Mengintip Teknologi Chip A5, Prosesor di Balik Kesuksesan iPhone Apple

11 Jan 2012 08:00 6323 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
iPhone 4S yang dirilis oleh Apple pada Oktober 2011 lalu, berhasil menjadi salah satu produk Apple yang mendunia. Faktor chip A5 digadang-gadang menjadi penyebab keberhasilan yang diraihnya. Lalu, apa dan seperti apakah chip A5?

iPhone 4S yang dirilis oleh Apple pada Oktober 2011 serta iPad 2 pada Maret 2011 lalu, mendulang sukses yang besar. Meskipun banyak ponsel dan tablet Android yang beredar dengan berbagai teknologi terbaru, tetapi kesuksesan produk Apple tetap tak tergoyahkan. Hingga kini, iPhone 4S yang merupakan suksesor dari iPhone Apple sebelumnya beserta iPad 2 ini masih menjadi salah satu produk yang paling banyak di cari oleh pengguna di seluruh dunia.

Tak ketinggalan, penggila teknologi di Indonesia pun tak sabar untuk menunggu kedatangan iPhone 4S di tanah air. Penggunaan chip A5 yang khusus didesain oleh Apple ini memang tak heran jika menjadi salah satu produk sebagai faktor kesuksesan iPhone Apple. Lalu apa dan seperti apakah chip A5 yang berada dibalik kesuksesan iPhone 4S ini? Berikut uraiannya.

Chip A5 merupakan suksesor dari chip A4 yang digunakan oleh Apple pada iPhone 4 dan iPad. Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini memperkenalkan chip A5 untuk yang pertama kalinya pada saat peluncuran iPad 2. Selanjutnya, merekapun menggunakan chip ini untuk iPhone 4S generasi selanjutnya dari iPhone Apple.

Apple mendesain chip ini dengan berbasiskan package on package (PoP) dan system-on-a-chip (SoC) yang dibuat oleh Samsung. Dengan memakai desain PoP, chip iPhone Apple ini memiliki keuntungan pemisahan proses memori dengan proses logika. Sementara SoC memberikan teknologi yang ringkas dalam sebuah chip. Tak hanya itu, prosesor ini juga menggabungkan kemampuan Central Processing Unit (CPU) dual core ARM Cortex-A9 MPCore dengan accelerator NEON SIMD dan Graphic Processing Unit (GPU) dual core PowerVR SGX543MP2.

Apple juga menyebutkan bahwa chip A5 yang mereka gunakan pada iPhone 4S dan iPad 2 memiliki clock rate 1GHz. Meskipun tertulis seperti itu, prosesor ini dapat mengatur kecepatannya sendiri secara otomatis untuk efisiensi baterai. Plus di dalam chip iPhone Apple ini juga terdapat Image Signal Processor (ISP) unit yang mampu melakukan pengolahan gambar yang canggih seperti face detection, stabilisasi gambar otomatis serta white balance.

Kemampuan prosesor A5 ini dikatakan 2 kali lebih baik dan GPU yang memiliki kualitas 7 kali lebih bagus dibandingkan dengan prosesor milik A4. Di dalam chip A5 iPhone Apple ini juga ditempatkan RAM DDR2 low power 512MB yang memiliki clock 533MHz. Dengan kualitas yang lebih baik, chip ini menghabiskan biaya produksi 75 % lebih banyak dibandingkan dengan pendahulunya. [IB]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel