Tips Install Emulator Berbagai Game Konsol di PC

22 Mar 2013 09:00 4361 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Emulator kini menjadi aplikasi yang sangat dicari-cari oleh semua orang, entah itu emulator di PC ataukah di perangkat lain semacam Android. Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa game-game yang dahulu populer di game konsol, kini masih sangat banyak diminati oleh orang banyak, termasuk Anda.

Emulator kini menjadi aplikasi yang sangat dicari-cari oleh semua orang, entah itu emulator di PC ataukah di perangkat lain semacam Android. Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa game-game yang dahulu populer di game konsol, kini masih sangat banyak diminati oleh orang banyak, termasuk Anda.

Plimbi tentu melihat ada beberapa orang yang masih awam cara mendapatkan emulator untuk PC dan juga cara instalasinya, oleh karena itu Plimbi membuat review dan langkah-langkah untuk menggunakan emulator di PC Anda, dan juga beberapa emulator yang popular digunakan para pengguna PC.

Play Station 1/PSX

Play Station 1 memang sudah lama dapat dimainkan di PC dengan spesifikasi PC rendah, Netbook pun dapat memainkan Play Station 1. Terdapat banyak sekali emulator yang dapat memainkan game konsol Play Station 1, salah satunya yang paling popular adalah ePSXe. Agar Anda dapat menjalankannya, ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  • Download ePSXe versi terbaru atau yang lama di sini.

  • Buka/ekstrak ePSXe tersebut, dan klik ganda pada aplikasinya ePSXe.exe

  • Untuk pertama kali, akan ada setup wizard untuk melakukan settingan, pilih Config.

  • Saat Configuration the Bios pilih Bios yang sudah ada, lalu klik Next.

  • Pada Configuration the Video pilih Pete’s OpenGL Driver 1.77. Pilihan tersebut support untuk semua kartu grafis di PC Anda, termasuk Intel Graphics, klik Next.

  • Untuk Configuration the Sound pilih ePSXe SPU core 1.x.x (tergantung versi berapa yang Anda unduh, jika Anda unduh versi 1.8.0 berarti versi tersebut yang muncul), lalu klik Next.

  • Configuration the Cdrom, pilih ePSXe CDR WNT/W2K core 1.x.x > Next.

  • Terakhir, Configuring the Pads untuk controller menggunakan joystick ataupun menggunakan keyboard, pilih Controller 1 untuk setting Player 1 dan Controller 2 untuk setting Player 2, jika selesai pilih Next.

  • Klik Done.

Setelah setup wizard selesai, Anda dapat mencoba emulator tersebut dengan memasukkan CD-ROM game Anda atau menggunakan game berformat file ISO, BIN, IMG, NRG, PBP, dan lain-lain.

Play Station 2

Sebelum Anda menginstal game ini, Anda perlu memperhatikan spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan PS2 di PC Anda. Direkomendasikan Anda menggunakan Windows XP/Vista/7, prosesor yang digunakan adalah Intel Core 2 Duo 2GHz atau AMD Athlon 64 X2 2.5GHz atau lebih, grafis yang digunakan adalah dari NVIDIA GeForce GTX series atau AMD Radeon HD 2000 yang support DirectX 10, dan terakhir RAM dengan kapasitas 2GB ke atas. Untuk memulainya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Download emulator PCSX2 di sini dan DirectX9c di sini dan Net.Framework 3.5 (untuk Windows XP) jika belum ada di PC Anda, jika sudah ada silakan lewati step ini.

  • Install PCSX2 di tempat yang Anda inginkan, secara default biasanya di C:\Program Files.

  • Pindahkan folder memcards dan bios ke tempat Anda menginstall tadi.

  • Klik ganda aplikasi PCSX2 maka Anda akan masuk ke setup wizard.

  • Pilih bahasa yang Anda mengerti, umumnya adalah English. Klik Next.

  • Perhatikan GS, itu adalah video grafis yang Anda gunakan, PAD untuk setting joystick, dan SPU2 untuk mengatur sound. Disini Anda cukup atur PAD saja, klik configure lalu atur sesuai dengan joystick yang Anda gunakan. Setelah selesai klik OK dan pilih Next

  • Disini Anda akan memilih bios yang akan digunakan, hilangkan dahulu centang pada kotak Use Default Setting dan pilih Browse. Pilih bios yang terdapat pada folder bios yang tadi sudah dipindahkan, klik OK lalu klik Finish.

Sekarang Anda dapat memainkan game PS2 di PC Anda, untuk mencobanya silahkan pilih System dan pilih Boot CDVD. Anda dapat menggunakan DVD-ROM game Anda untuk memainkannya atau dapat pula menggunakan file yang berformat ISO, MDF, NRG, BIN, IMG.

Java

Anda mungkin tahu tentang Java, dan bagi Anda yang dahulu menggunakan handphone Nokia atau Sony Ericsson tentunya pernah menginstal game dan aplikasinya yang support Java. Ya, Java merupakan salah satu cikal bakal dari banyak berkembangnya OS saat ini, karena Java mampu memberikan sebuah kelebihan pada handphone saat itu, termasuk juga dengan Symbian di Nokia.

Untuk dapat menjalankan aplikasi dan game konsol pada Java, Plimbi akan memberikan 2 emulator pilihan untuk Anda, dan keduanya berfungsi dengan baik. Untuk emulator Java di PC yang pertama, Anda dapat menggunakan SjBoy Emulator untuk dapat menjalankan aplikasi dan game Java. Menginstallnya sangat mudah sekali, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Download Java Runtime Environment versi terbaru di sini dan SjBoy Emulator di sini http://files.indowebster.com/download/files/SjBoyemulator.

  • Ekstrak unduhan tersebut dan simpan di drive yang Anda inginkan. Misalnya di drive D:\

  • Klik ganda emulator tersebut.

Setelah masuk ke emulator, Anda dapat menjalankan aplikasi dan game Java di emulator tersebut, asalkan Anda memiliki filenya yang berformat JAR (.jar). Menariknya, Anda dapat merubah skin dari emulator tersebut dengan beberapa skin handphone yang ada.

Dan yang kedua adalah KEmulator, emulator ini pada dasarnya sama seperti SjBoy. Hanya saja, terdapat kelebihan seperti menyesuaikan dengan resolusi aplikasi/game yang Anda jalankan. Langkah-langkahnya hampir sama dengan yang di atas, asalkan Anda sudah menginstall Java Runtime Environment tersebut. Download emulator tersebut di sini, ukurannya terbilang kecil hanya 2.5MB saja. Setelah diunduh, Anda dapat langsung menggunakan emulator tersebut.

Game Boy Advance (GBA) & Nintendo DS (NDS)

Nah, untuk para penggemar Nintendo, mungkin emulator yang ini akan sangat berguna karena dapat menjalankan berbagai jenis game dari emulator yang berbeda. Emulator tersebut adalah WinDS Pro.

WinDS Pro ini mampu untuk membaca dan menjalankan game GBA, iDeaS, DeSmuME, VBA, ataupun dari NDS itu sendiri. Langkah-langkah untuk menginstall emulator ini sangat mudah Anda hanya tinggal mendownload WinDS Pro (28.9MB) di sini, double click. Sangat mudah sekali bukan? Anda dapat memainkan hanya dalam satu emulator.

Play Station Portable (PSP)

Mungkin emulator ini masih jarang, tetapi kehadiran emulator PSP ini layak untuk Anda tunggu. Setelah Play Station 2 (PS2) dapat Anda mainkan di PC, kini PSP pun menyusul untuk dapat dijalankan di PC. Sebenarnya, PSP untuk PC ini pada dasarnya harus menginstall Java terlebih dahulu (Java Runtime Environment), karena emulator ini membutuhkan Java agar dapat dijalankan. Setelah menginstall Java, Anda dapat mengunduh emulator PSP tersebut di sini.

Jangan lupa, yang perlu Anda perhatikan bahwa PC membutuhkan spesifikasi yang lumayan tinggi, seperti prosesor minimal dual-core, grafis dengan clock minimal 1GB (untuk Intel Graphic tidak bisa), RAM minimal 2GB untuk 32-bit, 4GB untuk 64-bit. Sayangnya, emulator ini belum dapat dikatakan sempurna dijalankan di PC, hanya ada beberapa game yang dapat Anda jalankan. Bahkan beberapa game demo pun ada yang tidak dapat dijalankan. [PNJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel