersebut untuk mengikuti tren ini sekaligus menghadang para kompetitornya.

Namun, jangan lupakan Samsung yang terus mendobrak tradisi pemakaian bermacam-macam ukuran pada layar, dari mulai smartphone hingga tablet. Satu eksperimen yang mengejutkan adalah diciptakannya Samsung Galaxy Note dengan ukuran 5,3 inch. Walau bukan merupakan konsep baru karena Dell telah ada pada jalur ini melalui Dell Streak 5, namun kesuksesan Galaxy Note telah mengubah segalanya. Ukuran yang besar untuk ukuran smartphone ini telah mengkombinasikan fitur antara ponsel dan tablet. Setelah kesuksesannya, Samsung terus mengembangkan versi Note ini dan kemudian muncullah galaxy Note 2 dimana memiliki ukuran 5,55 inch. Selain itu dalam kategori ponsel berukuran 5 inch, juga terdapat pesaing dari negeri yang sama dengan Samsung, yaitu LG Optimus Vu. Dalam perkembangannya, banyak perangkat Android terus mengekor tren ukuran layar besar pada smartphone ini. Huawei akan memberikan sensasi penggunaan layar berukuran 6,1 inch dengan model Ascend Mate. Pabrikan satu negaranya tidak mau kalah, dengan Grand Memo dari ZTE yang memiliki ukuran layar 5,7 inch.

Serta lagi-lagi pabrikan dari negeri ginseng, LG dengan Optimus G Pro. Pernahkah Anda membayangkan dulu ketika layar berukuran 3,7 inch merupakan layar yang memiliki ukuran besar, namun sekarang ukuran tersebut sudah tidak menjadi standar lagi dan tampak kecil jika diperbandingkan dengan ukuran layar smartphone sekarang ini? Tantangan yang ada sekarang adalah, apakah Anda nyaman dengan layar perangkat Android yang berukuran sekitar 5 inch? Bagaimana Anda akan menggenggamnya, serta bagaimana penggunaannya? Mungkin untuk orang yang memiliki ukuran tangan yang cukup besar, mereka masih dapat menggenggamnya.

Namun, jangan lupakan pula sensasi dari memiliki ponsel dengan ukuran besar. Pemanfaatannya untuk menonton video dan bermain game akan memberikan sesuatu yang fantastis. Jadi, berapa ukuran layar yang akan Anda pilih?[DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel