Sejarah IP Address Sebelum Ipv4 dan Ipv6

23 Mar 2013 15:00 7244 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebelumnya Plimbi pernah membahas perbedaan IP Address Versi 4 dan IP Address versi 6 atau yang lebih dikenal dengan Ipv4 dan Ipv6. Lalu kalau yang di pakai Ipv4 dan Ipv6, IP versi 1, 2,3, dan 5 kemana? dan kenapa tidak dipakai?. Untuk mengenalnya mari kita bahas dari sejarah kemunculan IP Addres sebelumnya. Sebelum kelahiran IP Address versi 4, terlebih dahulu lahir IP Address versi 0, 1, 2, dan 3

Sebelumnya Plimbi pernah membahas perbedaan IP Address Versi 4 dan IP Address versi 6 atau yang lebih dikenal dengan Ipv4 dan Ipv6. Lalu kalau yang di pakai IPv4 dan IPv6, IP versi 1, 2,3, dan 5 kemana? dan kenapa tidak dipakai? Untuk mengenalnya mari kita bahas dari sejarah kemunculan IP Addres sebelumnya sebagai bagian dari sejarah komputer. Sebelum kelahiran IP Address versi 4, terlebih dahulu lahir IP Address versi 0, 1, 2, dan 3. Tetapi yang dipakai secara luas hanyalah IP Address versi 4. Lalu kenapa yang dipakai adalah Ipv4 dan yang sering dibahas adalah Ipv4 dan Ipv6. Beberapa dari IP versi sebelumnya hanyalah sebuah eksperimen dan tidak diperkenalkan secara luas. Yang di perkenal secara resmi hanya IMP dan sistem pengalamatan IP Address.

1969 - 1989 IMP (Interface Message Processor) Sebelum kelahiran dan penggunaan dari IP Address versi 4, sebelumnya untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lainnya menggunakan sebuah pengalamatan yang menjadi nenek moyang dari IP Address. Dalam Project ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) untuk mengkoneksikan para peserta project ke dalam project ARPANET, mereka menggunakan IMP atau Interface Message Processor. IMP ini digunakan sebagai pengalamatan dari komputer yang terkoneksi. IMP ini di gunakan mulai tahun 1969 - 1989, kurang lebih selama 2 dasawarsa sistem IMP di gunakan sebelum akhirnya di gantikan oleh IP Address Versi 4. IMP ini terdokumentasi di RFC 1 (request for command). IMP ini memiliki kapasitas 5 bit address.

1977 - 1979 IP Address versi 1, 2, 3 Bagaimana dengan IPv1, IPv2, IPv3? Internet Protocol di definisikan menurut RFC 791. Dan di dalam versi RFC 791, yang di jelaskan adalah IP Address versi 1. Ini membuktikan kalau sebelum versi 4, terlebih dahulu ada versi 1, 2, dan 3. Tetapi menurut sejarah dari rfc dan yang ada , IP Address versi 1, 2, dan 3 adalah IP Address percobaan. IP sebelum Ipv4, adalah IP Address versi experiment yang di gunakan sebagai bahan evaluasi pengembangan sistem pengalamatan pengganti IMP. Dan akhirnya Ipv4 yang di gunakan secara luas dan di publish ke umum, setelah sebelumnya mengalami pengembangan sejak versi 1, 2, dan 3. IP address ini dikembangkan sejak 1977- 1979. Dan sejak 1989 IP Address versi 4, resmi di gunakan sebagai sistem pengalamatan pengganti dari IMP.

IP Address versi 5 Tahun 1995 IP Address versi 6, resmi di perkenalkan sebagai IP Next Generation. Ipv6 ini di tulis di dalam RFC 2460. Tetapi sebelum Ipv6, terlebih dahulu di kenal Ipv5. Ipv5, ini tidak diperkenalkan ke kalangan umum, karena di gunakan sebagai experiment dan sampai sekarang juga masih bersifat experiment. Ipv5 ini juga memiliki nama lain,Internet Stream protocol (ST). Ipv5 ini di definisikan di dalam RFC 1190. Protokol Ipv5 ini dikembangkan bukan bagian dari kelanjutan dari Ipv4, tetapi merupakan pelengkap dari Ipv4 untuk membawa traffic percakapan suara dan konferensi dengan garansi delay dan bandwidth. Status dari ISP ini dilanjutkan dengan ST2 di RFC 1819, dengan status eksperimental. Setelah itu ada IP Address versi 6. Versi ini yang akan menjadi pengganti dari sistem pengalamatan dari Ipv4.

Salah satuya Google untuk beberapa mesin mereka sudah mulai mengganti alamatnya ke dalam Ipv4. Dan tidak lupa juga para service provider dari Internet mulai mengganti alamatnya ke dalam Ipv6, meskipun mereka masih mendukung dari Ipv4. Ipv6 ini di anggap bagian dari IP Next Generation. Karena sistem pengalamatan yang lebih besar dan banyak terlebih dari sisi teknologi sudah mendukung sistem Mobile IP. Untuk Indonesia mendapatkan 17 Prefx Ipv6, yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti organisasi, mobile operator, IXP dan ISP. Saat ini Ipv6, masih belum dikenal secara luas.

Hal ini dikarenakan masih terbiasanya orang - orang menggunakan sistem pengalamatan menggunakan versi 4. Selain itu beberapa hardware juga masih belum mendukung secara luas implementasi dari Ipv6. [ENJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel