Mengenal Fungsi dan Komponen dari Teknologi Jaringan Komputer Router Sebagai Alat ber-Internet

23 Mar 2013 12:00 4839 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Internet sudah menjadi kebutuhan manusia yang bersifat Primer, dan bahkan beberapa kelompok manusia menggantungkan hidupnya dari Internet. Selain teknologi kabel, Router dan Switch menjadi tulang punggung dari terkoneksi-nya jalur informasi dari server kepada pengguna di jaringan komputer. Teknologi apa saja yang dimiliki oleh Router, sehingga menjadi peran penting di teknologi jaringan komputer.

Internet sudah menjadi kebutuhan manusia yang bersifat Primer, dan bahkan beberapa kelompok manusia menggantungkan hidupnya dari Internet. Jenis ini seperti para penjual yang menjual barang-nya bersifat online, seperti website e-commerce dan lain - lain. Para penyedia layanan telepon saat ini sudah mulai untuk menjual paket data dari Internet tidak lagi menggantungkan kehidupan perusahaannya dari penjualan layanan telepon dan sms. Internet itu sudah mencakup semua kehidupan manusia baik dari hulu sampai hilir.

Layanan teknologi internet tersedia karena adanya teknologi yang dari jaringan dan Server. Kedua teknologi ini yang mensupport agar Internet bisa tersedia secara maksimal. teknologi Server tersedia sebagai tempat penyimpanan data dan teknologi Jaringan menjadi tulang punggung untuk menyampaikan Informasi dari Server kepada para pengguna.

Tapi apa saja sih yang menjadi tulang punggung dari teknologi jaringan ini. Selain teknologi kabel, Router dan Switch menjadi tulang punggung dari terkoneksi-nya jalur informasi dari server kepada pengguna di jaringan komputer. Teknologi apa saja yang dimiliki oleh Router, sehingga menjadi peran penting di teknologi jaringan komputer.

Jika kita menilik sistem pembagian di dalam Teknologi Jaringan Komputer, kita akan mengenal sistem OSI Layer atau Open System International Layer. OSI layer ini, menjadi standar dari penjelasan dari teknologi jaringan walaupun dalam kenyataanya sistem layer TCP/IP lebih sering digunakan. Di layer 1, kita mengenal Physical layer, layer 2 ada Data Link Layer disinilah ada protocol MAC Address, dan di layer 3 ada Network Layer, di layer 3 inilah Router berada. Router menjadi lingkup untuk ketiga layer, layer 1, 2 , dan 3.

Router berfungsi sebagai jembatan penghubung antara 2 atau lebih jaringan dan melakukan tugasnya untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router memiliki perbedaan dengan Switch. Router dan Switch memiliki fungsi untuk meneruskan jalur data di dalam sebuah topologi jaringan, hanya saja Router lebih pintar. Hal ini dikarenakan Router sudah memiliki fungsi mirip dengan sebuah PC, diantranya memiliki sebuah ROM, RAM, FLASH untuk menyimpan Image OS, dan NVRam. Karena memiliki sistem memori inilah, router bisa dilakukan konfigurasi sehingga Router bisa bekerja sesuai dengan keinginan kita sedangkan pada switch tidak bisa karena hanya bersifat meneruskan data.

Untuk bisa melakukan konfigurasi Router ini sudah di isi dengan OS atau sebuah Operating System. Sebuah OS ini akan bersifat menyimpan informasi dari Router dan menjadi basis perintah bagi router untuk melakukan eksekusi terhadap data yang lewat. Biasanya penamaan OS ini tergantung dari Vendor masing - masing pembaut, Cisco menamakan Network Osnya dengan IOS atau Internetwork Operating System, Juniper menamakan OS di Router miliknya dengan JUNOS (Juniper OS), Mikrotik dengan nama Router OS, dan banyak lainnya. Hal ini dikarenakan OS dari Router ini milik masing - masing dan Hak patennya dimiliki oleh masing - masing perusahaan. Selain bersifat propierty atau komersil, ada juga beberapa OS dari Router yang bersifat Open Source dan gratis, seperti Vyatta, Linux Router, ClearBox, dan lainn-nya yang kebanyakan berbasis pada sistem OS Linux.

Agar bisa bekerja secara maksimal, hardware dari Router dibangun dengan kemampuan yang tinggi dan tahan lama. Hal ini sangat diperhatikan karena rata - rata sebuah Router jarang sekali dalam keadaan mati, rata –rata mereka sepanjang waktu. Karena itu komponen dari Router ini sangat di perhatikan untuk memberikan kinerja yang sangat baik.

Komponen dari sebuah Router terdiri dari ROM, RAM, NVRAM, dan

  • ROM berguna untuk menyimpan sistem bootstrap yang berfungsi untuk mengatur proses boot dan menjalankan Power On Self Test (POST) dan IOS image.

  • RAM berguna untuk menyimpan running configuration dan dan sistem operasi IOS yang aktif.

  • NVRAM berguna untuk menyimpan konfigurasi awal (start-up configuration).

  • FLASH berguna untuk menyimpan IOS image. Dengan menggunakan FLASH, IOS versi baru dapat diperoleh dari TFTP server tanpa harus mengganti komponen dalam router.

  • CPU, terakhir ada CPU yang befungsi untuk menjalankan intruksi proses Routing dari OS.

[ENJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel